Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

15+ Ide Desain Email Marketing yang Eye Catching di Canva

by Lakuuu 12 December 2021

ide-desain-email-marketing
Saat ini untuk melakukan promosi bisa menggunakan berbagai ide email marketing Canva. Sebagai salah satu app edit foto, Canva memang memiliki banyak keunggulan sehingga menjadi pilihan banyak pengguna.

Melalui gambar, video, animasi, poster, artikel, dan berbagai content lainnya promosi di dunia maya dapat dilakukan untuk mencapai audiens dalam cakupan luas. Selain tersedia banyak pilihan, penggunaan media online juga jauh lebih murah sehingga hemat biaya.

Sobat Lakuuu dapat memanfaatkan Canva sebagai salah satu app untuk membuat desain email marketing yang eye catching dan menarik pelanggan. Mau tahu apa saja idenya, mari simak penjelasan berikut.

Keunggulan Ide Email Marketing Canva

Sebelum kami berikan berbagai ide desain, terlebih dahulu Sobat Lakuuu harus tahu apa saja kelebihan app Canva sehingga banyak digunakan. Ini dia beberapa kelebihan yang membuat app ini sangat digemari:

1.  Menyediakan lebih dari 500 ribu template untuk membuat berbagai desain.
2.  Bisa digunakan secara gratis dengan berbagai pilihan template dan animasi.
3.  Dapat menambahkan gambar sendiri.
4.  Terdapat berbagai kategori, mulai dari postingan instagram, sampul buku hingga poster.
5.  Mudah penggunaannya dan simpel, sangat cocok untuk pemula.

Itu dia beberapa keunggulan dari app canva yang bisa Sobat Lakuuu manfaatkan untuk membuat berbagai ide promosi dengan memanfaatkan email marketing. Penggunaan email marketing yang tepat ditambah desain bagus merupakan ide promosi brilian.

Gunakan Canva Premium untuk Hasil Optimal

Bagi Sobat Lakuuu yang ingin menggunakan berbagai ide email marketing Canva sebaiknya menggunakan versi premium untuk mendesain. Sebab di versi premium ada lebih banyak template dapat digunakan.

Selain itu, ada pula akses ke berbagai jenis font unik sehingga dapat membuat desain yang lebih baik dan menarik. Bukan hanya font dan template, Sobat Lakuuu juga akan mendapatkan akses ke berbagai ikon, gambar, dan layanan lainnya.

Jadi, membuat sebuah poster promosi yang unik serta menarik bukan lagi hal sulit. Selain itu, juga tidak pasaran dan membuat promosi tersebut benar-benar terkesan personal.

15 Ide Email Marketing Canva

Bagi Sobat Lakuuu yang sudah punya app Canva, baik mode gratis maupun premium, dan sudah siap membuat desain untuk email marketing, beberapa ide berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi:

1.
  Gunakan Berbagai Warna Menarik

Warna merupakan bagian yang sangat penting dalam membuat desain, Sobat Lakuuu bisa menggunakan berbagai warna kontras untuk menarik perhatian. Coba padukan elemen neon dengan putih dan hitam, terlihat kontras tapi menarik.

2.  Pakai Blocking Warna

Ide email marketing Canva berikutnya adalah memberikan blocking warna dan memadukannya dengan warna tint indah sehingga membuat tampilan menyolok. Tampilan warna muted dipasangkan dengan blush and black menjadikan tampilan unik. 

3.
  Pakai Animasi

Animasi menyenangkan dan kreatif dapat membuat desain unik dan mudah diingat. Selain itu, pesan juga jadi tersampaikan kepada pembaca sehingga dapat menginspirasi untuk melakukan aksi membeli.

4.
  Buat yang Simpel

Dalam membuat ide email marketing Canva sebaiknya buat simpel saja, misalnya mengambil warna putih sebagai latar sehingga membuat fokus utama tertuju pada produk. Namun, produk harus diberikan warna menonjol agar terlihat.

5.  Kembangkan Warna Cemerlang

Jika ingin mengambil perhatian audiens, menggunakan konsep palet cemerlang dapat dilakukan. Misalnya, dengan membuat desain paduan warna cerah seperti kuning dan warna kayu, kemudian menggunakan tulisan berwarna hitam.

6.  Rangkai Konten yang Bersinar

Membuat tampilan bersinar bukan berarti harus menggunakan warna-warna terang nan menyilaukan. Sobat Lakuuu bisa bereksperimen dengan warna gelap sebagai latar, seperti abu-abu, biru malam, dsb, lalu padukan dengan foto berwarna cerah.

7.  Pastikan Mudah Dikenali

Bisa tampilkan detail produk dalam iklan, misalnya menampilkan bagian yang menjadi kelebihan utama, seperti motif bordiran. Dengan begini, audiens akan tahu apa yang dijual dan kelebihannya.

8.
  Memunculkan Warna Cerah

Jika sebelumnya Sobat Lakuuu menggunakan warna-warna gelap sebagai latar, bisa ganti dengan warna lebih cerah. Kuning belakangan ini menjadi warna yang sangat diminati, apalagi jika dipadukan dengan foto, tapi pastikan elemennya minimal.

9.  Penempatan Teks yang Kreatif

Sobat Lakuuu juga bisa bermain dengan pemilihan dan penempatan teks. Misalnya, memadukan font besar dan kecil dengan pemilihan jenis font yang kreatif, tapi jangan sampai terlalu penuh sehingga membuat audiens sulit membacanya.

10.   Desain Minim yang menarik

Kesederhanaan juga bisa dijadikan ide promosi melalui email marketing. Buatlah sebuah desain dengan latar putih lalu tambahkan satu elemen di bagian tengah. Di bagian atas bisa tambahkan brand, nama produk di bagian tengah, dan teks pada bagian bawah.


11.   Kontras Membuat Berbeda

Membuat tampilan yang kontras sangat bagus ketika Sobat Lakuuu ingin membuat pengumuman pada audiens. Campurkan font yang beragam dengan campuran tipis dan tebal, juga ukurannya, rangkum semuanya dalam latar belakang netral.

12.   Fokuskan pada Gambar atau Tulisan

Sobat Lakuuu juga bisa mencoba ide email marketing Canva dengan menggabungkan gambar dan tulisan, lalu menjadikannya sebagai fokus. Dengan fokus pada bagian tertentu dapat membuat audiens tertarik membaca.

13.
   Seimbangkan Semua Elemen

Membuat desain yang sederhana tapi tetap menarik dan mengundang pembaca dapat dilakukan dengan menjaga keseimbangan. Tampilan gambar di bagian atas kemudian teks di bawah memang sederhana, tapi ngena ke pembaca.

14.   Pastikan Dapat Dibaca

Sobat Lakuuu bisa membuat desain dengan tulisan besar berwarna hitam berlatar putih, lalu sesuaikan ukuran font-nya. Dengan desain ini audiens pasti tidak akan kesulitan membaca dan mengerti pesan yang ingin disampaikan.

15.   Kombinasikan Berbagai Bentuk

Terakhir, bisa coba kombinasikan berbagai bentuk sehingga membuat tampilan lebih menarik dan unik. Misalnya membuat frame foto bulat, lalu membingkai tulisan dengan kotak.

Sobat Lakuuu juga bisa menemukan berbagai ide lainnya dengan bereksperimen dalam mendesain. Buatlah poster atau postingan yang unik dengan ide email marketing Canva untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.