Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Internet Marketing VS Digital Marketing : Apa Perbedaannya?

by Lakuuu Team 24 September 2021

internet-marketing-vs-digital-marketing
Jika Sobat Lakuuu merupakan salah satu pemula yang akan terjun di bidang internet marketing maupun digital marketing. Terlebih dahulu Sobat Lakuuu harus tahu apa perbedaan dari internet marketing dengan digital marketing. Memang dari keduanya merupakan media pemasaran terbaru di melalui dunia maya, namun kedua istilah tersebut memiliki sedikit perbedaan. Sobat Lakuuu tahu mengenai adsense google? Ya, salah satu media internet marketing. Dengan metode gratisnya untuk bisa memperoleh penghasilan  tambahan dengan menampilkan sejumlah iklan di halaman website.

Kemudian tentang google ads, untuk yang satu ini berbeda dengan apa yang mimin sebutkan di atas tadi. Bahwasanya untuk produk google ini, merupakan media digital marketing. Yang mana melakukan suatu aktivitas pemasaran sebuah produk dengan menggunakan media digital atau internet. Selain produk google tersebut ada media Facebook ads, yang merupakan fitur dari sosial media, Facebook. Untuk fitur dari Facebook tersebut fungsinya sama yakni sebagai media digital marketing.

Sama-sama bergerak dalam bidang pemasaran di dunia maya, namun proses dan teknik yang digunakan berbeda, antara internet marketing dengan digital marketing. Mengenai perbedaannya, sudah mimin siapkan ulasan terbaru mengenai perbedaan pemasaran produk melalui internet marketing dengan digital marketing.

Bedanya Internet Marketing VS Digital Marketing

Pada dasarnya internet marketing seperti media adsense google, untuk pemasarannya bisa memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization), kemudian website, mobile marketing dan lain sebagainya. Yang mana merupakan salah satu teknik pemasaran suatu produk yang menarik. Sedangkan untuk digital marketing lebih kompleks lagi dari internet marketing. Untuk digital marketing bisa melalui pengiklanan sosial media, media internet, pengiklanan melalui pertelevisian dan masih banyak media lainnya, seperti google ads.

Masih seputaran digital marketing, jika Sobat Lakuuu mempunyai akun sosmed Facebook, Sobat Lakuuu pastinya lebih mudah lagi untuk melakukan aktivitas promosi produk Sobat Lakuuu. Karena memang di Facebook sendiri terdapat fitur Facebook ads. Yang mana merupakan bagian dari digital marketing. Nah untuk perbedaan yang paling mendasar, bisa Sobat Lakuuu pelajari ulasannya di bawah ini.

  • Pertama, mengenai arti dan maksud dari keduanya.

Terkait internet marketing sendiri, merupakan upaya yang dilakukan sejumlah orang untuk pemasaran suatu produk. Yang mana target utamanya adalah para pengguna internet. Internet marketing ini sering kali disebut dengan pemasaran online.

Sedangkan untuk digital marketing adalah upaya pemasaran produk atau brand yang mana menggunakan perangkat internet dan elektronik. Jadi jangkauan dari digital marketing ini sangatlah, selain melalui internet, digital marketing juga bisa melalui media elektronik.

  • Kedua, mengenai pemasarannya.

Internet marketing pemasarannya mencakup seluruh bentuk pemasaran suatu produk yang berhubungan dengan internet. Yang mana memanfaatkan teknik internet seperti SEO, website, mobile internet dan masih banyak teknik lainnya.

Sementara itu, digital marketing ini untuk pemasarannya tidak sebatas melalui internet saja. Melainkan bisa juga melalui platform elektronik digital. Seperti halnya pengiklanan melalui radio, maupun pertelevisian.

  • Ketiga, target utama dari internet marketing dan digital marketing.

Untuk target dari keduanya memang memiliki perbedaan yang signifikan. Teknik internet marketing merupakan para pengguna internet. Sedangkan untuk digital marketing adalah masyarakat luas, yang artinya tidak hanya para pengguna internet saja, melainkan orang yang memiliki media elektronik.

  • Keempat, kelebihan dari keduanya.

Bagi seseorang yang menggunakan teknik internet marketing, pastinya bisa menghemat waktu, bisa memperoleh feedback instan dan pastinya available 24 jam nonstop. Sedangkan bagi pengguna teknik digital marketing, bisa memperluas jangkauan pemasarannya, meningkatkan pemasukan usahanya dan pastinya memudahkan evaluasi usaha.

Dengan adanya teknik internet marketing yang bisa Sobat Lakuuu lakukan melalui media adsense google, pasti Sobat Lakuuu bisa untung banyak. Sementara itu, untuk yang menggunakan teknik digital marketing tidak kalah untungnya, melalui google ads maupun facebook ads Sobat Lakuuu bisa menjangkau jaringan internet secara luas. Dan untuk media digital elektroniknya Sobat Lakuuu bisa menggunakan pertelevisian maupun radio. Semoga bermanfaat.