Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Promosi di Instagram Sebagai Food Influencer? Kenali Dulu Tips & Triknya

by Lakuuu 29 October 2021

food-influencer
Jika mendengar kata food influencer, pasti Sobat Lakuuu tidak asing mendengarnya. Jadi dinamakan food influencer adalah mereka yang memiliki kemampuan dapat mempengaruhi orang lain untuk mencoba makanan yang mereka makan melalui unggahan media sosial. Melalui media sosial tersebut mereka bisa mendapatkan cuan seperti promosi di instagram.

Siapa nih dari Sobat Lakuuu yang gak kepingin kerjanya makan – makan tapi dapet cuan?. Jika kalian tertarik, pas banget kali ini admin akan membagikan cara promosi di instagram terkhusus bagi Sobat Lakuuu yang punya mimpi menjadi food influencer. Ini dia cara caranya; 

1. Rajin Observasi dan Riset

Pertama yang harus Sobat Lakuuu perhatikan yaitu rajin riset dan observasi. Menjadi food influencer bukan sembarang makan – makan lalu direkam yaa. Sobat Lakuuu harus menjadi pengamat yang jeli makanan atau beberapa tempat yang perlu dikunjungi bagi para penonton. Seperti apa yang membuat istimewa, mencicipi menu yang spesial dan atau mungkin tempat yang memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga tidak salah bahwa riset dan observasi menjadi food influencer

Selain itu, Sobat Lakuuu bisa juga kok bertanya kepada viewers untuk konten kedepannya. Dengan begitu Sobat Lakuuu pasti akan mendapatkan inspirasi untuk konten selanjutnya. Tapi tenang, meskipun menjadi food influencer pemula masih memiliki sedikit viewers dan followers namun kalian tentu bisa menjadikan teman atau kenalan terdekat sebagai inspirasi . Sehingga arti dari riset dan observasi tidak selalu harus datang ke lokasi ya.  

2. Konten Spesial Merayakan Hari Tertentu

Merayakan hari tertentu bisa Sobat Lakuuu lakukan menjadi tips promosi di instagram sebagai food influencer. Contohnya seperti pada saat hari lebaran Idul Adha, Sobat Lakuuu sebagai food influencer bisa mengambil konten seputar makanan yang khas akan nuansa tersebut seperti olahan dari daging kurban. 

Meskipun Sobat Lakuuu berperan sebagai food influencer namun tidak semua isi kontennya berupa nyicip – nyicip makanan. Bisa saja dengan memanfaatkan hari perayaan tertentu, Sobat Lakuuu melakukan konten yang lain seperti jalan – jalan pada area rekreasi yang recommended pada saat liburan Natal dan tahun baru. Dijamin followers dan viewers makin banyak, percaya deh.

3. Jasa Promosi Instagram

Trik jasa promosi Instagram menjadi trik yang bisa Sobat Lakuuu lakukan agar menambah angka followers dan viewers. Seperti yang admin jelaskan sebelumnya bahwa menjadi food influencer tidak hanya sekedar membuat konten tentang makanan namun Sobat Lakuuu bisa menjadi jasa promosi Instagram lho  

Promosi di Instagram bisa dilakukan siapapun, dimanapun dan kapanpun. Sehingga Sobat Lakuuu harus memiliki ciri khas yang unik sebagai food influencer dalam mempromosikan suatu makanan. Selain itu, untuk mempromosikan sesuatu di media sosial terutama Instagram tidak harus tentang makanan tetapi Sobat Lakuuu bisa mempromosikan apapun. 

Namun disisi lain sebagai food influencer, Sobat Lakuuu harus bijak dalam memilih dan mengambil kesempatan. Karena bisa saja terjadi saat mempromosikan sesuatu lalu diposting di Instagram dan ditonton oleh followers maupun public, Sobat Lakuuu jadi mendapatkan komentar yang tidak mengenakkan sehingga followers merasa kecewa. 

Tips tambahan buat para Sobat Lakuuu agar menjadi food influencer adalah banyak belajar dari food influencer terkenal lainnya. Mungkin sekalian admin rekomendasikan food influencer lokal yang sudah terkenal biar Sobat Lakuuu dapat mempelajari isi dari konten mereka, langsung saja simak ya.

1. Instagram @nexcarlos milik Nex Carlos

Dengan slogan “makan cuy”-nya, food influencer Nex Carlos mampu membawa kalian jalan – jalan keliling Indonesia yang tujuannya yaitu review makanan. Tidak hanya bisnis konten sebagai food influencer, beliau juga memiliki usaha lainnya yang membuat pemasukannya tidak hanya dari mereview makanan. Nyatanya bisnis kuliner makanan dan minuman yang masing – masing bernama Minum Cui dan Ayam Gedebuk sukses membuka cabang di kota – kota besar. 

2. Instagram @anakjajan milik Julia Veronica dan Marius Tjenderasa

Food influencer
selanjutnya yang admin rekomendasikan yaitu dari pasangan Marius dan Julia. Bagaimana tidak, mereka dengan kreatif membawakan isi konten food influencer dengan style food photography serta videography. Tidak hanya itu, isi konten mereka juga sering membawakan resep masakan yang simple maupun trip kedalam maupun luar negeri. Dengan kreatifitas yang dimiliki, tidak jarang orang lain meminta jasa promosi instagram pada @anakjajan. Kalian bisa curi ilmunya ya

3. Instagram @kenandgrat milik Ken dan Grat

Untuk menjadi food influencer tidak perlu mereview makanan yang mahal kok. Sobat Lakuuu bisa banyak belajar dari Ken dan Grat. Mereka banyak mereview makanan kaki lima yang rasanya bintang lima namun dapat dijangkau semua orang. Meskipun begitu, tidak jarang juga isi konten mereka mencicipi makanan bisnis kuliner dari artis terkenal di Indonesia.

Demikian tips promosi di Instagram bagi Sobat Lakuuu yang ingin berkecimpung di dunia food influencer. Jangan mudah menyerah dan putus asa untuk menjadi apa yang Sobat Lakuuu impikan. Tetap semangat.