Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Cara Menyusun dan Menulis Harga Diskon, Agar Menarik Pelanggan

by Lakuuu Team 23 August 2021

cara-menyusun-dan-menulis-harga-diskon
Harga diskon merupakan salah satu senjata ampuh oleh sebuah toko maupun semisalnya dalam menarik perhatian pelanggan. Begitu pula bagi pelanggan, harga diskon merupakan salah satu kesempatan emas yang tidak boleh untuk terlewatkan. Sehingga event diskon merupakan  salah satu cara untuk meningkatkan omset dan menarik perhatian pelanggan dan para konsumen.

Strategi dan Cara Menampilkan Harga Diskon yang Efektif dan Menarik Konsumen

Perlu Sobat Lakuuu ketahui, diskon merupakan bentuk pengurangan harga pada sebuah produk di dalam sebuah tempat perbelanjaan. Biasanya  hal ini dilakukan dengan bentuk hitungan persen dikalikan sebuah harga asli produk tersebut. Seumpama sebuah sabun mandi seharga 50 ribu, namun ada diskon 50% untuk produk tersebut, maka harganya hanya menjadi 25 ribu.

Kemudian kegunaan dengan adanya diskon adalah  untuk memikat para konsumen dan pelanggan kepada sebuah tempat perbelanjaan. Sehingga hal ini akan meningkatkan omset penjualan dan rating yang meningkat untuk tempat perbelanjaan tersebut.

Namun apabila hal ini tidak menggunakan strategi dan konsep yang matang, maka hasilnya juga akan kurang maksimal. Bahkan Sobat Lakuuu justru akan mengalami kerugian, karena tidak adanya peningkatan, baik itu dari omset penjualan maupun kenaikan rating.

Oleh karena itulah, ada beberapa hal yang harus Sobat Lakuuu perhatikan ketika akan mengadakan harga diskon pada usaha maupun toko sobat. Hal ini agar hasil yang Sobat Lakuuu dapatkan akan maksimal sesuai harapan. Sehingga bisa mendapat untung yang maksimal berkat kematangan strategi sobat.

Persiapkan Konsep dengan Matang

Memberikan harga diskon merupakan salah satu bentuk dari iklan maupun promosi. Sehingga memerlukan modal yang cukup besar untuk mewujudkannya. Oleh karena itulah, penting untuk menyiapkan konsep dasar yang matang, dan terencana.

Sebagai contoh yang termasuk dalam pematangan konsep adalah Sobat Lakuuu sebagai pengusaha telah melakukan berbagai riset dan penelitian. Hal ini terkait daya minat konsumen, kebutuhan, dan hal-hal yang dihindari maupun paling dicari oleh konsumen. Sehingga ketika menentukan langkah selanjutnya sudah berdasarkan dengan data yang otentik.

Tentukan Goal Target

Kemudian langkah untuk menentukan harga diskon selanjutnya adalah dengan menentukan target konsumen. Sehingga dalam sekali program diskon, ada target yang ingin Sobat Lakuuu sasar, dengan memberi diskon kepada produk yang sesuai target. Hal ini penting mengingat konsumen akan lebih memilih diskon pada saat momen yang tepat.

Gandeng Partner

Kemudian langkah yang selanjutnya adalah mitra atau mengganti dengan beberapa partner bisnis untuk seperti Sobat Lakuuu bisa menggandeng perusahaan besar untuk mendukung program diskon sehingga hal ini akan lebih cepat dan efektif meningkatkan omset.

Kemudian pusat perbelanjaan yang memiliki kelas atas bisa menggunakan endorse dari artis maupun influencer yang memiliki banyak follower dan pengaruh terhadap followernya. Hal ini terbukti mempunyai dampak yang lebih dalam menarik konsumen maupun pelanggan.

Pilih Moment yang Tepat

Strategi selanjutnya dalam menentukan harga diskon adalah memilih momen yang tepat. Hal ini dipercaya memiliki pengaruh cukup besar dari pada memberikan harga diskon tanpa sebuah momen. Sebagai contoh adalah memberikan diskon mainan anak pada hari anak sedunia. Selain menarik konsumen, hal ini juga bermanfaat bagi lingkungan sosial sekitarnya.

Tentukan Bentuk Diskon

Diskon mempunyai beberapa bentuk dan macam yang berbeda beda, diantaranya adalah sebagai berikut

  • Potongan harga. 

Jenis diskon ini yang paling banyak digunakan seseorang, dan termasuk dalam model lama. Sebagai contoh adalah, sebuah produk seharga 50 ribu ada diskon 50% sehingga harga hanya menjadi 25 ribu. Meskipun lawas, namun cara ini terbukti ampuh untuk memikat konsumen, sehingga sampai saat ini masih banyak digunakan cara ini.

  • Beli satu gratis satu.

Bentuk yang selanjutnya adalah dengan menggratiskan 1 produk ketika pembeli membeli 2 barang sekaligus. Cara ini juga bisa menjadi alternatif, yang terbukti ampuh untuk mengikat pelanggan. Sama halnya dengan bentuk yang pertama.

  • Gratis ongkir. 

Ini merupakan salah satu bentuk terbaru dari sebuah diskon atau potongan harga. Dalam sebuah online shop, ini merupakan salah satu diskon yang paling banyak dicari. Karena terbabas dari ongkos kirim terbukti membantu bagi para konsumen

Perhatikan Langkah Kompetitor

Dalam menyusun dan menuliskan harga diskon, Sobat Lakuuu perlu melihat pergerakan kompetitor bisnis. Hal penting untuk menghindari ketidakefektifan bentuk diskon. Sehingga ketika sudah menguasai dan memahami kompetitor, Sobat Lakuuu bisa menentukan jenis diskon dengan efektif.

Evaluasi

Kemudian langkah terakhir dalam rangka memberikan harga diskon adalah mengevaluasi program diskon sebelumnya. Sehingga pengalaman itu bisa Sobat Lakuuu jadikan sebagai bahan pertimbngan dan jajak konsumen untuk program yang lebih baik dan efektif lagi.

Memberikan harga diskon merupakan langkah sederhana yang dapat memberi efek luar biasa terhadap omset Sobat Lakuuu. Namun apabila dalam proses penyusunan dan penataan kurang terkonsep, maka hasilnya pun juga akan kurang maksimal.