Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Mengenal Istilah-istilah Dalam Facebook Ads

by Lakuuu 27 November 2021

istilah-dalam-facebook-ads
Promosi bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan Facebook dan memahami istilah-istilah dalam Facebook Ads. Facebook Ads adalah sebuah fitur yang dikembangkan Facebook untuk keperluan promosi dengan berbagai fitur luar biasa.

Ada sangat banyak istilah dalam Facebook Ads. Jika Sobat Lakuuu adalah pengguna baru Facebook Ads, maka beberapa istilah penting di bawah ini akan sangat berguna untuk Sobat Lakuuu.

Jenis-jenis Iklan di Facebook Ads

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berbagai istilah dalam Facebook Ads, Sobat Lakuuu dapat memilih beberapa jenis iklan Facebook. Berikut penjelasannya.

1. Page Likes

Pada fanpage akun bisnis, jumlah like sangat berpengaruh. Dengan ini Sobat Lakuuu bisa membangun kepercayaan konsumen dan bisnis jadi makin kredibel.

2. Event Responses

Jika Sobat Lakuuu mentarget market spesifik, jenis ini bisa digunakan. Ini juga berguna jika Sobat Lakuuu ingin mengadakan acara tertentu.

3. Click to Website

Pada jenis iklan ini terdapat tombol klik yang akan mengarahkan ke website tertentu. Jenis iklan ini hampir sama seperti page post engagement.

4. App Instal

Jika Sobat Lakuuu ingin mengiklankan aplikasi yang pernah dibuat, maka jenis iklan ini cocok untuk digunakan. Pasang iklan ini dan audience yang tertarik akan mengunduhnya.

Istilah-istilah Dalam Facebook Ads yang Perlu Diketahui

Istilah yang paling sering diucapkan dalam periklanan Facebook adalah Ad dan juga bagian dasar yang sangat penting. Akan ada cukup banyak materi iklan yang bisa Sobat Lakuuu sesuaikan dengan kebutuhan.

Ad dapat diartikan sebagai sebuah materi iklan yang berisi headline, konten iklan, website, copywriting, dan lainnya. Oleh karena itu, istilah ini menjadi bagian yang penting untuk membuat iklan di Facebook. Selain itu ada banyak istilah lainnya.

1. Ad set dan Ads Manager

Adset adalah sebuah struktur Facebook dimana pengguna dapat menentukan target pembaca berdasarkan lokasi, gender, umur, dan sebagainya. Pengguna juga bisa menentukan anggaran.

Ads manager adalah sebuah dashboard Facebook yang memuat adset, ad, dan keseluruhan campaign. Dengan ads manager dimungkinkan untuk membuat campaign baru serta mematikan atau menghidupkan iklan.

Selain itu dalam fitur yang termasuk salah satu dari istilah-istilah dalam Facebook Ads ini juga terdapat billing manager. Pengguna dapat melihat Riwayat pembayaran, sumber anggaran, serta ekspor ke tab laporan.

2. Campaign

Di dalam campaign terdapat ad dan adset. Dapat dikatakan bahwa campaign adalah suatu struktur yang berfungsi sebagai langkah awal untuk membuat iklan sebelum adset dan ad.

Sobat Lakuuu akan disediakan dengan beberapa opsi objective campaign. Ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pembuatan iklan seperti conversions, traffic, dan brand awareness.

3. CPM dan CPC

Istilah-istilah dalam Facebook Ads ini adalah kependekan dari cost per millions atau biaya yang dibutuhkan untuk 1000 tayang. Setelah 1000 pengguna Facebook melihat iklan Sobat Lakuuu makan aka nada tarif yang berlaku.

CPM umumnya berfungsi untuk tolak ukur performa sebuah iklan. Kinerja iklan dinilai baik jika biaya per 1000 tayangnya murah. Sedangkan untuk cost per click atau CPC adalah biaya yang berlaku setelah ada pengguna Facebook yang menekan iklan tersebut.

Istilah-istilah Dalam Facebook Ads yang Lainnya

Selain istilah yang sudah disebutkan diatas, masih ada banyak istilah lain. Facebook Ads memang suatu sistem yang besar dan kompleks dan tentunya istilah yang digunakan pun akan sangat banyak.

1. CTR

Untuk CTR adalah singkatan dari click through rate. CPR dapat diartikan sebagai rasio klik tayang. Klik yang dihasilkan dari sebuah iklan kemudian dibagi dengan jumlah penayangan dalam jangka waktu tertentu.

2. Daily Budget dan Lifetime Budget

Daily budget merupakan biaya atau anggaran yang dikeluarkan setiap hari. Budget Sobat Lakuuu akan disesuaikan dengan iklan yang dipasang.

Untuk lifetime budget adalah biaya yang sudah ditentukan dalam kurun waktu tertentu. Biaya ini menyesuaikan dengan lama waktu tayang iklan.

3. Video View dan Fanpage

Dari namanya mungkin Sobat Lakuuu sudah dapat menebak arti dari dua istilah ini. Video view merupakan fitur yang berisi hasil view dari audience dengan minimal durasi 3 detik.

Fanpage berguna untuk memisahkan antara kepentingan pribadi dan keperluan bisnis. Mengorganisir bisnis juga lebih mudah dengan menggunakan fanpage sehingga terlihat lebih profesional dan efisien.

4. Scale Up dan Scale Out

Scale up dapat digunakan untuk menambah anggaran atau budget iklan guna meningkatkan penjualan. Sobat Lakuuu bisa menggunakan fitur ini sesuai kebutuhan saja ya. Gunakan jika memang dirasa iklan yang dipasang belum bisa menarik banyak pelanggan.

Untuk istilah scale out adalah duplikasi iklan yang kinerjanya paling baik dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Jadi hampir sama dengan scale up Sobat Lakuuu hanya saja berbeda cara.

Promosi lewat Facebook sangat efektif dan efisien untuk keperluan bisnis. Setelah memahami istilah-istilah dalam Facebook Ads, Sobat Lakuuu bisa mulai mempersiapkan iklan yang tepat untuk produk yang akan dipromosikan.