Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Pelajari Ilmu Finansial dan Dapatkan 7 Manfaatnya

by Lakuuu Team 12 October 2021

ilmu-finansial
Sobat Lakuuu, nyatanya masih banyak orang yang belum memahami dengan benar masalah keuangan, mulai dari pengelolaannya, perhitungannya, hingga membuat rencana keuangan jangka pendek dan panjang. 

Mengelola keuangan adalah seni dan kemampuan yang harus dikuasai. Sebab, tanpa atau sedikitnya teori keuangan yang dimiliki, kita akan kesulitan dan bahkan mengalami krisis keuangan, akibat lalai dalam mengatur uang. 

Berikut, 7 manfaat yang akan Sobat Lakuuu dapatkan, apabila mempelajari ilmu keuangan dengan baik. 
7 Manfaat Belajar Keuangan untuk Hidup Lebih Sejahtera
Gambar: Photo by Green Chameleon on Unsplash
Mempelajari ilmu keuangan menjadi sangat penting, khususnya saat situasi sulit seperti sekarang ini. 

Dengan belajar bagaimana cara mengelola keuangan, kita mampu memanfaatkan uang yang ada dengan baik, dan membuat hidup jauh lebih bahagia.

Berikut ini adalah 7 manfaat lain mempelajari ilmu keuangan, khususnya keuangan pribadi.

1. Mampu Merencanakan Anggaran Sendiri
Gambar: Photo by Alexander Mils on Unsplash
Hal paling dasar saat belajar mengenai keuangan adalah cara merencanakan anggaran dengan efektif. 

Perencanaan keuangan sangat penting, mengingat kita hidup bukan hanya untuk hari ini, namun juga untuk hari esok dan esoknya lagi. 

Dengan belajar mengelola finansial, kita menjadi pandai untuk mengalokasikan dana sesuai dengan prioritas, serta mampu merencanakan keuangan untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang.

2. Melatih Membuat Keputusan Secara Mandiri
Gambar: Photo by Javier Allegue Barros on Unsplash
Tanpa Sobat Lakuuu sadari, selain memperkaya ilmu tentang keuangan, belajar ilmu finansial juga secara tidak langsung dapat meningkatkan skill dalam pembuatan keputusan. 

Menentukan anggaran, membuat skala prioritas, serta merencanakan keuangan masa depan merupakan contoh dari pembuatan keputusan mandiri yang Sobat Lakuuu lakukan.  

Jika skill ini terus diasah, bukan tidak mungkin Sobat Lakuuu bisa membuat keputusan-keputusan besar yang sangat dibutuhkan di perusahaan modern. 

3. Mengetahui Banyak Instrumen Keuangan 
Gambar: Photo by Firmbee.com on Unsplash
Hal lain yang sangat menguntungkan Sobat Lakuuu, saat belajar tentang keuangan adalah mengetahui lebih banyak mengenai produk atau instrumen keuangan. 

Investasi adalah salah satu contoh dari produk keuangan yang semakin hari semakin tinggi peminatnya, khususnya saat situasi seperti sekarang. 

4. Mencapai Kebebasan Finansial Lebih Awal
Gambar: Photo by rupixen.com on Unsplash
Siapa yang tidak ingin mencapai kebebasan finansial dengan cepat? Tidak melihat harga saat membeli barang-barang, bisa berlibur tanpa takut uang habis, atau bisa travelling sesuka hati. 

Selain bekerja keras, Sobat Lakuuu juga harus memahami bagaimana uang bekerja, agar bisa mewujudkan semua mimpi di atas. 

Dengan belajar ilmu keuangan, Sobat Lakuuu akan mengetahui cara mengumpulkan dan mengelola uang dengan baik, sehingga bukannya tidak mungkin, suatu saat nanti Sobat Lakuuu bisa mencapai kebebasan finansial, alias financial freedom. 

5. Mendapatkan Apa yang Kita Inginkan
Gambar: Photo by Jacek Dylag on Unsplash
Sobat Lakuuu sudah menabung untuk berlibur ke luar negeri. Namun, sayangnya, uang tersebut habis dibelanjakan untuk gadget keluaran terbaru. Akhirnya, Sobat Lakuuu terpaksa untuk menabung lagi, namun kali ini juga gagal. 

Tidak hanya belajar bagaimana cara mengumpulkan kekayaan, Sobat Lakuuu juga akan mempelajari bagaimana cara untuk merencakan keuangan dengan baik, sehingga Sobat Lakuuu bisa membeli apapun yang diinginkan, tanpa mengorbankan apapun.

Tentu saja, perencanaan yang dibuat telah melalui berbagai macam pertimbangan dan keputusan.

6. Hidup Lebih Sejahtera
Gambar: Photo by Fernando Brasil on Unsplash
Banyak orang yang meminjam uang di bank atau fintech yang gagal melunasi utang-utang mereka akibat kelalaian dan tidak mampunya mengontrol keuangan dengan baik. Membuat hidup mereka menjadi penuh ketakutan dan tidak damai. 

Cerita di atas akan sangat berbeda, apabila Sobat Lakuuu belajar ilmu finansial, dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Hidup akan lebih sejahtera dan Sobat Lakuuu tidak perlu mengkhawatirkan untuk tidak bisa melunasi hutang, ataupun hidup dari hutang ke hutang. Sebab, Sobat Lakuuu akan sebisa mungkin untuk tidak melakukan pinjaman. 

7. Menciptakan Rasa Tanggung Jawab sekaligus Bangga
Gambar: Photo by Bruno Adam on Unsplash
Uang kita adalah milik kita. Dengan demikian, Sobat Lakuuu memiliki tanggung jawab untuk tidak hanya menjaganya, tetapi juga mengelolanya. 

Menentukan anggaran serta merencanakan keuangan adalah tanggung jawab kita. Kita memegang kendali penuh kemana uang tersebut akan pergi, keputusan dalam menentukan prioritas, serta menetapkan anggaran.

Pastinya kita akan bangga terhadap diri sendiri, apabila mampu dan berhasil mengelola keuangan dengan baik, tanpa mengesampingkan atau mengorbankan apapun dalam hidup.