Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Pentingnya Chatbot untuk Bisnis Online Beserta Keuntungannya

by Lakuuu 24 December 2021

chat-bot
Kini, Sobat Lakuuu dapat menggunakan Chatbot untuk bisnis online yang sedang digeluti. Memang, mengelola bisnis online ini tidak mudah. Terlebih, bisnis yang dikelola sudah mulai dikenal oleh konsumen. Dan produk yang dijual sangat diminati oleh pembeli.

Sehingga, Sobat Lakuuu tidak memiliki waktu untuk membalas pesan-pesan yang dikirim oleh konsumen. Akibatnya, pembeli kemungkinan membatalkan niat untuk membeli produk karena tidak ada respon dari pertanyaan yang diajukan oleh konsumen.

Oleh karena itu, chatbot memiliki peranan penting dalam membangun bisnis online, terutama yang bergerak di bidang UMKM. Pasalnya, chatbot ini akan membalas otomatis pesan-pesan yang dikirim oleh calon pembeli.

Chatbot adalah robot yang membantu pelaku usaha untuk membalas pesan-pesan terkait pertanyaan produk UMKM. Sehingga, robot tersebut dapat membantu Sobat Lakuuu agar pembeli tetap berminat untuk membeli produk.

Tak perlu khawatir, di e-commerce builder Lakuuu ini juga dapat menggunakan fitur chatbot otomatis. Sobat Lakuuu hanya perlu mengaktifkan fitur chat bot otomatis setelah berhasil mendaftar member. Kemudian, tentukan isi chatbot otomatis yang akan ditampilkan pada pesan pembeli.

Mengukur Seberapa Penting Chatbot untuk Mengembangkan Bisnis Online

Dalam mengelola bisnis online, menjaga kepuasan pelanggan tentu hal yang wajib dikedepankan. Pasalnya, kepuasan pelanggan akan menjadi “pintu” untuk mengembangkan bisnis online agar mendapat kepercayaan dari calon konsumen.

Sehingga, pelaku usaha termasuk UMKM wajib tahu cara menjaga kepuasan pelanggan. Salah satunya adalah selalu memberikan tanggapan responsif ketika membalas pesan-pesan yang masuk ke e-commerce builder milik Sobat Lakuuu.

Oleh karena itu, peran chatbot ini sangat penting dalam mengelola bisnis online, terutama untuk wirausaha yang bergerak di bidang usaha UMKM. Pasalnya, seorang pebisnis yang memulai dari usaha UMKM ini harus membangun kepercayaan konsumen.

Selain itu, Sobat Lakuuu juga harus membangun brand awareness serta promosi-promosi agar konsumen semakin tertarik dengan produk yang dijual. Untuk itu, sangat penting penggunaan chatbot untuk bisnis UMKM yang dikelola oleh pebisnis.

Tanpa adanya peran chatbot, maka pelaku usaha bisa saja mengalami kesulitan untuk membalas semua pesan dari konsumen. Akibatnya, seller yang kurang responsif akan membuat pembeli berpikir dua kali untuk membeli produk di lapat Sobat Lakuuu.

Maka dari itu, segera aktifkan fitur chatbot melalui website e-commerce builder dari Lakuuu. Caranya cukup mudah. Sobat Lakuuu dapat menghubungi layanan customer service jika mengalami kesulitan untuk mengaktifkan fitur chatbot.

Keuntungan Menggunakan Chatbot untuk Bisnis di E-Commerce Builder

Ada beragam keuntungan dengan menggunakan fitur chatbot dalam mengelola bisnis melalui e-commerce builder. Keuntungan pertama, chatbot ini selalu memberikan tanggapan responsif atas beberapa pesan yang dikirim oleh calon pembeli.

Pesan dari chatbox ini dapat meminta pelanggan untuk menunggu informasi untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan. Sehingga, pelanggan dapat mengerti kesibukan seller. Keuntungan kedua, chatbot ini juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan atas kinerja dari seller.

Pasalnya, pelanggan akan merasa puas jika mereka mendapatkan balasan pesan yang cukup cepat dari seller. Sehingga, Sobat Lakuuu dapat mengedit isi pesan untuk chatbot. Pastikan pesan dari Chabot ini mewakili semua pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh pembeli.

Keuntungan ketiga, penggunaan fitur chatbot ini tidak dikenakan biaya sepeserpun dari e-commerce builder. Sebab, chatbot untuk bisnis ini menjadi salah satu fasilitas atau fitur yang tersedia. Jadi Sobat Lakuuu dapat mengaktifkan fitur tersebut tanpa dikenakan biaya tambahan.

Keuntungan keempat, chat otomatis yang tersedia di e-commerce builder ini dapat membantu meminimalisir kesalahan dalam merespons pesan dari calon pembeli. Memang, ketika sibuk tentu seorang admin bisa saja melakukan kesalahan dalam merespons pesan dari pembeli.

Mengingat penggunaan chatbot ini cukup berperan dalam mengelola bisnis UMKM, maka segera aktifkan fitur tersebut agar pelanggan tetap nyaman ketika bertransaksi melalui e-commerce builder.

Tata Cara Kerja Chatbot untuk Bisnis Online

Sebelum menggunakan fitur chatbot, maka Sobat Lakuuu wajib tahu tata cara kerjanya terlebih dahulu. Untuk itu, ini dia tata kerja chatbot dalam mengelola bisnis online. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1.  Pattern Matching

Untuk metode pattern matching, chatbot akan menyesuaikan balasan  sesuai dengan pesan yang dikirim oleh calon pembeli. Sehingga, pembeli akan mendapat informasi sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

2.  Decision Tree Based

Untuk metode Decision Tree Based, robot akan memberikan detail-detail pertanyaan yang telah Sobat Lakuuu atur. Jawaban yang diberikan oleh robot otomatis dengan metode Decision Tree Based.

Akan tetapi metode Decision Tree Based chatbot untuk bisnis online ini dinilai kurang efektir. Karena tidak menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh konsumen.

3.  Contextual

Untuk metode contextual, seller dapat dapat mengatur percakapan senatural mungkin kepada pembeli. Sehingga, pembeli mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen sebelum membeli produk.

Sebagai pelaku bisnis UMKM, memiliki website sendiri ini menjadi salah satu cara untuk membangun brand awareness. Selain itu, cara tersebut dapat meningkatkan omzet penjualan harian.

Terkadang, seller kerap lupa membalas pertanyaan dari calon pembeli. Oleh sebab itu, Sobat Lakuuu dapat menambahkan fitur chatbot untuk bisnis online agar pembeli mendapat respon positif dari penjual.