Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Alasan dan Keuntungan Memiliki Website untuk Bisnis Anda

by Lakuuu Team - 6 April 2021

keuntungan-memiliki-website
Jika kamu terjun ke dalam dunia bisnis di era modern ini, rasanya ketinggalan zaman jika kamu tidak membuat website untuk bisnis kamu. Selain itu, kamu dapat kehilangan calon konsumen, penjualan, dan juga keuntungan.


Menurut data dari Kantor Statistik Nasional di bulan Agustus 2010, penjualan melalui internet dalam seminggu dapat mencapai 473 juta, dan ada lebih dari 227 juta website yang terdaftar di bulan September 2010. Maka, dapat dibayangkan bagaimana pertumbuhannya di tahun 2021 ini.


Memiliki website tidak hanya terbatas pada perusahaan besar saja, kini semua pelaku bisnis bahkan dari kalangan kecil pun dapat merancang miliknya sendiri. Hanya dengan sebuah langkah kecil menuju sesuatu yang lebih besar dengan menggunakan teknologi internet.


Berikut ini adalah banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki website untuk bisnis kamu:

  • Menciptakan kesan pertama yang baik
Bagi konsumen yang loyal, hal ini tentu akan memberikan apresiasi positif terhadap bisnis kamu. Terutama jika kamu memulainya dari bisnis kecil, akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri jika bisnis perlahan-lahan mulai berkembang.


Dan bagi calon konsumen, kamu sudah memberikan kesan pertama yang lebih baik melalui website tersebut. Terutama jika tampilannya sangat memudahkan calon konsumen dalam menemukan produk yang ingin dibeli. Disertai dengan kontak informasi, baik itu telepon ataupun email, bahkan lebih baik lagi jika disertai dengan kolom chat yang ditangani secara langsung. Sehingga semua fitur tersebut dapat menarik calon konsumen potensial lebih banyak lagi.


  • Sebagai alat penjualan kuat lainnya
Dengan menyediakan forum bagi pengunjung website kamu, maka kamu menjadi lebih meyakinkan dalam mengenalkan produk ataupun brand kamu. Kamu juga dapat berinteraksi secara langsung dalam menawarkan promo khusus pada konsumen loyal kamu.

  • Terlihat mapan dan lebih siap
Bagi pemain baru dalam dunia bisnis, dapat memiliki website merupakan salah satu bentuk kesiapan dalam berkompetisi dengan kompetitor lainnya di dunia online. Konsumen pun dapat melihatnya sebagai bentuk kemapanan bisnis kamu, dan hal ini berhubungan dengan bagaimana konsumen melihat serta menaruh kepercayaan pada produk ataupun brand kamu.


  • Memiliki otoritas pada niche
Memiliki website-mu  sendiri berarti memberikan kamu otoritas terhadap niche yang akan digunakan. Membuat konten yang menarik sambil membangun brand kamu, adalah salah satu yang bisa kamu dapatkan dari pemberian niche yang tepat.

  • Salah satu cara untuk membuat daftar email konsumen
Dalam website umumnya terdapat fitur untuk mengajak pengunjung menjadi member dan hal ini tentu dapat meningkatkan konsumen yang potensial. Dengan alamat email tersebut, kamu dapat mengirimkan katalog online maupun informasi promo dan masih banyak lagi.

  • Analisis untuk meninjau upaya yang sudah dilakukan
Website memiliki salah satu fitur yang berkaitan dengan alat analitik yaitu Google Analytics. Yang dapat berfungsi sebagai pemberi informasi mengenai jumlah pengunjung website kamu beserta dengan lokasi, demografi, dan masih banyak lagi.


  • Meningkatkan visibilitas
Mungkin brand bisnis kamu belum terdengar gaungnya jika berkompetisi dengan banyak brand besar yang sudah ada saat ini di kalangan umum. Namun, bukan berarti sebagai pemain baru kamu tidak bisa mengenalkan brand kamu. Dengan memiliki website sendiri, keberadaan kamu dapat diketahui oleh lebih banyak orang.

  • Meningkatkan efektivitas pada iklan
Menempatkan alamat website kamu pada semua forum yang memungkinkan untuk menjaring konsumen baru, otomatis dapat meningkatkan efektivitas akan iklan produk kamu pula.

  • Menghemat biaya
Terdapat beberapa biaya yang sudah pasti dapat disimpan demi keberlangsungan bisnis kamu. Karena memiliki website, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya seperti percetakan dan distribusi katalog produk kamu. Semuanya terpampang secara mendetail pada katalog online kamu.


  • Akses yang lebih mudah ke calon konsumen
Kamu dapat mempromosikan website dengan membagikan linknya pada teman-teman maupun keluarga kamu, supaya mereka dapat membagikannya kembali pada lingkup pertemanan mereka. Atau kamu juga dapat membagikan linknya melalui forum ataupun media sosial yang dirasa dapat menjaring lebih banyak calon konsumen dengan cara acak.

  • Memiliki Identitas yang kuat
Website memiliki nama domain kamu sendiri, hal ini tentu membentuk suatu identitas brand online yang kuat. Kamu juga dapat membuat alamat email yang sesuai dengan nama domain tersebut, untuk menambah penguatan pada brand kamu.

  • Mudah digunakan dan selalu diperbaharui
Dibandingkan harus selalu menerbitkan katalog produk setiap kali ada produk baru maupun perubahan pada harga, jauh lebih mudah dan murah untuk memperbaharuinya pada website kamu. Konsumen pun juga tidak perlu bingung, karena sistem sudah mengaturnya dengan baik.

  • Memiliki desain yang dapat dilihat di banyak gadget
Dulu, website memiliki tampilan yang hanya enak dipandang ketika melihatnya melalui layar komputer maupun laptop. Jika ingin dapat dilihat juga oleh konsumen melalui layar ponsel, maka kamu harus membuat ulang website tersebut dalam format ponsel. Namun sekarang jauh lebih mudah karena website menyesuaikan sendiri tampilannya pada semua gadget yang sedang digunakan.


  • Membantu meningkatkan produktivitas
Dengan bantuan website, maka banyak hal yang dapat diringkas dan digunakan untuk aktivitas lainnya dalam meningkatkan produktivitas dan tentu saja pendapatan. Contoh metode konvensional yang dapat ditiadakan dengan adanya bantuan teknologi tersebut seperti banyaknya waktu yang biasanya dibutuhkan dalam menjelaskan produk kepada konsumen secara langsung.

  • Menginformasikan konsumen dengan detail dan cara yang sama
Mencantumkan informasi pada website, memungkinkan konsumen satu dengan lainnya teredukasi dengan baik dan dengan cara yang sama.

  • Memperluas lingkup bisnis
Dengan teknologi internet, memungkinkan bisnis kamu tidak hanya dapat diterima oleh kalangan lokal saja, namun juga ke seluruh dunia.

  • Membantu menemukan ataupun ditemukan oleh rekan bisnis
Kecanggihan teknologi dapat dengan spesifik memberikan kita informasi, sehingga dapat membuat kita menemukan dan ditemukan oleh rekan bisnis yang tepat.


  • Membantu menemukan pekerja baru.
Bisnis yang dibangun akan semakin kuat dengan adanya website. Hal ini juga memberikan dampak positif pada bagaimana para calon pekerja melihat potensi bisnis kamu sehingga pada saat kamu membutuhkan pekerja, kamu hanya tinggal menaruh lowongan tersebut pada halaman utama website atau biasanya pada bagian kolom ‘karir’.

  • Mendorong terjadinya komunikasi dua arah.
Lebih mudah bagi konsumen untuk berinteraksi secara langsung, entah itu menanyakan ketersediaan produk, bahkan mengisi formulir ataupun survei atas produk maupun brand kamu. Konsumen juga dapat mengirimkan umpan balik dan pendapat kepada kamu.

Meskipun penjelasan mengenai masing-masing keuntungan diatas cukup singkat, namun diharapkan kamu memahami konteks sebenarnya akan kegunaan website bagi bisnis kamu. Dengan banyaknya keuntungan yang dapat kamu miliki, rasanya sangat disayangkan jika kamu memulai bisnis tanpa membuat website untuknya.

Bagikan artikel

Artikel Terkait

tren-bisnis-online-2021
Insight
Tren Bisnis Online di Tahun 2021
Dalam dunia bisnis, terdapat tren yang tak dapat dipungkiri membawa...
model-bisnis-online-terbaik
Insight
Menentukan Model Bisnis Online Terbaik di antara Social Commerce, Marketplace, dan Website Commerce
Berkembangnya kecanggihan teknologi di era yang semakin maju, aktivitas jual-beli di pasar tradisional sedikit ditinggalkan...
persiapan-memulai-usaha
Insight
Persiapan Memulai Usaha Apapun dengan Meminimalisir Risiko
Persiapan memulai usaha sangat penting untuk dilakukan, lho. Baik itu usaha kuliner, wisata, jasa, atau jual beli barang apapun. Peluang dalam sebuah usaha sangat luas...
memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...