Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

7 Strategi Customer Retention yang Dapat Sobat Lakuuu Lakukan

by Lakuuu Team 23 September 2021

customer-retention
Banyaknya perusahaan yang membuat produk sama membuat para pelanggan lari karena ingin mencoba lainnya. Padahal hal ini akan membuat keuntungan perusahaan menjadi semakin turun. Itulah sebabnya Sobat Lakuuu memerlukan strategi customer retention agar pelanggan tetap setia dan tak mau ke lain hati.

Strategi Customer Retention yang Bisa Sobat Lakuuu Lakukan

Langsung saja, inilah dia berbagai strateginya;

1. Berikan Kupon Promo untuk Pembelian Selanjutnya

Strategi yang pertama adalah dengan memberikan kupon promo untuk pembelian yang selanjutnya. Promo ini bisa dalam bentuk diskon atau cashback. Dengan ini pelanggan menjadi tak ingin menyia-nyiakan kuponnya untuk dipakai. Jangan lupa untuk memberikan batas waktu agar nantinya pelanggan tak perlu berpikir panjang untuk membeli barang yang Sobat Lakuuu jual tersebut.

2. Berikan Pelayanan yang Ramah dan Jawaban Setiap Pertanyaan serta Keluhan Pelanggan

Strategi yang kedua adalah berikanlah pelayanan yang ramah dengan menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan. Walaupun terasa menjengkelkan karena banyak pertanyaan yang sama namun Sobat Lakuuu harus tetap sabar dan ramah.

Jika memang terlalu lelah menjawab pertanyaan dan keluhan, Sobat Lakuuu bisa merangkumnya dan menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan. Dengan ini tenaga tidak terkuras habis.

3. Inovasikan Produk agar Pelanggan Terus Penasaran

Strategi yang selanjutnya adalah membuat inovasi produk yang baru. Sobat Lakuuu bisa membuat produk dengan spesifikasi yang lebih baik, misalnya sepatu dengan bahan yang lebih lembut, tidak mudah kotor, dan dengan desain yang sangat kekinian.

Walaupun pelanggan sudah beli, mereka jadi ingin beli lagi karena inovasinya membuat mereka tertarik kembali.

4. Fokus pada Kelebihan Produk Sobat Lakuuu

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa di Indonesia itu ada banyak sekali perusahaan yang ternyata memproduksi barang sama. Namun, sesama-samanya produk pasti ada celah perbedaan.

Perbedaan yang menjadi keunggulan dibandingkan produk lain inilah yang seharusnya Sobat Lakuuu tonjolkan. Jangan sampai produk yang Sobat Lakuuu buat kalah saing dengan produk yang mirip lainnya.

5. Berikan Reward untuk Pelanggan Lama

Sebagai pelanggan lama dan setia sebaiknya Sobat Lakuuu memberikan reward atau penghargaan. Sobat Lakuuu bisa memberikan voucher belanja di tempat Sobat Lakuuu atau bisa juga dengan memberikan hadiah. Misalnya perusahaan operator telekomunikasi, karena pelanggan sudah lama memakai kartu tersebut bisa diberikan bonus kuota 1 GB atau sesuai dengan keadaan perusahaan saja.

6. Tingkatkan Brand Value

Selanjutnya, Sobat Lakuuu juga harus meningkatkan brand value agar pelanggan tak bisa lari karena sangat puas dengan perusahaan Sobat Lakuuu. Misalnya, Sobat Lakuuu menjual minuman dengan kemasan plastik. Sobat Lakuuu siap menampung sampah plastik tersebut untuk diolah kembali karena alasan kelestarian alam. Sampah plastik yang disetorkan akan ditukar dengan uang sehingga semuanya menjadi sama-sama untung.

7. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Para Pelanggan

Terakhir, jalinlah komunikasi yang baik dengan para pelanggan. Salah satu caranya, Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram yang banyak fiturnya. Sobat Lakuuu bisa melakukan game-game kecil yang bisa diikuti oleh pengikut. Jika ada rezeki yang lebih, Sobat Lakuuu bisa membuat game kecil ini dengan hadiah sehingga semakin menarik.

Nah, itu dia 7 strategi customer retention yang bisa Sobat Lakuuu lakukan untuk menjaga penjualan agar tetap meningkat atau paling tidak stabil. Dengan strategi di atas, diharapkan Sobat Lakuuu bisa tetap sukses dalam bidang usaha yang digeluti. Semoga informasi di atas bisa membuka mata betapa pentingnya customer retention.