Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Cara Mengelola Keuangan, Salah Satu Kendalikan Emosi

by Lakuuu 31 December 2021

cara-mengelola-keuangan
Cara mengelola keuangan yang baik dan benar sebaiknya harus diketahui secepat mungkin. Terlebih lagi, seiring dengan bergantinya tahun, maka kebutuhan masyarakat akan terus mengalami kenaikan. Bukan hanya kebutuhan pokok saja, tetapi juga sejumlah kebutuhan tambahan lainnya.

Itulah yang menuntut Sobat Lakuuu agar memutar otak untuk memperoleh penghasilan tambahan serta mengelola keuangan dengan baik. Belum lagi buat merencanakan tabungan sebagai dana masa depan ataupun buat keperluan tidak terduga. Pastinya tidak ingin bukan masa depan berantakan akibat dari finansial buruk.

Kendati pengelolaan finansial sangat penting, tetapi tidak banyak orang memahami betapa pentingnya. Bahkan masih banyak orang melakukannya ketika masih muda karena menganggap ada waktu yang masih panjang. Padahal kegiatan inipun wajib dilakukan sejak muda sehingga akan memberikan keuntungan di masa mendatang.

Bukan hanya itu saja, sebagian besar masyarakat enggan melakukannya biasanya juga disebabkan karena belum mengetahui bagaimanakah cara mengelola keuangan yang baik dan tepat. Jika Sobat Lakuuu ingin memulai melakukannya, maka sangat penting menyimak ulasan berikut dari kami.

Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik dan Tepat

Seperti telah disinggung sebelumnya, uang memang mempunyai peran sangat penting bagi seseorang karena dapat digunakan buat memenuhi kebutuhan. Namun jika Sobat Lakuuu tidak pandai dalam mengelolanya, maka berapapun jumlah akan terasa kurang.

Sebenarnya buat mengelola keuangan dapat dilakukan dengan sangat mudah bahkan melalui cara-cara paling sederhana. Nah, daripada penasaran simak beberapa cara mengelola keuangan dengan baik berikut ini.

1. Pastikan Mempunyai Niat

Hal paling utama yang harus dilakukan yakni pastikan memiliki niat. Apabila niat buat mengelola finansial saja tidak ada maka besar kemungkinan akan kesulitan buat mempraktikkannya. Cobalah ubah pola pikiran bahwa mengatur keuangan sejak awal akan memberikan keuntungan di masa mendatang.

2. Coba Mulai Buka Tabungan Khusus

Di jaman sekarang, Sobat Lakuuu diberikan kemudahan dalam menabung dengan cara memanfaatkan keberadaan produk-produk dari perbankan. Cobalah pilih salah satu produk yang sesuai dengan kebutuhan dan memberikan keuntungan buat nasabah.

Sangat disarankan agar menghindari menabung menggunakan rekening dari gaji bulanan. Karena apabila masih digabung maka akan kesulitan dalam mengontrol penggunaan uang didalamnya.

3. Mulai Membuat List Pengeluaran

Adapun tips lainnya yang wajib dicoba yakni dengan cara membuat list pengeluaran. Setiap orang pastinya mempunyai pengeluaran berbeda-beda, disinilah pentingnya buat mencatatnya dahulu. Ada baiknya agar mencatatnya secara rinci dan detail. Dengan begitu maka dapat mengetahui arus keuangan dengan baik.

4. Sisihkan Penghasilan Buat Ditabung

Walaupun jumlah penghasilan Sobat Lakuuu cukup terbatas, tetapi jangan sampai lupa buat menyisihkannya untuk ditabung. Ketika konsisten dalam melakukannya maka jumlahnya pun cukup banyak dan lumayan. Sebagai contohnya adalah dengan menyisihkan 10 persen dari  penghasilan yang dimiliki.

Cara untuk Mengelola Keuangan Lainnya

Selain cara mengelola keuangan diatas, ternyata masih ada cara lainnya yang dapat diterapkan oleh Sobat Lakuuu. Mengingat dengan pengelolaan baik maka dapat memperoleh keuntungan di masa mendatang nanti. Berikut beberapa cara lainnya dimana harus segera diterapkan sekarang juga.

1. Jangan Membeli Barang-barang Kurang Penting

Dengan adanya e-commerce sekarang memang memberikan kemudahan bagi siapapun untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Sayangnya, tidak jarang banyak orang justru gelap mata dengan cara membeli barang-barang kurang penting. Walaupun terlihat sepele, namun kebiasaan inipun akan membuat kondisi keuangan terganggu.

2. Mengelola Emosi Dengan Baik

Siapa sangka dalam proses pengelolaan keuangan, Sobat Lakuuu diharuskan buat mengendalikan emosi dengan baik. Sebab ketika seseorang sedang emosi, maka besar kemungkinan akan melakukan berbagai macam hal, termasuk menggunakan uang buat mendapatkan kesenangan tersendiri.

3. Jangan Berhutang

Memang dengan berhutang akan memberikan rasa manis diawal tetapi Sobat Lakuuu akan merasakan kepahitan di akhir. Itulah mengapa pentingnya agar menghindari keberadaan hutang sehingga tidak merasa mempunyai tagihan nanti. Jika masih mempunyai hutang, cobalah segera melunasinya.

Manfaat Mengatur Keuangan dengan Baik

Sudah paham bukan bagaimanakah cara mengelola keuangan dengan baik? Nah cara itulah ternyata secara tidak langsung akan memberikan keuntungan buat Sobat Lakuuu seperti berikut ini:

1. Punya Rencana Masa Depan

Perencanaan masa depan memang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara termasuk dengan adanya pengelolaan finansial yang baik. Sebab Sobat Lakuuu tidak akan pernah tahu risiko apa di masa mendatang dimana dapat terjadi ataupun rencana-rencana dengan modal besar.

2. Mampu Melatih Hidup Agar Lebih Hemat

Terbiasa hidup hebat atau mengurangi membeli barang kurang penting dan bermanfaat ternyata juga bisa didapatkan dengan pengelolaan uang dengan tepat. Cobalah mulai mendahulukan kewajiban hingga menghilangkan hutang dahulu.

3. Terhindar dari Stress dan Hutang

Manfaat lainnya yakni Sobat Lakuuu akan terhindar dari stress ataupun hutang.  Stress sendiri biasanya dapat dipicu oleh berbagai macam hal termasuk kondisi keuangan yang buruk dan tidak sehat.

Apakah Sobat Lakuuu ingin masa depan jauh lebih terencana dan merasa tentram? Jika demikian, sebaiknya ketahui bagaimanakah cara mengelola keuangan yang baik dan benar mulai dari sekarang.