Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Cicilan: Dimanfaatkan atau Dihindari?

by Lakuuu Team 27 September 2021

cicilan
Di masa yang serba modern seperti saat ini, banyak sekali fasilitas untuk mencicil barang sehingga tak harus membayar penuh. Misalnya saja ada paylater yang kini banyak ditawarkan oleh berbagai startup di berbagai bidang. Hal ini tentu sangat menggiurkan bukan? Namun ternyata masih terdapat pro dan kontra mengenai fasilitas cicilan ini loh.

Apakah Cicilah Harus Dimanfaatkan atau Malah Dihindari?

Pro kontra yang terjadi di masyarakat itu mengenai apa adanya fasilitas cicilan itu harus dimanfaatkan atau malah dihindari. Jawabannya tentunya cukup mudah, bisa jadi harus dimanfaatkan bisa jadi juga harus dihindari. Alasannya adalah sebagai berikut:

  • Alasan Mengapa Sobat Lakuuu Harus Memanfaatkan Cicilan
Pertama, mengapa Sobat Lakuuu harus memanfaatkan cicilan? Tentu saja karena Sobat Lakuuu bisa memiliki barang atau menikmati sesuatu terlebih dahulu walaupun tak memiliki uang cukup. Nah, inilah kesempatan Sobat Lakuuu untuk menikmati apa yang ditawarkan tanpa harus pusing dengan uang.

Tapi, sebaiknya Sobat Lakuuu harus pandai mengatur keuangan terlebih dahulu. Sobat Lakuuu harus tahu mana yang menjadi kebutuhan atau keinginan semata. Jika Sobat Lakuuu butuh maka lakukan, jika hanya ingin, sebaiknya tunda saja. Ada beberapa tips memanfaatkan fasilitas cicilan ini misalnya:

  1. Gunakan paylater atau cicilan lainnya dengan bunga yang sangat rendah. Dengan ini, selisih harga antara beli tunai dan juga beli mencicil bisa lebih rendah.
  2. Sebaiknya Sobat Lakuuu memiliki jaminan setiap bulan memiliki uang sebanyak itu. Siapkan dana darurat jika bulan depan uang tidak turun tepat waktu.
  3. Lakukan pembayaran secara tepat waktu, karena jika tidak tepat waktu maka Sobat Lakuuu akan mendapatkan denda. Uang yang Sobat Lakuuu bayarkan pun  makin banyak bukan?
  4. Gunakan fasilitas pay later pada saat darurat saja. Jangan lakukan cicilan jika Sobat Lakuuu masih bisa membayarnya.

  • Alasan Mengapa Sobat Lakuuu Harus Menghindari Cicilan
Selanjutnya, mengapa harus menghindari cicilan? Tentu saja jika Sobat Lakuuu masih belum bisa mengatur keuangan dengan baik. Ada beberapa alasan lain mengapa Sobat Lakuuu tak boleh mengambil cicilan yaitu sebagai berikut:

  1. Mengambil cicilan dengan jangka waktu yang sangat lama. Memang akan menjadi lebih murah jika Sobat Lakuuu mengambil cicilan yang lama. Tapi, Sobat Lakuuu tak bisa memprediksi bagaimana keadaan keuangan selama itu. Bagaimana jika ada kejadian darurat sehingga Sobat Lakuuu harus menggunakan uang tersebut untuk ha lebih penting itu?
  2. Jangan mengambil cicilan jika Sobat Lakuuu masih belum memiliki keuangan yang stabil. Tanpa keuangan yang stabil maka rencana Sobat Lakuuu untuk melakukan cicilan juga akan semakin runyam.
  3. Jangan mengambil cicilan jika Sobat Lakuuu masih memiliki cicilan lainnya yang nilainya juga besar. Sebaiknya jika Sobat Lakuuu masih belum memiliki keuangan yang stabil jangan sekali-kali mengambil lebih dari satu cicilan besar. Ya, banyak yang terlena atas murahnya cicilan hingga lupa bahwa punya cicilan lain. Akhirnya satu bulan uang hanya untuk cicilan saja.
  4. Jangan mengambil cicilan jika Sobat Lakuuu masih bisa membeli barang dengan uang tunai. Cicilan itu membuat harga barang menjadi lebih mahal. Jadi, sebaiknya dibayarkan tunai saja, kemudian menabunglah untuk yang selanjutnya.

Itu dia jawaban mengenai pro dan kontra mengenai apakah cicilan itu harus dimanfaatkan atau malah harus dihindari. Intinya adalah jika Sobat Lakuuu benar-benar memiliki uang untuk mencicil maka tak masalah melakukannya. Namun, jika Sobat Lakuuu memiliki jaminan dan pandai mengatur keuangan maka tak ada salahnya untuk melakukan cicilan.