Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

10 Komoditas yang Diekspor Indonesia ke Luar Negeri

by Lakuuu Team - 20 October 2021

komoditas-yang-diekspor
Indonesia menyimpan banyak kekayaan alam dan sumber daya manusia yang berkualitas. Maka tak heran, banyak dari produk hasil alam, dan manufaktur diekspor ke luar negeri.

Tujuan diadakannya ekspor ini tentu saja tak lain dan tak bukan adalah untuk memberikan dampak yang baik bagi warga negara, serta membangun perekonomian nasional.

Bagi Sobat Lakuuu yang tidak tahu, berikut 10 komoditas ekspor Indonesia yang terkenal di hampir seluruh belahan dunia!

10 Komoditas yang Diekspor Indonesia ke Luar Negeri


Komoditas ekspor Indonesia adalah semua barang-barang yang diperjual-belikan oleh Indonesia ke negara lain.

Komoditas ini bisa dalam bentuk barang mentah, ataupun barang jadi yang siap digunakan. Kira-kira apa saja 10 komoditas ekspor terkenal Indonesia? Berikut informasinya.

1. Tekstil

Tidak hanya menjadi komoditas ekspor Indonesia, industri tekstil juga menjadi salah satu manufaktur terbesar di Indonesia, serta yang memiliki banyak tenaga manusia di dalamnya.

Tekstil seperti kain dan produk yang dihasilkan oleh Indonesia memang terkenal dengan kualitasnya yang terbilang tinggi, dan tidak bisa dianggap sebelah mata.

Adapun negara importir tekstil ini adalah amerika Serikat, Jepang, Hongkong, Meksiko, Spanyol, Arab Saudi, Kanada, Australia, Singapura, Sudan, Nigeria, hingga perancis.

2. Kayu

Komoditas selanjutnya yang menempati urutan kedua adalah kayu. Indonesia memang terkenal dengan area hutannya yng rimbun, dan tersebar luas di hampir seluruh pelosok provinsi Indonesia.

Maka tak heran, kayu dan produk olahannya, seperti mebel diminati oleh banyak negara.

Adapun negara-negara yang mengimpor kayu beserta olahannya adalah Jepang, Amerika Serikat, Tiongkok, dan Uni Eropa.

3. Kopi

Terdapat berbagai jenis kopi di Indonesia. Tapi, di antara semua jenis kopi yang ada, kopi Gayo asal aceh merupakan kopi yang menjadi komoditas ekspor favorit dari banyak negara.

Tidak hanya kopi Gayo, kopi Toraja juga menjadi komoditas ekspor yang paling diminati oleh banyak negara penikmat kopi, karena memiliki cita rasa yang kuat, dan sensasi pahitnya yang tidak melekat.

Negara tujuan ekspor ini adalah Italia, Malaysia, Hongkong, Thailand, Tiongkok, Vietnam, Jepang, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Pakistan, Bangladesh, dan Iran.

4. Rempah-rempah

Terima kasih kepada iklim cuaca di Indonesia, yang membuat tanahnya menjadi subur dan diberkahi dengan berbagai macam tumbuhan rempah-rempah berkualitas tinggi.

Indonesia sangat terkenal dengan keanekaragaman rempah-rempahnya. Hal ini bisa dilihat dari hidangannya yang menggunakan banyak rempah-rempah untuk menyedapkan masakan.

Tujuan negara dari komoditas rempah-rempah ini adalah Belanda, Tiongkok, India, Amerika Serikat, dan India.

5. Ikan dan Olahannya

Tidak hanya hasil buminya, Indonesia juga terkenal dengan hasil lautnya yang kaya dan melimpah.

Produk hasil laut Indonesia sudah mendapat pengakuan dari banyak negara, sebagai salah satu produk hasil lautan yang memiliki kualitas tinggi.

Tujuan negara komoditas ekspor hasil lautan ini adalah Jepang, Amerika Serikat, Hongkong, Korea Selatan, Spanyol, Portugal, Tiongkok, Kanada, Vietnam, dan Malaysia.

6. Batu bara

Faktanya, Indonesia memiliki cadangan batubara yang melimpah. Salah satu kekayaan alam ini, akhirnya diperdagangkan secara internasional ke banyak negara, seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan Vietnam.

7. Minyak Kelapa Sawit

Tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuatan produk kebersihan dan kosmetik, minyak kelapa sawit juga dimanfaatkan sebagai bahan tambahan makanan, dan biodiesel.

Produk minyak kelapa sawit ini banyak diekspor ke negara India, Malaysia, Singapura, Vietnam, Afrika Selatan, Spanyol, Italia, Turki, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Iran, Bangladesh, dan Pakistan.

8. Suku cadang

Selain tekstil, manufaktur terbesar di Indonesia dipegang oleh suku cadang otomotif.

Produksi suku cadang ini, tidak hanya diekspor ke luar negeri saja, tetapi juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, yang nantinya akan dijual kembali ke manufaktur lain, atau langsung ke pembeli.

Adapun negara tujuan ekspor suku cadang ini adalah Belgia, Amerika Serikat, Jepang, Italia, dan Inggris.

9. Kayu Manis

Sobat Lakuuu, tidak hanya di masakan Indonesia, kayu manis juga menjadi salah satu bahan baku olahan makanan yang terkenal di berbagai belahan dunia.

Setidaknya, dibutuhkan lebih dari 100 ribu metrik ton kayu manis per tahunnya, hanya untuk kebutuhan makanan di dunia.

Untungnya, Indonesia mendominasi ekspor kayu manis dunia sebesar 35%. Adapun tujuan negara ekspor kayu manis adalah Dubai, Malaysia, Amerika Serikat, dan Singapura.

10. Udang dan Lobster

Karena Indonesia memiliki wilayah lautan yang luas, maka sudah dipastikan biota laut, seperti udang dan lobster banyak ditemukan. Tak sedikit pula orang-orang yang membudidayakan udang dan lobster untuk dijual kembali.

Udang dan lobster asal Indonesia banyak di ekspor ke Asia Tenggara, seperti Jepang, dan negara adidaya Amerika Serikat. 
Bagikan artikel

Artikel Terkait

alasan-kompetitor-tawarkan-harga-murah
Insight
Perang Harga, Ini Alasan Kompetitor Tawarkan Harga Murah
Menjalankan suatu bisnis pasti tidak terhindar dari yang namanya perang harga, yaitu kondisi dimana antar pebisnis saling bersaing dengan menurunkan harga demi ...
bisnis-rumahan-yang-menguntungkan
Insight
Ini 5 Daftar Bisnis Rumahan 2021 yang Menguntungkan
Pada tahun ini, peluang usaha rumahan tengah marak dan digandrungi oleh berbagai kalangan. Bagaimana tidak? Anda dapat dengan mudah menjalankan bisnis ini ...
membangun-brand-identity-dengan-canva
Insight
5 Cara Mudah Membangun Brand Identity Hanya Dengan Bermodalkan Canva
Sobat Lakuuu pastinya sudah tidak asing lagi dengan Canva ya kan? Platform desain gratis yang dirancang khusus untuk ...
efek-pay-later
Insight
Menjadi Alat Utama Pembayaran, Ini 5 Efek PayLater yang Tidak Kamu Sadari
Sobat Lakuuu pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem pembayaran PayLater yang marak digunakan ini kan? Sistem pembayaran ...