Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Inilah Cara Memulai Usaha di Rumah Saja Namun Menghasilkan Cuan

by Lakuuu Team 10 August 2021

cara-memulai-usaha-di-rumah
Usaha di rumah jadi pilihan kala pandemi Covid-19 ini. Meskipun sedang menjalankan pembatasan skala besar kita juga tetap harus memenuhi kebutuhan setiap harinya bukan?

Maka kita harus pintar memutar ide untuk tetap bisa menghasilkan. Banyak sekali usaha yang ikut terdampak dengan adanya pandemi seperti ini.

Tidak sedikit karyawan bahkan mendapatkan PHK dari perusahaan mereka bekerja. Situasi semakin sulit dan juga peluang mencari pekerjaan semakin sempit.

Oleh karena itu, kita akan terbantu dengan menciptakan pekerjaan di rumah saja. Nah beberapa tips berikut ini bisa Sobat Lakuuu coba.

10 Cara Memulai Usaha di Rumah Saja Namun Menghasilkan Cuan

Beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan di rumah ternyata bisa menjadi bisnis. Namun kita tidak menangkap peluang ini sedari awal.

Oleh karena itu, selain dengan adanya kondisi seperti ini akan lebih baik jika kita segera berbenah. Dengan mencari peluang yang bisa kita jadikan batu loncatan. Nah simak beberapa rekomendasi berikut ini.

Cari Hobi

Pertama kita harus mencari hobi yang sesuai dengan passion kita. Setelah itu baru bisa melanjutkan untuk membuat karya yang bisa menghasilkan uang.

Tentukan Target dan Branding

Untuk mendapatkan masa yang tepat kita perlu mempertimbangkan target market. Kepada siapa karya akan dihargai dan dijual, setelah itu sesuaikan konsep dan desainnya.

Penggemar Fotografi

Dari hobi jadi profesi adalah ungkapan yang terasa menyenangkan untuk kita coba. Nah untuk para Sobat Lakuuu yang memiliki kegemaran mengenai fotografi akan cocok.

Kini berbagai situs yang menyediakan foto gratis tidak berbayar. Bernama stock website, banyak orang yang akan menjadi konten kreator untuk mengunggah foto tersebut.

Nah dengan menjual foto di situs seperti Shutterstock, Flickr Unsplash dan masih banyak lagi. Kita tetap bisa mendapatkan uang dengan di rumah saja.

Selain mendapatkan uang, kita bisa menyalurkan hobi. Juga menjadikannya wadah untuk menunjukkan karya kita daripada terbuang sia-sia.

Penggemar Kepenulisan

Usaha di rumah saja yang berikut ini cocok untuk orang yang menyukai dunia kepenulisan. Dengan memanfaatkan untuk mengunjungi website seperti blogger atau Wordpress.

Berkarya dalam wadah tersebut akan memberikan kita cuan. Misalkan kita menulis dan memiliki pengunjung tetap, maka sama seperti views pada YouTube.

Mereka bisa membuat kita mendapatkan royalti yang melalui adsense. Uang yang terpasang dalam web tersebut juga akan membantu.

Kepenulisan Dengan Affiliate Marketing

Dengan affiliate marketing kita juga bisa mendapatkan tambahan uang. Menyertakan sebuah nama produk dalam web kita maka secara otomatis akan diklik para pengunjung website.

Logisnya kita sedang berikan, jika ada seseorang membeli melalui tautan yang kita sertakan. Maka secara otomatis kita mendapatkan persenan dari perjanjian awal.

Konten YouTube

Salah satu pilihan paling terkenal ini bisa menjadikan ladang uang untuk para kreatornya. Sudah banyak sekali konten kreator yang memiliki penghasilan fantastis.

Dengan membuat konten sesuai dengan minat dan konsisten. Maka Sobat Lakuuu akan mendapatkan penonton dari kegemaran serupa.

Tentu bisa kita membuat konten dengan tetap di rumah saja. Tidak perlu dengan merasa tertekan, yang penting coba saja dulu.

Untuk banyak sedikitnya penonton itu bonus akhir. Maka dari itu tetap mencoba saja terlebih dahulu.

Berjualan Online

Usaha di rumah saja yang menghasilkan kali ini cocok untuk penggemar masak memasak. Kita tetap bisa berkreasi untuk membuat dagangan.

Menggunakan sistem PO atau pre order. Memanfaatkan berbagai jenis sosial media yang kita miliki.

Buat contoh makanan lalu foto dengan semenarik dan sereal mungkin. Setelah itu unggah pada story WhatsApp atau bisa menggunakan Instagram bahkan bergabung dengan Gojek juga Grab.

Setelah itu, kemas dengan aman dan cantik. Usahakan untuk konsisten dalam memberikan cita rasa dan tidak mengambil untung terlalu banyak tentu saja.

Hal ini akan membuat produk menjadi langganan. Orang tentu akan lebih mengingat rasa dan harga yang sesuai untuk sebuah produk.

Bimbel Online

Usaha di rumah berikut ini bisa Sobat Lakuuu coba jika menyukai sharing. Karena sedang mengurangi kontak langsung atau interaksi dengan orang lain.

Maka akan lebih efektif jika mengadakan kursus secara online. Dengan menggunakan berbagai platform online masa kini yang bisa membantu siswa bertatap muka secara mudah.

Bimbel bisa mulai dari taman kanak-kanak untuk latihan membaca. SD untuk pembelajaran, SMP dan SMA/SMK untuk pemantapan materi.

Cara yang ini bisa menjadi solusi untuk mencari uang dengan mudah. Hitungan per jam dan sangat menguntungkan untuk kita bukan?

Membuat Produk

Para pekerja seni juga tetap bisa berkreasi namun tetap di rumah saja. Dengan membuat suatu produk dengan memanfaatkan keterampilan. Misalnya membuat pernak-pernik, aksesoris yang bisa dipasarkan melalui marketplace

Menjahit

Para penjahit yang bisa mengerjakan di rumah saja juga tetap bisa berkarya. Kini bisa memanfaatkan untuk membuat berbagai jenis produk. Mulai dari baju, celana,setelah piyama bahkan yang paling banyak digunakan yaitu masker kain.

Berbagai inovasi untuk menarik pelanggan bisa Sobat Lakuuu coba. Dengan kunci konsisten dan mau tetap berjuang meskipun terkadang hasil tidak seperti yang kita inginkan dan harapkan.

Usaha di rumah saja dengan memanfaatkan berbagai hobi dan keterampilan ini bisa jadi solusi untuk Sobat Lakuuu. Menghasilkan cuan namun tetap menjaga kesehatan. Selamat mencoba!