Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Kemasan Produk yang Unik

by Lakuuu Team 22 September 2021

kemasan-produk-unik
Kemasan atau packaging merupakan satu hal yang sangat penting di dalam bisnis yang menghasilkan suatu produk. Selain berguna untuk melindungi produk, kemasan juga memiliki fungsi untuk meningkatkan nilai suatu produk karena estetikanya. Ya, Sobat Lakuuu harus mencari inspirasi packaging untuk membuatnya terlihat unik dan menarik.

Inspirasi Kemasan Produk Sobat Lakuuu Unik dan Menarik

Untuk Sobat Lakuuu yang bingung bagaimana cara membuat kemasan produk itu bisa unik dan juga menarik, ini dia inspirasi yang bisa Sobat Lakuuu tiru atau modifikasi:

1. Perhatikan Bahan Kemasan yang Sobat Lakuuu Gunakan

Inspirasi packaging yang pertama adalah perhatikan bahan kemasan yang akan Sobat Lakuuu gunakan. Pastikan barang yang ada di dalamnya itu terlindungi dari benturan sehingga bisa rusak. 

Tapi, selain itu Sobat Lakuuu juga harus menentukan bahan yang unik pula. Misalnya, saat ini para penggiat lingkungan saling berbondong-bondong untuk melestarikan alam dengan mengurangi jumlah plastik.

Nah, Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan kampanye ini dengan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan seperti kardus. Sedangkan untuk keamanannya yang biasanya menggunakan bubble wrap atau styrofoam kini Sobat Lakuuu bisa menggunakan kertas yang sudah tidak terpakai.  

Kertas tersebut bisa digunakan langsung atau digiling dan dibuat sedemikian rupa sehingga bisa mengamankan produk dengan baik.

2. Pilih Warna yang Kekinian

Ateriet.com
Selain bahan kemasan, Anda juga harus memilih warna yang kekinian juga. Warna-warna kekinian zaman sekarang itu cenderung menggunakan warna asli seperti kartun berwarna coklat, plastik berwarna bening, dan lain sebagainya.

Namun, jika Sobat Lakuuu ingin membuat warna yang berbeda pun tak masalah sama sekali. Sobat Lakuuu bisa menggunakan warna-warna kekinian seperti warna pastel, warna netral, atau warna-warna keren seperti maroon, cream, navy, army, dan lain sebagainya. Itu akan membuat siapa saja makin cinta dengan produk yang diinginkannya.

3. Perhatikan Font atau Gaya Tulisan

Pinterest.com
Sebagai pebisnis tentunya Sobat Lakuuu tahu seberapa pentingnya mencantumkan berbagai informasi di dalam sebuah produk. Informasi tersebut bisa berupa alamat cabang toko, kontak yang bisa dihubungi, media sosial, dan lain sebagainya. Selain itu, informasi juga bisa dalam bentuk voucher belanja.

Tentu saja tulisan-tulisan di atas itu harus dibuat dengan menggunakan jenis font bukan? Oleh karena itu, Sobat Lakuuu harus benar-benar memperhatikan gaya tulisan tersebut agar kemasan terlihat semakin menarik.

Jangan hanya mengandalkan font yang ada default dari komputer atau HP saja. Sobat Lakuuu bisa mengunduhnya di berbagai situs penyedia gaya tulisan ini. Pastikan tulisannya terlihat indah dan menarik.

4. Gunakan Pemanis

Uprint.id
Terakhir, untuk membuat kemasan Sobat Lakuuu menjadi unik menggunakan pemanis. Ya, pemanis ini sangat diperlukan karena bisa meningkatkan nilai jual berkali-kali lipat sekaligus sebagai perlindungan ekstra untuk barang yang ada di dalamnya.

Pemanis ini bisa dalam bentuk apa saja, Sobat Lakuuu bisa menggunakan pita, menggunakan tali rami, atau yang lainnya. Bahkan, Sobat Lakuuu juga bisa pesan stiker yang cantik untuk dipasang di kemasan agar lebih bagus, namun tidak punya fungsi melindungi.

Pastikan warna pemanis ini juga masih nyambung dengan warna kemasan agar nantinya tidak terlalu kontras. Pastikan hasil akhirnya terlihat indah dan manis.

Itu dia beberapa inspirasi packaging yang bisa membuat kemasan produk Sobat Lakuuu terlihat unik dan juga menarik. Jangan sampai Anda mengemasnya dengan asal-asalan sehingga pada akhirnya pelanggan kecewa dan tak ingin membeli lagi. Semoga dengan informasi di atas Sobat Lakuuu makin memperhatikan kemasan ya!