Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Domain.com

by Lakuuu 7 December 2021

domain
Ternyata masih banyak pemilik situs yang tidak mengetahui alasan menggunakan domain.com. Mereka hanya sekedar membeli tanpa memahami apa manfaat dibelakang domain tersebut.

Domain merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu server pada jaringan komputer. Tujuan penggunaan domain adalah mempermudah aksesibilitas agar tidak perlu masuk menggunakan ip address.

Karena mudah diingat maka pengunjung lain juga tidak kesulitan ketika hendak melakukan akses. Selain dari alasan fungsional tersebut ternyata banyak orang masih belum tahu mengapa domain itu penting.

Oleh karena itu kami disini akan membantu memberikan penjelasan secara rinci agar Sobat Lakuuu bisa memahaminya. Akan sangat disayangkan jika pemilihan jenis ternyata tidak sesuai dengan tujuannya.

Apalagi sekarang memiliki sebuah website hampir seperti sepeda motor. Tanpa adanya website maka pengembangan potensi tidak dapat dilakukan secara optimal karena minimnya kendaraan.

Sebuah situs dapat dijadikan kendaraan fleksibel baik ketika digunakan sebagai platform penjualan, promosi, atau sekedar mencari ketenaran. Jadi memang harus teliti karena ini sifatnya krusial sekarang.

Tanpa memahami dan juga menentukan secara tepat maka hasilnya juga akan kurang optimal. Padahal dengan optimasi dari sebuah situs maka seseorang akan mampu memaksimalkan potensi dirinya.

Kami akan membedah alasan penting yang membuatnya krusial dari segi teknikal maupun profesional. Jadi kedepan Sobat Lakuuu bisa lebih bijak dalam menentukan jenisnya ketika digunakan.

Alasan Menggunakan Domain.com Secara Teknikal

Ada tiga alasan teknikal yang membuat masalah ini cukup krusial. Berikut ini adalah ketiga alasan tersebut lengkap dengan pembahasannya agar Sobat Lakuuu tidak hanya mengerti secara teoritis saja.

1. Ramah SEO

Search engine optimization adalah hal penting yang sekarang menjadi menu wajib bagi para warga internet. Jadi suatu situs memang harus optimal agar mendapatkan potensi akses dan konversi tinggi.

Ini adalah alasan menggunakan domain.com terbesar yang harus menjadi pertimbangan. Tanpa SEO maka sebuah website tidak bisa dibuat terkenal secara sistematis.

2. Murah

Jangan beranggapan bahwa domain.com memiliki harga mahal seperti beberapa tahun lalu. Sekarang sudah ada beberapa provider yang mampu menyediakan dengan harga terjangkau.

Jadi untuk kantong pelajar dan mahasiswa tentu masih bisa mentoleransi harganya. Untuk keperluan bisnis tentu saja ini akan menjadi salah satu aspek penting karena bisa menghemat biaya.

3. Aman

Secara teknis keamanan memang domain.com memiliki sistem lebih kompleks. Sehingga para peretas juga perlu kemampuan ekstra ketika hendak melakukan serangan.

Bagi pemilik tentu saja ini menjadi salah satu aspek penting untuk dipertimbangkan karena bisa menjamin dalam jangka panjang. Jika situs mudah diretas tentu akan merepotkan pemilik sendiri.

Dengan mengetahui ketiga alasan teknikal tersebut tentunya Sobat Lakuuu sudah mulai sedikit memahaminya. Penting untuk menentukan pilihan agar bisa digunakan dalam jangka panjang dan harganya murah.

Alasan Menggunakan Domain.com Secara Aksesibilitas

Ada tiga alasan juga yang bisa dijadikan pertimbangan berdasarkan aksesibilitas. Jadi situs tersebut bisa lebih bermanfaat terutama ketika mencari pengunjung dan mempromosikan sebuah brand.

4. Mudah Diingat

Perlu diketahui bahwa lebih dari 50 persen pengguna internet Indonesia memiliki literasi mengenai dunia digital cukup sedikit. Jadi tidak hanya orang terpelajar saja yang melakukan akses.

Orang-orang dengan latar pendidikan rendah juga berpotensi mengaksesnya. Ketika nama website mudah diingat tentu mereka akan berpotensi kembali lagi karena hafal dengan namanya.

5. Lebih Populer

Hingga saat ini masih lebih dari separuh pengguna internet dalam negeri mengidentifikasi situs dengan domain.com. Jadi mereka akan lebih yakin mengunjungi karena sudah biasa mengenalnya.

Apabila menggunakan domain selain itu maka mereka masih merasa ragu terhadap legitimasinya. Karena faktor tersebut seseorang cenderung lebih suka melakukan akses domain.com

6. Terlihat Profesional

Selama beberapa tahun masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa .com adalah tanda sebuah situs profesional. Jadi ini alasan menggunakan domain.com yang perlu dipertimbangkan.

Jika menengok lima tahun sebelumnya situs dalam negeri masih identik menggunakan wordpress dan blogspot. Tentu keduanya sekarang dianggap kurang profesional dan eksklusif.

Dengan mempertimbangkan ketiga alasan tersebut tentu saja Sobat Lakuuu yang akan membuat website menjadi lebih bijak. Pastikan apakah nanti sesuai target audiens atau tidak agar trafiknya tinggi.

Apabila sebuah situs dari luar saja sudah terlihat profesional maka pengunjung akan semakin yakin. Baik pada brand atau produk di dalam halaman tersebut sehingga mereka mau melakukan action.

Alasan Menggunakan Domain.com yang Tidak Terpikirkan

Salah satu alasan lain yang justru tidak banyak terpikirkan adalah bagaimana mudah mendapatkan website dengan bentuk seperti ini. Perlu diketahui bahwa sekarang banyak jasa pembuatan situs daring.

Harga dari jasa-jasa tersebut juga sangat bersaing dan terbukti mampu memberikan pelayanan serta kualitas optimal. Ini adalah cara paling mudah, murah, dan cepat meskipun Sobat Lakuuu tidak bisa membuat sendiri.

Serahkan saja pada perusahaan yang memang bergerak dalam pembuatan situs daring atau SEO. Salah satu contoh perusahaan yang menyediakan jasa seperti ini adalah lakuuu.id.

Perusahaan kami menyediakan jasa pembuatan website baik untuk tujuan e-commerce maupun pribadi. Sehingga Sobat Lakuuu tidak perlu membuat sendiri dan belajar dari awal tentang proses pembuatannya.

Cukup lakukan pemesanan dan kami bisa memberikan bantuan optimal sampai siap akses. Dengan begitu jika digunakan untuk kebutuhan perdagangan akan menghemat waktu dan sumber daya usaha.

Sudah bukan waktunya lagi terlalu lama belajar sendiri karena sudah ada penjual terpercaya. Ini adalah salah satu alasan menggunakan domain.com yang tidak boleh Sobat Lakuuu lupakan.