Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Cara Follow up Customer Sebagai Teknik untuk Pebisnis Pemula

by Lakuuu 20 September 2021

cara-follow-up-customer
Salah satu teknik yang harus dimiliki oleh pebisnis adalah mengetahui cara follow up customer baik agar pelanggan tidak kabur. Melakukan teknik ini adalah hal sangat penting namun masih banyak mengabaikannya.

Follow up merupakan salah satu langkah strategi yang dapat diambil oleh perusahaan untuk menindak lanjuti setelah memperkenalkan produk pada calon customer agar bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu bertransaksi.

Ini merupakan salah satu solusi untuk dapat memastikan pemasaran berjalan dengan baik dan dapat mengantisipasi masalah terjadi. Sehingga bagi Sobat Lakuu dan para pebisnis pemula wajib mengetahui teknik penting dalam pemasaran ini.

Arti dari Follow up Customer, Teknik yang Sangat Penting dalam Berbisnis

Follow up merupakan salah satu langkah strategis untuk meningkatkan pemasaran produk dari sebuah perusahaan dengan cara memperkenalkan terlebih dahulu produk kepada calon konsumen.

Promosi yang dilakukan dimana-mana tanpa adanya follow up sama saja Sobat Lakuuu memancing konsumen kemudian melepaskannya lagi. Selain itu, inilah beberapa manfaat dari aktivitas ini.

1. Mengingatkan Konsumen Mengenai Produk yang Dipasarkan

Teknik ini dilakukan setelah dilakukannya pemasaran produk atau pengenalan mengenai produk diperjual belikan. Sehingga dapat disebut juga follow up adalah kegiatan untuk mengingatkan kembali calon customer mengenai produk yang telah diperkenalkan.

Hal ini dilakukan dengan maksud untuk membuat konsumen tersebut bisa melakukan transaksi dan membeli produk dipasarkan sebelumnya. Dalam proses menindak lanjuti tersebut dapat menambahkan informasi-informasi tambahan sehingga pelanggan tidak ragu lagi untuk membelinya.

2. Membangun Hubungan Bisnis yang Jangka Panjang dengan Konsumen

Kegiatan ini dapat menjadi kesempatan untuk membangun hubungan bisnis jangka panjang dengan konsumen. Selain membangun hubungan baru dengan konsumen baru, menjaga hubungan tersebut dapat mendatangkan manfaat baik.

Komunikasi baik dengan para konsumen lama akan membentuk hubungan bisnis dalam jangka panjang. Bermanfaat jika calon pelanggan tersebut menginginkan untuk membeli produk baru atau Sobat Lakuuu akan memasarkan produk baru lagi pada konsumen.

Cara Follow up Customer agar Langsung Dijawab

Follow up dapat dilakukan melalui banyak cara komunikasi. Teknik ini dapat dilakukan melalui e-mail, telepon, pesan singkat atau SMS dan bahkan lewat Whatsapp. Sobat Lakuuu bisa melakukan langkah-langkah follow up customer agar langsung di jawab saat melakukan kegiatan tindak lanjut.

1. Memperhatikan Waktu yang Tepat Saat Melakukan Tindak Lanjut

Cara yang pertama adalah menghubunginya pada waktu tepat adalah salah satu cara paling aman agar pesan tindak lanjut dapat dijawab. Karena setiap calon konsumen memiliki jam sibuk dan jam istirahat berbeda-beda.

2. Mengikuti dan Melakukan Follow-Up Lewat Social Media

Cara Follow up Customer selanjutnya dapat dengan memberikan like, komentar bahkan share pada konten-konten sosial media dapat menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Cara ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan secara terus menerus, karena bisa saja membuatnya risih.

3. Tidak Membuat Customer Merasa Tertekan

Jika terlalu menekan customer untuk segera menjawab, dikhawatirkan akan membuatnya menjadi lebih tidak nyaman dan pada akhirnya menutup komunikasi tersebut.

4. Cara Follow Up Konsumen Melalui SMS atau Wa

Salah satu media komunikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menindak lanjuti konsumen adalah SMS atau Whatsapp. Yang harus diperhatikan jika menggunakan aplikasi ini adalah perhatikan pertanyaan yang diajukan.

Dalam mengajukan pertanyaan untuk memastikan konsumen akan membeli produk atau tidak, jangan menggunakan kalimat “Apakah Bapak/Ibu sudah memutuskan untuk membeli produk kami ?”. Lebih baik jika pertanyaan diasumsikan dengan jawaban “iya” seperti “Untuk Produk yang kemarin telah ditawarkan, Akan dikirimkan sekarang atau besok ya ?”

5. Cara Follow Up Konsumen Melalui E-mail

Yang pertama harus dilakukan adalah menentukan tujuan awal dari email ini. Biasanya terdapat empat tujuan email follow up dibuat yaitu memberikan informasi, meminta untuk meeting, mengucapkan terima kasih serta mengingatkan konsumen mengenai produk yang ditawarkan.

Kesalahan saat Mencoba Cara Follow up Customer

Setelah dilakukannya teknik ini, sering kali tidak membuahkan hasil sampai-sampai konsumen tidak menjawab lagi. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi, bisa saja customer tersebut memang tidak membutuhkan produk ditawarkan.

Tetapi kemungkinan lainnya mungkin saja ada salah saat kegiatan tindak lanjut dilakukan sehingga membuat konsumen menjadi ragu dan akhirnya tidak membeli produknya. Berikut ini adalah cara follow up customer yang salah dan lebih baik dihindari.

1. Melakukan Follow up dengan Cara yang Mengganggu

Mengirimkan e-mail tindak lanjut atau melakukan panggilan telepon adalah salah satu cara baik dilakukan saat melakukan tindakan ini. Pastikan pelanggan tidak merasa terganggu dengan cara Sobat Lakuuu dalam melakukan follow up.

Karena jika customer tidak menyukainya dan merasa terganggu, tentu saja bukannya akan membeli produk yang ditawarkan. Konsumen tersebut akan terus mengabaikan pesan email atau panggilan telepon dilakukan.

2. Terlalu Bertele-tele dan Tidak Langsung ke Intinya

Penting untuk melakukan tindak lanjut dengan cara yang singkat, tidak bertele-tele. Konsumen akan langsung malas saat melihat 100 kata dalam sebuah e-mail follow up. Namun, sebenarnya e-mail tersebut dapat dibuat menjadi 50 kata saja.

Masih banyak kesalahan-kesalahan harus dihindari agar kegiatan tindak lanjut dapat menghasilkan hasil yang baik. Memahami cara follow up customer benar juga sangat penting untuk terhindar dari kesalahan-kesalahan yang membuatnya tidak menjawab.