Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Gimana Sih Cara Kerja Ekspedisi?

by Lakuuu Team 6 October 2021

cara-kerja-ekspedisi
Seiring dengan perubahan gaya belanja masyarakat modern dengan menggunakan sistem online, membuat jasa ekspedisi barang pun banyak bermunculan. Dengan adanya jasa pengiriman tersebut tentunya memudahkan para penjual untuk bisa mengirim barang kepada konsumen. Baik itu pengiriman dalam kota, luar kota, dalam provinsi, luar pulau hingga luar negeri.

Jasa pengiriman barang sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan pengiriman barang. Pengiriman tersebut terjadi karena adanya suatu kebutuhan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Sedangkan metode pengirimannya sendiri menggunakan alat transportasi, bisa melalui jalur udara, jalur darat maupun menggunakan jalur laut.

Inilah Cara Kerja Bisnis Ekspedisi Pengiriman Paket

Setiap jasa pengiriman barang tentunya memiliki prosedur atau peraturan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Ada yang prosedur pengirimannya cukup mudah dan juga ada yang cukup rumit. Biasanya penggunaan prosedur tersebut disesuaikan dengan jenis barang yang akan dikirim. Berikut ini tahap-tahap pengiriman barang pada jasa ekspedisi:

  • Barang atau paket yang akan dikirimkan

Ya, ini merupakan hal pertama yang harus ada, tanpa adanya barang yang dikirim tentu tidak akan ada jasa pengiriman barang. Adapun barang-barang yang akan dikirim juga diperbolehkan oleh pemerintah dan tidak melanggar hukum. Biasanya setiap jasa ekspedisi juga memiliki ketentuan tertentu terkait barang-barang apa saja yang boleh dikirimkan melalui ekspedisinya.

  • Packing atau pengemasan barang

Tahap selanjutnya adalah proses packing. Sebenarnya untuk packing Sobat Lakuuu bisa melakukan sendiri atau menggunakan jasa packing ekspedisi. Namun jika Sobat Lakuuu memilih menggunakan jasa packing ekspedisi biasanya akan dikenakan biaya tambahan. Kekuatan pengemasan barang akan berpengaruh pada keamanan barang yang Sobat Lakuuu kirim.
Apakah nantinya paket Sobat Lakuuu bisa sampai tujuan dalam keadaan yang baik atau justru sebaliknya. Adapun jenis-jenis barang yang membutuhkan packing ekstra seperti barang pecah belah, makanan, benda cair dan lainnya. Beberapa jasa pengiriman bahkan ada yang tidak menerima paket jika barang-barang tersebut tidak dikemas secara kuat.

  • Pengurusan surat-surat

Yang dimaksud dengan pengurusan surat-surat disini adalah surat izin serta administrasi yang diperlukan dari bea cukai. Biasanya kebutuhan pengurusan surat ini digunakan untuk pengiriman lintas negara atau luar negeri. Dokumen yang dibutuhkan tersebut akan diminta kepada Sobat Lakuuu sebagai orang yang bersangkutan.

  • Moda transportasi yang digunakan

Setiap jasa pengiriman paket biasanya juga memiliki servis yang berbeda-beda. Ada yang servis hemat dengan harga paling murah, reguler untuk harga standar, serta kilat untuk harga yang cukup mahal. 

Sobat Lakuuu bisa menyesuaikan pemilihan servis jasa ekspedisi tersebut sesuai kebutuhan. Misalnya paket yang akan dikirim akan segera digunakan oleh penerima, maka servis yang bisa Sobat Lakuuu pilih adalah jenis kilat.

Selain itu moda transportasi yang digunakan setiap servis pengiriman paket juga berbeda-beda. Untuk jenis kilat biasanya akan menggunakan jalur udara, sedangkan servis hemat atau standar akan menggunakan jalur darat.