Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

10 Ide Bisnis Cuan yang Cocok untuk Fresh Graduate

by Lakuuu 11 November 2021

ide-bisnis-cuan-fresh-graduate
Akibat kasus pandemi di Indonesia, banyak dari masyarakat yang awalnya menganggur, kini mencoba peluang untuk membuka usahanya sendiri, tak terkecuali fresh graduate yang kesulitan melamar dan mendapatkan pekerjaan.

Bagi Sobat Lakuuu yang seorang fresh graduate, berikut ada 10 ide bisnis dengan modal kecil yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memulai bisnis. Tentu saja, ide-ide bisnis di bawah ini pasti cuan, deh!

10 Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil Tapi Pasti Cuan!


Di dunia yang serba digital seperti sekarang, tersedia banyak ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, selama terhubung ke jaringan internet.

 Proses penyebaran informasi juga jauh lebih cepat, sehingga berpeluang besar untuk bisnis diketahui oleh banyak orang dalam waktu yang singkat. Berikut 10 ide bisnis yang cocok dan pas dilakukan oleh seorang fresh graduate.

1. Menjadi dropshipper

Sembari menunggu panggilan pekerjaan, Sobat Lakuuu bisa berbisnis online dengan menjadi seorang dropshipper.

Cukup bermodalkan sambungan internet dan smartphone atau PC, Sobat Lakuuu sudah bisa berjualan di berbagai marketplace dan mendatangkan cuan dalam waktu yang singkat.

Adapun produk seperti fashion dan kebutuhan rumah tangga menjadi dua jenis produk yang paling diminati oleh banyak orang.

2. Membuka Jasa Titip Barang

Sobat Lakuuu yang suka travelling ke luar negeri dan shopping, membuka jasa titip bisa menjadi bisnis sampingan yang menarik yang bisa dilakukan.

Bisnis jasa titip barang ini sangat mudah. Sobat Lakuuu cukup membelikan barang sesuai dengan permintaan pelanggan, lalu mengirimkan barang tersebut dengan tambahan ongkos kirim dan jasa pembelian barang.

Nah ongkos jasa pembelian inilah sumber pendapat Sobat Lakuuu. Sobat Lakuuu bebas menentukan ongkos jasa titip tersebut sesuai keinginan.

3. Bisnis Katering

Sobat Lakuuu yang suka dan gemar memasak, bisa banget untuk segera membuka bisnis katering.

Hingga sekarang, bisnis katering menjadi salah satu bisnis yang tinggi peminatnya, mengingat pegawai kantoran memiliki jadwal yang super sibuk, dengan waktu durasi makan siang yang juga terbatas.

Membuat jenis makanan yang unik dengan tetap mempertahankan cita rasa yang khas, serta proses pemesanan dan pengiriman yang praktis dan mudah adalah hal-hal yang perlu diperhatikan, jika ingin bisnis katering Sobat Lakuuu bertahan dan berkembang.

4. Jasa penulisan konten

Untuk yang satu ini, Sobat Lakuuu harus merogoh kocek terlebih dahulu untuk mendapatkan ilmu menulis konten yang baik dan benar, sehingga nantinya Sobat Lakuuu bisa menjual jasa penulisan yang profesional.

Hanya bermodalkan laptop atau PC, Sobat Lakuuu bisa mendapatkan cuan dengan mudah, serta dapat bekerja di mana saja dan kapan saja.

5. Menjadi agen pembayaran elektrik

Menjadi agen pembayaran elektrik tidak membutuhkan modal yang besar. Justru, ada banyak promo-promo menarik yang semakin membuat Sobat Lakuuu untung.

Nantinya, Sobat Lakuuu akan melakukan top-up dompet digital, bayar air, PLN, hingga transfer antar bank. Bisnis sampingan di atas cukup menjanjikan, sehingga bisa banget untuk dicoba.

6. Guru les privat

Manfaatkan ilmu yang sudah Sobat Lakuuu peroleh dengan membuka bisnis les privat.

Tidak hanya kemampuan akademik saja yang bisa Sobat Lakuuu ajarkan, kemampuan bermusik, tari, melukis, bahkan memasak sekalipun bisa menjadi ladang untuk menghasilkan pendapatan ekstra.

7. Membuat kerajinan tangan

Bisnis modal minim selanjutnya yang bisa dilakukan oleh para fresh graduate adalah dengan membuat kerajinan tangan.

Karena bisnis Sobat Lakuuu sudah termasuk dalam bagian industri kreatif melalui seni kerajinan tangan, maka menentukan desain yang unik dan menarik, serta belum banyak dimiliki atau belum pernah dibuat bisa menjadi pilihan terbaik.

Ditambah keterampilan penjualan yang baik, dijamin hasil karya tangan Sobat Lakuuu pasti akan menyita banyak perhatian dan membuat orang tertarik untuk membelinya.

 8. Jasa desain grafis

Sobat Lakuuu yang lulusan desain grafis bisa banget untuk memulai suatu projek dan mendapatkan klien pertama.

Banyak para pelaku usaha yang memerlukan jasa desain grafis untuk membuat tampilan website mereka terlihat lebih menarik untuk dilihat, atau sekedar membuat tampilan produk lebih enak untuk dilihat.

9. Menjadi tour guide

Memang, saat pandemi seperti sekarang tempat-tempat wisata pastinya akan sepi pengunjung. Namun, tidak ada salahnya untuk meletakkan harapan dan memulai mempelajari latar belakang suatu kebudayaan tempat wisata tersebut.

Di samping itu, kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris bisa menjadi nilai tambah yang akan meningkatkan tarif Sobat Lakuuu.

10. Menjadi freelancer pembuat website

Bisnis sampingan terakhir yang bisa mendatangkan cuan adalah membuat website.

Faktanya, banyak dari para pebisnis yang ingin dibuatkan website sebagai tempat utama dalam melakukan penjualan dan brand awareness.

Sobat Lakuuu bisa memasang tarif per per projek, atau per jamnya yang tarifnya disesuaikan dengan tingkat kemahiran pribadi, tingkat kesulitan atau permintaan dari klien, hingga tools atau alat apa saja yang digunakan dalam proses pengerjaanya.