Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Facebook Ads Vs Instagram Ads: Lebih Efektif yang Mana?

by Lakuuu Team 23 August 2021

facebook-ads-vs-instagram-ads
Jika, Sobat Lakuu harus memilih antara facebook ads dan instagram ads, maka mana yang paling lebih baik?  Pastinya hal ini akan sulit buka, apalagi jika Sobat Lakuuu menyukai keduanya. Kedua plafon tersebut memiliki berbagai kelebihannya masing-masing yang tentunya memberikan manfaatnya sendiri.

Mengapa dari dulu kedua plafon ini sering dibanding-bandingkan? Namun, sebenarnya keduanya memiliki berbagai kegunaan sendiri-sendiri. Jika Sobat Lakuu adu, menurutmu siapa yang akan menangnya. Apalagi keduanya memiliki berbagai fitur yang sama-sama menarinya?

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, kami sudah membuat perbandingan, mengenai kelebihan dari kedua plafon media sosial ini. Dengan perbandingan ini, Sobat Lakuuu bisa memilih antar keduanya, aplikasi mana yang paling bagus dan menarik untuk ada coba.

Perbandingan Antara Facebook Ads dan Instagram Ads

Pernah menggunakan facebook, atau sudah memiliki instagram? Ketika menggunakanya, jelas akan tahu betapa berbedanya kedua aplikasi media sosial ini. Dengan menggunakan facebook ads, dan menggunakan instagram ads, Sobat Lakuuu akan mendapatkan sensasi yang berbeda.

Fitur yang dimiliki keduanya juga jauh berbeda, namun memiliki berbagai kesamaan dari beberapa sis. Bisa dibandingkan sebenarnya kedua plafon ini memiliki fungsi yang sama dan memiliki kelebihan yang tidak jauh berbeda.

Memiliki fungsi yang sama sebagai media sosial, yang berguna untuk menyebarkan foto maupun video ke teman-teman. Fitur yang dimiliki juga tidak jauh berbeda, sebab jika Sobat Lakuuu memilikinya, maka dapat membandingkan dengan lebih mudah lagi.

Kali ini, kami juga akan memberikan berbagai informasi mengenai perbandingan kedua aplikasi media sosial ini. Dengan begini Sobat Lakuu bisa mengetahui betapa canggihnya kedua aplikasi dan berbagai fitur yang ada dalam aplikasi ini.

Data

Jika dibandingkan dari segi data sudah jelas facebook ads pemengnya, sebab pada tahun 2018 saja memiliki 2,41 pengguna. Sedangkan aplikasi yang satu ini, pada tahun yang sama hanya memiliki 1 miliar pengguna.

Pada instagaram 70% penggunanya menggunakan akun bisnis dan 80% menggunakan untuk mengikuti akun bisnis. Sedangkan facebook memiliki 8 juta bagi bisnis dan mengalami pertumbuhan 23% setiap tahunya.

Dengan facebook Sobat Lakuuu bisa mendapatkan produk terbaru dengan mudah. Sebab 78% produk terbaru dipasarkan terlebih dahulu lewat facebook. Namun dari segi engagement dan transaksi, instagram jauh 4X lebih unggul dari facebook.

Engagement

Dari segi ini, Sobat Lakuuu bisa mengetahui betapa banyaknya pertumbuhan dalam segi engagement dari kedua aplikasi tersebut. Instagram ads memiliki jumlah pengguna yang semakin meningkat sehingga rate engagement miliknya juga tinggi.

Dari data yang kami keetahui setidaknya 80% pengguna instagram sudah follow sebuah akun bisnis. Sehingga akan meningkatkan brands, dan meningkatkan komentar serta sebagainya.

Sedangkan facebook ads, sudah mengalami berbagi peningkatan, sehingga bisa meningkatkan berbagai target engagement yang dimilikinya. Jika sudah menggunakan aplikasi ini, maka Sobat Lakuuu akan mendapatkan berbagai kelebihan.

Reach

Instagram memiliki penggunaan lebih dari 1 milyar, sehingga tidak heran ada berbagai brands besar maupun kecil yang ada dalam aplikasi ini. Namun, instagram mendapatkan zulham reach organik yang tertinggi dari berbagai media sosial.

Apalagi dengan adanya fitur hashtag dan suggestion for you, sehingga jangkaun pasar Sobat Lakuuu bisa semakin luas.

Untuk, facebook yang memiliki usia paling lama dari berbagai plafon sosial media lainya, tidak heran jika menjadi nomor satu soal reach. Facebook nyatanya juga memiliki berbagai terobosan baru mengenai reach target yang beluk spesifikasi.

Untuk menggunakannya, Sobat Lakuuu hanya perlu menggunakan nama dari facebook tersebut. Lalu secara otomatis iklan milik produk yang telah dipilih akan dilansir pada semua audiens.

Demografi

Kebanyakan instagram didominasi oleh para wanita dan 24% merupakan laki-laki. Untuk penggunanya biasanya memiliki rata-rata usia 18-29 tahun. Jadi jika Sobat Lakuu memiliki toko dalam instagram maka akan sangat menguntungkan jika menargetkan para wanita.

Sedangkan facebook Ads, penggunaan rata-rata memiliki usia matang, karena itu facebook menjaring semua kisaran umur.pengguna dari facebook juga rata-rata adalah peramuan 77% dan pria 66%. Lalu mana yang jauh lebih baik? Apa harus menggunakan keduanya agar bisnis Sobat Lakuuu lebih cepat menjadi besar dan terkenal.

Fitur

Dalam kedua aplikasi ini, memiliki berbagai fitur yang menarik. Untuk mendapatkan banyak pembeli, Sobat Lakuuu bisa menggunakan berbagai jenis fitur dalam kedua aplikasi tersebut. Dengan menggunakan fitur tersebut maka penjualan produk Sobat Lakuuu akan meningkat dengan lebih cepat.

Dalam facebook juga memiliki sebuah fitur yang bisa membantu Sobat Lakuuu untuk menjalankan dan mengatur iklan. Fitur tersebut memiliki nama, facebook ads manager, dengan menggunakan instagram, juga bisa menikmati berbagai kemudahannya.

Dengan menggunakan fitur ini, Sobat Lakuuu bisa mengatur kedua platform media sosial tersebut secara bersamaan. Dengan fitur ini, semua kegiatan yang berguna untuk mengatur iklan produk akan lebih mudah untuk diatur.

Jadi Sobat Lakuuu sudah menemukan fitur mana antara facebook ads dan instagram ads yang paling berguna untuk melakukan bisnis online. Keduanya memiliki kelebihan dan fitur yang sama-sama canggih. Sudanggu aplikasi media sosial yang mengagumkan bukan? Sobat Lakuuu bisa memilih salah satunya, atau menggunakan keduanya untuk kelancaran bisnis yang berjalan.