Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Hari Pelanggan Nasional, Sejarah dan Fakta Unik Dibaliknya

by Lakuuu 4 September 2021

hari-pelanggan-nasional
Hari pelanggan nasional diperingati pada tanggal 4 September, banyak perusahaan yang merayakannya dengan cara memberikan potongan harga, diskon dan berbagai promo lainnya untuk pelanggannya.

Ide awal dari ditetapkannya hari yang dikhususkan untuk konsumen ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan dari pelaku usaha. Karena konsumen adalah bagian jiwa dari setiap perusahaan itu sendiri. Tanpanya para pelaku usaha tidak akan berjalan dengan baik.

Diresmikan pada tahun 2003 oleh Presiden Megawati, pertama kali diusulkan oleh seorang pengusaha dan Founder dari Frontier Consulting Group yaitu Handi Irawan. Alasannya karena Handi menginginkan untuk meningkatkan pelayanan perusahaan untuk mendapatkan kepuasaan pelanggan.

Arti Logo dan Sejarah Hari Pelanggan Nasional

Ide awal dicetuskannya peringatan tersebut berawal dari keinginan seorang pengusaha dan Founder Frontier Consulting Group yaitu Handi Irawan. Handi Irawan mengusulkannya kepada Presiden Megawati.

Presiden Megawati menyetujuinya lalu menetapkan 4 September sebagai Harpelnas pada tahun 2003. Tujuan ditetapkannya tanggal 4 September sebagai Hari Pelanggan Nasional untuk meningkatkan kesadaran pelaku usaha terhadap peran pelanggan.

Banyak pelaku bisnis lainnya pada saat itu belum memiliki kesadaran mengenai konsumen sebagai jiwa perusahaan itu sendiri. Tanpa pelanggan, sebuah usaha pasti tidak dapat menjalankan bisnisnya dengan baik.

Pada saat peresmian Harpelnas tahun 2003 silam, dihadiri oleh 200 direksi perusahaan dan BUMN serta pemerintahan. Serta, dirayakan oleh lebih dari 500 perusahaan baik swasta maupun BUMN.

Hari Pelanggan Nasional bukan hanya dimiliki oleh Frontier Consulting Group tetapi dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sampai saat ini Harpelnas masih diperingati oleh semua pelaku usaha dengan memberikan promo, diskon, dan keuntungan lainnya untuk memuaskannya.

Harpelnas memiliki logo khususnya sendiri. Logo tersebut menunjukan senyuman manusia yang lebar berwarna hijau. Logo senyuman tersebut memiliki arti senyuman kepuasannya terhadap pelayanan diberikan oleh perusahaan.

Pemilihan warna hijau juga memiliki filosofinya sendiri, hijau ini dipilih untuk menggambarkan kesejukan, rasa persahabatan serta keramahan. Selain itu, logo maskot itu dilengkapi dengan tulisan kecil “Hari Pelanggan Nasional” memiliki arti sifat kerendahan hati.

Fakta Unik Dibalik 4 September sebagai Harpelnas

4 September telah resmi ditetapkan sebagai Harpelnas pada tahun 2003. Pada hari itu biasanya banyak pelaku usaha yang secara besar-besaran menawarkan berbagai macam promo dan diskon besar-besaran. Inilah fakta unik dibalik 4 September yang harus diketahui oleh Sobat Lakuuu.

1. Sosok Pencetus Harpelnas

Pasti Sobat Lakuuu penasaran dengan sosok pencetus Harpelnas ini, seperti telah dijelaskan sebelumnya. Handi Irawan adalah seorang pengusaha pertama kali mencetuskan untuk memperingati 4 September sebagai Harpelnas.

Handi Irawan adalah Founder dari Frontier Consulting Group. Perusahaan ini bergerak pada bidang teknologi, riset, pemasaran serta digital. Pria tahun ini genap menginjak 57 tahun tidak hanya menjadi pencetus Hari Pelanggan Nasional saja.

Ada hari-hari peringatan lainnya yang digagas olehnya seperti Hari Marketing Indonesia diperingati pada tanggal 1 April. Serta Hari Inovasi Indonesia diperingati pada tanggal 1 November.

Handi Irawan juga beberapa kali menjadi penggagas penghargaan untuk pelaku bisnis dan brand di Indonesia. Seperti Top Brand Award, Corporate Image Awards, dan juga Indonesia’s Attractiveness Award.

2. Tujuan dari Harpelnas Sebenarnya

Tujuan dari terciptanya Harpelnas juga dapat dibilang unik, Handi awalnya mencetuskan hari peringatan ini untuk mengajak para pelaku bisnis lainnya berbuat sesuatu untuk memuaskan hati pelanggannya. Karena menganggap pelanggannya adalah jiwa dari perusahaan itu sendiri.

3. Harpelnas Bagi Perusahaan

Dianggap sebagai momen penting, Harpelnas diperingati oleh hampir semua pelaku usaha di Indonesia. Hari peringatan ini dianggap penting karena dijadikan momen sebagai pendedikasian perusahaan terhadap para pelanggannya dengan memberikan pelayanan terbaik.

4. Bertabur Promo dan Diskon

Perusahaan menilai salah satu bentuk usaha dapat memuaskan hati pelanggannya adalah memberikan diskon dan promo menarik dengan keuntungan didapatkan akan lebih besar dibandingkan hari-hari biasanya.

5. Tentang Maskot dan Logonya

Hari peringatan ini memiliki logo unik yaitu menggambarkan senyuman manusia yang tulus dan berwarna hijau. Selain itu ada tulisan kecil “Hari Pelanggan Nasional”. Semua elemen yang ada di logo tersebut memiliki artinya sendiri.

Tips untuk Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan

Pada hari peringatan 4 September banyak pelaku usaha berlomba-lomba memenangkan hati pelanggannya. Karena kepuasan pelanggan adalah hal mutlak harus didapatkan oleh pelaku usaha. Inilah tips dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan.

1. Memberikan penawaran yang menarik

Memberikan penawaran menarik dari produk-produk terbaik, selain itu buatlah iklan membuat pelanggan menjadi tertarik. Agar semakin unik dan menarik, tambahkan dengan kejutan-kejutan kecil yang ditujukan untuk para pelanggan setia.

2. Menjaga Kualitas Produk

Menjaga kualitas harus dilakukan agar para pelanggannya tidak kabur dan beralih ke lain hati. Menjaga konsistensi kualitas produk juga merupakan salah satu usaha dari memberikan kepuasan pelanggan. Kualitas baik akan membuat pelanggan puas.

3. Menyikapi Keluhan Pelanggan dengan Ramah

Seorang pelaku usaha harus dapat menerima masukan baik berupa saran atau kritikan. Bahkan keluhan konsumen sekalipun, mendapat keluhan merupakan hal wajar jadikanlah keluhan atau masukan tersebut sebagai pelajaran untuk menjadi lebih baik lagi.

Harpelnas selalu dirayakan setiap tahunnya oleh hampir semua pelaku bisnis di Indonesia sebagai usaha untuk mengapresiasi para pelanggan sebagai jiwa perusahaan. Hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap 4 September bisa juga digunakan sebagai ajang promosi perusahaan.