Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

5 Alasan Harus Menggunakan Facebook Ads untuk Promosi Bisnis

by Lakuuu 9 November 2021

facebook-ads-untuk-promosi
Tidak hanya menargetkan para pengguna baru untuk mencoba berbagai fitur menarik untuk saling berinteraksi, Facebook juga menyasar para pebisnis yang ingin melebarkan sayapnya, dengan cara beriklan.

Memang, masih banyak orang yang beranggapan, Facebook Ads tidak efektif untuk digunakan sebagai media marketing. Tapi, apakah Sobat Lakuuu yakin setelah mengetahui 5 kelebihan menggunakan Facebook Ads sebagai media marketing berikut?

5 Alasan Pebisnis Harus Beriklan di Facebook Ads


Dilansir Databoks.Katadata menunjukkan, bahwa di Indonesia saja, sudah ada lebih dari 175,3 juta pengguna aktif pada bulan Maret 2021.

Angka di atas setara dengan 63,4% dari total populasi di Indonesia yang mencapai 276,36 juta jiwa atau 82% dari pengguna internet. Sungguh banyak, bukan?

Dengan melihat banyaknya jumlah pengguna Facebook di Indonesia di atas, tentu hal ini menjadi angin segar bagi para marketer khususnya di dalam dunia digital marketing, untuk mempromosikan bisnisnya melalui Facebook Ads.

Selain banyaknya pengguna Facebook di Tanah Air, berikut ada 5 alasan lainnya kenapa harus melakukan promosi dengan Facebook Ads.

1. Beriklan bisa disesuaikan dengan budget

Sobat Lakuuu, salah satu keuntungan beriklan di Facebook Ads adalah budget yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Tidak ada tarif khusus atau paten yang mengharuskan Sobat Lakuuu membayar sejumlah uang dengan nominal tertentu.

Adapun budget iklan Facebook termahal adalah Rp 15 ribu. Tidak hanya itu, Sobat Lakuuu juga bisa menyesuaikan budget per hari nya, sehingga semakin memudahkan perhitungan untuk budgeting iklan media sosial.

2. Beriklan jauh lebih efektif

Kenapa beriklan melalui Facebook Ads sangat efektif? Coba Sobat Lakuuu ingat lagi, ada berapa total pengguna Facebook di Indonesia? 82% dari pengguna internet adalah pengguna Facebook! Itu artinya, Facebook masih mendapat perhatian khusus dari berbagai kalangan.

Hal di atas menjadi peluang yang sangat besar untuk beriklan dan memberikan brand awareness kepada lebih banyak orang, sehingga bisnis Sobat Lakuuu mendapat perhatian dari publik.

3. Terhubung dengan Instagram dan berbagai jenis iklan

Sobat Lakuuu, pada tahun 2014 Facebook sudah mengakuisisi Instagram dan WhatsApp, sehingga dua aplikasi raksasa tersebut sudah berada di bawah naungan Facebook. Tentu saja, dengan terintegrasi nya aplikasi Instagram, membuat kegiatan beriklan jauh lebih bervariasi.

Tidak hanya di dalam Facebook sendiri, Sobat Lakuuu juga bisa beriklan ke Instagram melalui Facebook. Tentu saja, karena sistem iklan bawaan dari Facebook, maka semua fitur dari Facebook Ads akan bisa digunakan.

Insta Story Ads, Post Ads, hingga Reels Ads yang paling terbaru, bisa digunakan untuk mengadakan campaign atau iklan. Jangkauan juga lebih maksimal, serta dapat disesuaikan. Bagaimana? Masih nolak beriklan di Facebook Ads?

4. Dapat menjangkau target market yang spesifik

Seperti yang  sudah disinggung sebelumnya, Facebook Ads dapat membantu Sobat Lakuuu untuk menjangkau lebih banyak audiens.

Sistem Faecbook Ads memungkinkan Sobat Lakuuu untuk menargetkan audiens tertentu, yang dapat disesuaikan berdasarkan letak demografi, minat khusus, lokasi, umur, jenis kelamin, hingga bahasa yang digunakan sekalipun.

Fitur di atas tentu akan memudahkan Sobat Lakuuu dalam menjangkau niche atau target market yang tepat, sehingga berpotensi besar untuk mendatangkan leads yang menciptakan transaksi.

Ditambah dengan banyaknya jumlah pengguna aktif Facebook dan Instagram, jangkauan iklan tentu akan jauh lebih luas.

5. Terdapat sejumlah jenis iklan sesuai kebutuhan

Sobat Lakuuu apakah tahu? Di dalam Facebook Ads ada sejumlah jenis iklan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan goals akhir yang diinginkan.

Setidaknya, ada tiga tujuan akhir dari Facebook Ads yang bisa Sobat Lakuuu manfaatkan.

1. Awareness
Kolom yang satu ini lebih berfokus pada memberikan kesadaran merek kepada audiens dalam jangkauan yang lebih luas lagi.

Pilihan ini sangat cocok digunakan bagi Sobat Lakuuu yang baru saja membangun sebuah bisnis, dan menginginkan bisnisnya untuk dikenali oleh target market. Baik “brand awareness” ataupun “reach” bisa digunakan untuk menjangkau target market secara spesifik.

2. Consideration
Jenis iklan ini nantinya akan meminta para audiens untuk mengunjungi, menonton video atau men-download suatu aplikasi.

Consideration ini merupakan CTA yang spesifik. Jika Sobat Lakuuu menginginkan audiens untuk mendownload suatu aplikasi, maka Consideration sangat cocok digunakan.

3. Conversion
Hampir sama dengan Consideration, Conversion mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu agar mendorong audiens untuk melakukan transaksi.

Ada beragam Conversion yang bisa digunakan, seperti penjualan katalog yang mendorong audiens untuk melakukan pembelian melalui tampilan katalog iklan, dan traffic toko yang bertujuan untuk mempromosikan toko offline Sobat Lakuuu.