Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Web Hosting: Pengertian, Cara Kerja dan 5 Jenis Web Hosting

by Lakuuu 3 November 2021

cara-kerja-web-hosting
Secara sederhananya, hosting adalah layanan yang berfungsi untuk menyimpan data, mulai dari gambar hingga file yang ada di dalam suatu website.

Fungsi utama dari hosting ini adalah untuk mengembangkan berbagai website atau meng-online-kan website, melindungi situs menggunakan bantuan SSL, hingga membuat email profesional.

Bagi Sobat Lakuuu yang ingin lebih mendalami web hosting, mulai dari pengertian, cara kerja, dan jenis-jenisnya, berikut informasi selengkapnya!

1. Apa yang dimaksud dengan web hosting


Dilansir Hostinger, hosting adalah layanan online yang bertujuan untuk mempublikasikan suatu website atau aplikasi di internet

Hosting ini pada dasarnya hampir mirip seperti ruang penyimpanan yang memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai data yang ada, untuk keperluan website agar dapat berfungsi dengan baik.

Seiring berkembangnya dunia teknologi internet, hosting semakin dicari oleh berbagai kalangan, mulai dari pebisnis, hingga para content creator untuk membangun situs website miliknya yang menjual.

2. Cara kerja web hosting


Banyak orang yang masih beranggapan, bahwa hosting dan domain merupakan dua hal yang sama. Nyatanya, dua hal tersebut berbeda.

Jika hosting merupakan layanan server sebagai ruang penyimpanan, domain adalah alamat dari suatu website yang akan memudahkan para pengguna internet untuk menemukan situs usaha atau blog. Adapun contoh dari domain ini adalah (dot)id, (dot)org, atau (dot)com.

Saat Sobat Lakuuu membeli layanan hosting, maka perusahaan hosting akan menyediakan suatu “ruangan” khusus sebagai ruang penyimpanan data untuk website.

Nantinya, para pengguna yang memasukkan nama domain situs di mesin pencari, maka host akan mengirimkan keseluruhan data yang diperlukan agar para pengguna bisa mengakses situs tersebut.

Tapi ingat! “Ruang penyimpanan” tersebut alias hosting, haruslah dibayar setiap bulan atau per tahunnya agar pihak perusahaan penyedia hosting dapat melakukan pembaharuan, atau perbaikan secara berkala, agar website dapat berjalan dengan baik.

3. Jenis-jenis Web Hosting


Penyedia jasa hosting biasanya akan memberikan saran dan rekomendasi hosting apa yang cocok, dan sesuai dengan website yang dijalankan.

Umumnya, terdapat 5 jenis web hosting yang masing-masing memiliki kelebihannya sendiri, dalam mendukung situs Sobat Lakuuu, diantaranya yaitu

1. Shared Hosting

Saat berbicara tentang hosting, jenis hosting pertama yang terbesit di pikiran banyak orang adalah Shared Hosting. Shared Hosting merupakan hosting yang terbilang murah, dan sangat tepat digunakan untuk blog pribadi atau situs yang sederhana.

Selain murah, jenis hosting yang satu ini juga menawarkan maintenance dan administrasi server yang  sudah menjadi tanggung jawab tugas penyedia hosting, pre-configured server, dan control panel yang intuitif.

2. VPS Hosting

Jika Sobat Lakuuu memilih server ini, Sobat Lakuuu masih “berbagi ruang” penyimpanan yang sama dengan pengguna lain layaknya Shared Hosting. Namun, bedanya penyedia web hosting telah memisahkan beberapa bagian untuk Sobat Lakuuu di server.

VPS Hosting bisa menjadi pilihan hosting yang tepat bagi Sobat Lakuuu yang memiliki jumlah traffic website yang tinggi.

Adapun sejumlah kelebihan dari VPS Hosting adalah ruang penyimpanan server yang dedicated, memiliki akses root ke server, dapat dikelola secara mandiri, dan scalability yang mudah.

3. Cloud Hosting

Cloud Hosting semakin populer belakangan ini. Hal ini bukan tanpa sebab.

Cloud Hosting memang sangat jarang mengalami downtime. Hal itu disebabkan karena Cloud Hosting memiliki sekelompok server, jadi saat ada salah satu server yang mengalami masalah, maka traffic secara otomatis akan di-route ke server lainnya. Canggih bukan?

Kelebihan lain dari Cloud Hosting adalah pembayaran yang disesuaikan dengan apa yang Sobat Lakuuu gunakan, serta lebih scalable daripada jenis Hosting VPS.

4. WordPress Hosting

Adapun bentuk lain dari Shared Hosting adalah WordPress Hosting. Server ini dikonfigurasi secara khusus untuk WordPress, dan seringkali paket WordPress Hosting sudah termasuk tema WordPress, drag-and-drop page builder, dan alat developer.

Adapun kelebihan dari hosting yang satu ini selain murah dan mudah digunakan bagi para pemula adalah performa yang sangat baik untuk situs WordPress, serta customer support yang menguasai hal-hal yang berkaitan dengan WordPress

5. Dedicated Hosting

Hosting terakhir yang sangat cocok untuk bisnis Sobat Lakuuu adalah dedicated hosting. Dedicated Hosting ini sangatlah fleksibel, dan memiliki server fisiknya secara independen khusus untuk website Sobat Lakuuu.

Sobat Lakuuu juga dapat dengan mudah mengkonfigurasi sistem operasi dan perangkat lunak yang ingin digunakan ke dalam situs sesuai dengan kebutuhan.  

Adapun kelebihan lain dari hosting jenis ini adalah tidak adanya berbagi server dengan pengguna lain, akses root ke server, serta keamanan yang terjamin.