Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Hasilkan Cuan dengan Menjual 7 Produk Digital Berikut!

by Lakuuu Team 23 October 2021

cuan-dengan-produk-digital
Produk digital adalah segala produk yang tidak berwujud, namun kehadirannya bisa membantu komunitas atau masyarakat tertentu yang tertarik menggunakannya.

Produk digital ini ada banyak jenisnya, seperti dalam format buku, jasa, atau produk lainnya yang sangat berguna dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Selain dikonsumsi pribadi, produk digital juga bisa dimanfaatkan untuk mendapat cuan loh, khususnya di era yang serba digital seperti sekarang ini. Penasaran apa saja produk digital tersebut? Simak informasinya berikut.

7 Produk Digital yang Mendatangkan Cuan dengan Mudah!


Tanpa berbasa-basi lagi, berikut 7 produk bisnis digital yang bisa dicoba di tahun 2021.

1. E-book

Apakah Sobat Lakuuu suka menulis novel, buku atau tesis? Jika iya, Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan hobi tersebut untuk menulis hasil karya yang menarik dalam format digital.

Produk e-book bisa menjadi pilihan terbaik di tahun ini. Pasalnya, semakin berkembangnya teknologi dan banyaknya orang yang menggunakan smartphone, membuat e-book lebih mendapatkan sorotan, daripada buku fisik.

Ada berbagai macam platform yang bisa Sobat Lakuuu jadikan opsi untuk menjual e-book, seperti Google Play Store, melalui website bikinan sendiri, atau bahkan melalui marketplace.

2. Software

Indonesia sudah masuk ke dalam Industri 4.0, di mana kecanggihan teknologi, termasuk perangkat lunak sangat diperlukan kehadirannya, baik untuk penyimpanan data, hingga menyelesaikan masalah operasional sekalipun.

Jika Sobat Lakuuu mahir dalam membuat software, maka ini adalah kesempatan emas untuk menawarkan produk software bikinan Sobat Lakuuu ke berbagai perusahaan.

Software seperti Notion dan Trello nyatanya meraup keuntungan yang besar, karena banyaknya perusahaan ternama yang menggunakan software buatan mereka.

3. Template Desain

Setiap orang ingin hasil yang cepat tanpa harus melalui proses yang mungkin bisa dikatakan rumit, atau menghabiskan banyak waktu.

Nah, Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan permasalahan di atas, dengan membuat template desain yang bisa langsung digunakan atau bahkan di-edit sesuai dengan keinginan pembeli.

Cobalah untuk membuat template yang paling banyak dicari, seperti template untuk media sosial yang memiliki tampilan menarik, atau pembukaan video untuk konten di YouTube.

4. Konten Penulisan

Tidak hanya buku saja, konten penulisan seperti copywriting dan content writing nyatanya mampu menghasilkan cuan jutaan rupiah per bulannya.

Konten artikel yang sering kita nikmati, serta konten iklan yang mengandung kata-kata persuasif, semua itu adalah produk digital yang tidak sembarang orang bisa membuatnya.

Butuh keahlian khusus agar bisa menciptakan konten penulisan yang tidak hanya persuasif, tetapi juga memiliki daya tariknya sendiri.

5. Kursus Online

Apakah Sobat Lakuuu memiliki keahlian yang mungkin bisa dibagikan ke masyarakat luas? Jika ada, maka membuka kursus online bisa menjadi bahan pertimbangan.

Di sini, Sobat Lakuuu tidak hanya mendapatkan keuntungan secara materiil saja. Memperluas jaringan pertemanan, mendapatkan insight dan bertemu dengan banyak orang baru adalah keuntungan tersendiri yang sulit didapatkan di situasi seperti sekarang ini.

Sobat Lakuuu bisa membuat website sendiri sebagai wadah untuk membuka kursus online dengan memanfaatkan jasa website builder, atau bergabung di salah satu platform penyedia kursus online dengan sistem komisi.

6. Jasa Konsultasi

Jasa konsultasi sekarang tidak hanya duduk di ruangan ber-AC. Semakin canggihnya perkembangan teknologi, membuat para jasa konsultasi merambah menuju dunia digital.

Banyak para konsultan berpengalaman yang memberikan jasa konsultasinya melalui media sosial, atau bahkan membuat website sendiri demi meningkatkan pengalaman konsultasi yang lebih profesional.

7. Pulsa dan Pembayaran Tagihan

Berjualan pulsa secara digital nyatanya mampu mendatangkan cuan tersendiri, khususnya di masa pandemi.

Tidak hanya itu, Sobat Lakuuu juga bisa membuka jasa untuk membayar tagihan rumah, seperti listrik, air, dan bahkan samsat kendaraan sekalipun.

Untuk mendapatkan produk digital ini, Sobat Lakuuu harus menjadi agen atau bermitra dengan tangan pertama, agar bisa mendapatkan harga yang kompetitif.