Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Entrepreneur: Definisi dan Karakteristiknya

by Lakuuu Team 12 October 2021

entrepreneur
Kini, banyak dari generasi milenial yang lebih tertarik untuk membangun bisnis atau usahanya secara mandiri, daripada bekerja di suatu perusahaan dengan pendapatan bulanan yang tetap. 

Kegiatan membangun sebuah bisnis dari nol secara independen, merupakan kegiatan seorang entrepreneur atau wirausahawan.

Namun, apakah sosok entrepreneur hanya terdefinisikan seperti penjabaran singkat di atas? Lalu, apa perbedaan antara entrepreneur dengan pengusaha? Karakteristik apa saja yang harus ada pada diri seorang entrepreneur? Berikut informasinya khusus untuk Sobat Lakuuu
Apa itu Entrepreneur?
 
Gambar: Photo by Joseph Frank on Unsplash
Entrepreneur adalah seseorang yang mengembangkan dan mengelola perusahaan dengan berlandaskan inovasi, serta mampu menerima risiko yang ada demi keberhasilan bisnisnya. 

Mereka yang menjadi seorang entrepreneur tidak gentar dalam menghadapi berbagai macam rintangan, mengubah risiko dan kegagalan, menjadi sebuah awal baru dan peluang untuk menjadi lebih baik kedepannya. 

Banyak orang yang masih memperdebatkan siapakah sosok entrepreneur ini. Apakah seseorang yang bekerja untuk diri mereka sendiri, ataukah sosok yang tidak hanya bekerja secara independen, tetapi juga mengembangkan bisnis inovasi dan kepemimpinan. 

Perbedaan Pengusaha dengan Entrepreneur
Gambar: Photo by Paige Cody on Unsplash
Mungkin, di antara Sobat Lakuuu di sini masih ada yang menyamakan, antara pengusaha dan entrepreneur. Namun, faktanya, kedua istilah ini memiliki definisi yang berbeda. 

Entrepreneur berfokus memberikan solusi, ide-ide segar, dan inovasi untuk memulai bisnis. Selama prosesnya, entrepreneur akan mendapatkan banyak hambatan dan rintangan.

Namun, saat rintangan tersebut selesai dilewati, biasanya para entrepreneur mampu mendominasi pasar, dan membuka peluang lapangan kerja bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan. 

Sedikit berbeda dengan entrepreneur, pengusaha adalah seseorang yang mengikuti cara berbisnis tradisional, dan mengikuti ide yang sudah ada. 

Karena mengikuti ide-ide yang sudah ada sebelumnya, otomatis resiko pengusaha dalam dunia bisnis cenderung rendah.

Fokus utama seorang pengusaha atau pebisnis ini adalah untuk mengalahkan pesaingnya, sehingga mendapatkan lebih banyak keuntungan.
Karakteristik Seorang Entrepreneur
Sejatinya, setiap manusia dilahirkan untuk menjadi seorang wirausahawan. Namun, banyak di antara kita yang justru takut melangkah. 

Seorang wirausahawan tidak akan gentar, dan berani melangkah untuk hidup yang jauh lebih baik. Setidaknya, ada 5 karakteristik yang dimiliki oleh seorang entrepreneur yang sukses. 

1. Berani Mengambil Resiko

Sobat Lakuuu, menjadi seorang entrepreneur berarti siap menanggung segala macam resiko yang ada. Penolakan, dipandang rendah, atau bahkan kegagalan merupakan hal-hal yang sering dialami oleh wirausahawan, sebelum akhirnya sukses.

Para wirausahawan ini tidak takut dengan kegagalan. Mereka akan terus mencoba hal-hal baru demi kelangsungan bisnisnya.

Entrepreneur adalah mereka yang belajar dari kegagalan, dan mengubah kegagalan yang mereka alami menjadi sebuah peluang baru. 

2. Optimis

Seorang entrepreneur tidak pernah pesimis, sekalipun ia dihadapkan dengan banyak pilihan, atau bahkan rintangan. 

Tidak ada waktu bagi mereka untuk berkecil hati atau bahkan bertindak pesimis, saat menghadapi kegagalan.Bagi mereka, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

3. Fokus

Seorang entrepreneur memiliki karakteristik yang berfokus terhadap satu tujuan yang jelas dan sudah direncanakan dengan pemikiran yang matang.
Wirausahawan yang sukses akan sebisa mungkin untuk menghindari gangguan, demi lancarnya rencana yang ia kerjakan.

4. Sedikit Bicara, Banyak Bertindak

Karakteristik yang menjadi pembeda, antara entrepreneur dengan orang kebanyakan adalah wirausahawan lebih banyak bertindak daripada berbicara.

Ini karena mereka sangat menghargai waktu. Setiap detik sangatlah penting. Mereka tahu, dengan banyak bicara, maka rencana yang dimiliki tidak akan berjalan. 

Berbicara secukupnya dan selebihnya action adalah hal bijak yang tidak hanya bisa diterapkan di dunia entrepreneur saja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

5. Memiliki Visi yang Kuat

Apa yang melatarbelakangi Sobat Lakuuu menjadi seorang entrepreneur? Apa tujuan akhir yang Sobat Lakuuu inginkan? 

Seorang entrepreneur harus mampu menentukan tujuan yang ingin diraih, dan apa hasil akhir yang diinginkan. 

Bayangkan, jika seorang entrepreneur tidak memiliki visi yang kuat, maka ia akan dengan mudah dibawa ke mana saja bagaikan air. 

Maka dari itu, dengan adanya visi, wirausahawan memiliki pendirian yang kuat, dan mampu membawa bisnisnya untuk bisa melangkah maju.