Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

5 Fitur Google yang Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis Online

by Lakuuu Team 18 October 2021

fitur-google-untuk-bisnis-online
Google selalu mengeluarkan fitur-fitur yang menarik yang tidak hanya bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya saja, tetapi juga untuk meningkatkan penjualan bisnis online.

Berikut 5 fitur dari Google yang bisa Sobat Lakuuu manfaatkan untuk bisnis online.

1. Google Business

Apa Sobat Lakuuu sering melihat tampilan di bawah saat mencari suatu tempat, seperti restoran, spa, dan tempat bisnis lainnya? Jika iya, ini merupakan salah satu fitur andalan Google yang dikhususkan untuk para pebisnis.

Google My Business adalah sebuah tools yang diciptakan untuk mempermudah calon pembeli mengetahui informasi singkat, atau profile mengenai bisnis Sobat Lakuuu yang nantinya akan muncul di mesin pencarian.

Dengan adanya Google Business, calon pembeli bisa melihat review dari pembeli lainnya yang sudah pernah berkunjung, foto yang dibagikan, lokasi bisnis yang lengkap dengan nomor telepon, hingga menunjukkan waktu ramai secara live di setiap hari nya.

2. Google Ads

Strategi marketing yang bisa Sobat Lakuuu coba untuk menarik banyak pembeli, dan mengenalkan produk ke masyarakat luas adalah dengan beriklan.

Google Ads atau Google Adwords merupakan sebuah program periklanan yang dipersembahkan oleh Google untuk seluruh pelaku bisnis yang ingin mengembangkan bisnis nya, dan memperluas pangsa market-nya.

Walau fitur Google yang satu ini berbayar, mudahnya menghitung Return On Investment (ROI), dan bisa menargetkan audiens secara spesifik menjadi alasan kenapa banyak pelaku usaha menggunakan Google Ads.

3. Google Analytics


 

Definisi dari Google, Google Analytics merupakan sebuah layanan gratis dari yang akan menginformasikan data statistik pengunjung di situs web tertentu.

Dengan adanya Google Analytics, Sobat Lakuuu dapat dengan mudah mengetahui informasi pengunjung berdasarkan pada informasi halaman pengacu, seperti iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan tautan lainnya.

Tenang saja, software pendukung bisnis ini gratis dan bisa dicoba di website bisnis Sobat Lakuuu sekarang juga.

4. Google Trends
Berdasarkan Google, Google Trends berfungsi untuk menginformasikan grafik statistik pencarian web yang menampilkan popularitas topik pencarian dalam kurun waktu tertentu.

Tidak hanya itu saja, Google Trends juga akan menampilkan hasil kata kunci tertentu berdasarkan kota, wilayah, dan bahasa, sehingga memudahkan marketer untuk membuat campaign atau konten marketing.

Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan Google Trends untuk mengetahui apa saja kata kunci yang kerap dicari oleh pengguna internet, untuk dijadikan sebuah konten yang menarik dan menjual tentunya.

5. Gmail

Photo by Solen Feyissa on Unsplash
Sobat Lakuuu, fitur Google yang satu ini menjadi andalan bagi setiap orang, baik individu dan pelaku bisnis adalah Gmail, surat elektronik yang memiliki segudang manfaat dan fitur tersendiri di dalamnya.

Gmail dapat membantu Sobat Lakuuu untuk mengirimkan dokumen, baik berupa foto, video, bahkan link tautan, hingga kerap digunakan sebagai correspondence yang resmi.

Gmail dapat memudahkan pekerjaan Sobat Lakuuu, khususnya dalam pengiriman invoice pembayaran ke supplier, negosiasi dengan pembeli atau klien, hingga melakukan email marketing sekalipun. Cukup bermanfaat, bukan?