Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Punya Bisnis Usaha Kekinian? Mailchimp Partner Tepatnya!

by Lakuuu 28 December 2021

mailchimp
Punya bisnis usaha kekinian tetapi bingung bagaimana cara mengelolanya? Tenang, dan tidak perlu khawatir karena kami memiliki solusi tepat untuk menjawab segala risau, Sobat Lakuuu!

Bukan zamannya lagi jika yang bisa memiliki usaha hanya seorang pemilik modal melimpah. Nyatanya, telah dibuktikan dengan maraknya kreasi anak bangsa melejit laku di pasaran tanah air. Bahkan beberapa telah menembus perdagangan internasional! Sebuah pencapaian luar biasa bukan? Namun, apa saja rahasianya?

Kami dengan yakin dapat menjawab, sebuah strategi marketing online dapat menaikkan langsung rasa penasaran calon klien atau konsumen Sobat Lakuuu. Salah satunya adalah memilih Mailchimp sebagai bisnis partner.

Bisnis Usaha Kekinian dengan Mailchimp Partnernya

Pertama kali Sobat Lakuuu membuka halaman Mailchimp, maka akan disuguhkan langsung dengan cerah warna kuning yang dapat menyegarkan suasana. Desain sederhana namun bisa memikat pengunjung web.

Ada juga Ikon Mailchimp berupa seekor monyet bertopi seakan riang menyambut kedatangan pengunjung web. Senyum jahilnya bahkan cukup untuk bisa menghibur calon pengguna layanan.

Terlepas dari tampilannya yang memanjakan mata, Mailchimp adalah platform untuk mempermudah seseorang atau perusahaan mempromosikan produknya dengan sistem marketing online. Sangat cocok digunakan untuk bisnis usaha kekinian.

Sobat Lakuuu bisa dengan mudah menjangkau pelanggan dan subscribers website agar selalu update berita terbaru dari produk yang ada. Belum sampai disitu saja kelebihan Mailchimp.

Platform yang berdiri sejak tahun 2001 ini, tidak memerlukan software khusus atau mengharuskan calon pengguna mendownload aplikasinya. Cukup mengetik nama Mailchimp pada mesin pencarian dan Sobat Lakuuu sudah bisa menemukannya.

Selain via email, fitur yang ditawarkan Mailchimp juga sangat banyak, seperti landing pages, Facebook ads, postcard serta Google remarketing ads. Sebuah cara campaigns menggiurkan para produsen suatu barang.

Terlebih, email atau update terbaru dari produk Sobat Lakuuu juga akan terkirim secara otomatis. Beberapa diantaranya adalah notifikasi pembelian, transaksi belum selesai, rekomendasi produk dan event-event tertentu.

Mengingat bisnis usaha kekinian sangat memanfaatkan era teknologi yang semua dirancang cepat dan praktis. Benar-benar website dengan marketing online terpercaya.

Beragam Keuntungan dengan Cara Mudah dan Kreatif

Sudah mengerti tujuan latar belakang dari kehadiran Mailchimp, rasanya tidak lengkap jika belum menjabarkan beragam keuntungannya. Platform ini diburu para kaum millennial bukan tanpa alasan, berikut beberapa poinnya :

1.  Bisa Membuat Tampilan Desain Website yang Menarik.

Akan lebih lengkap rasanya jika usaha bisnis kekinian mempunyai website dengan tampilan menarik. Setelah memasuki halaman baru, Sobat Lakuuu dapat memilih ‘Campaign’ yang digunakan untuk mendesain email konten marketing.

Dan tidak perlu khawatir bila ingin menggunakan desainnya kembali karena tersimpan pada bagian ‘Templates’. Untuk memulainya Sobat Lakuuu silahkan mengklik ‘Create Campaign’.

2.  Website Bisnis Kreatif

Mengelola usaha bisnis kekinian, Sobat Lakuuu juga akan semakin terasa memuaskan bila menggunakan berbagai tools kreatif yang disediakan Mailchimp. Memiliki fitur ‘Creative assistant’ sebagai direktur untuk mengenal lebih brand sendiri.

Menuntun sampai bisa menghasilkan marketing yang sesuai dengan jenis produk yang ditawarkan. ‘Brand Campaign’ akan memberikan wadah bagi pengguna untuk bisa selalu konsisten. Tidak ketinggalan, selalu tepat waktu dalam mengupdate marketing onlinenya dengan menentukan sebuah jadwal.

3.  Sekali Klik, Email Sobat Lakuuu Bisa Tersebar ke Banyak Pelanggan.

Langkah selanjutnya harus membuat daftar siapa saja pihak yang akan menerima email dari perusahaan Sobat Lakuuu. Ada tiga cara untuk membuatnya. Cara pertama, yaitu manual terbilang cukup banyak proses.

Sehingga, kami menyarankan untuk memilih cara lainnya, namun itu kembali pada Sobat Lakuuu sekalian. Kedua, input data sekaligus. Hanya perlu menyiapkan file Microsoft excel lalu menyimpan pada format CSV.

Terakhir adalah menggunakan layanan yang mendukung. Cara termudah dan paling umum yaitu menghubungkan dengan Google Contacts. Dengan begitu usaha bisnis kekinian Sobat Lakuuu bisa cepat menyentuh pelanggan.

4.  Wadah Berbagai Macam Campaigns

Campaigns digunakan sebagai strategi untuk menyebarluaskan informasi mengenai produk yang diluncurkan. Salah satu tujuannya, yaitu mendapatkan feedback dari apa yang Sobat Lakuuu tawarkan.

Ada 5 jenis campaigns pada Mailchimp. Pertama, Reguler Campaigns, merupakan kampanye umum dengan banyak fitur yang bisa digunakan sesuai kebutuhan karena memiliki perintah on atau off.

Seperti email konfirmasi berlangganan, notifikasi berhenti berlangganan dan bahkan dapat menerjemahkan bahasa masing-masing negara. Semua bisa diatur hanya dengan menggunakan fitur ini.

Selanjutnya, A/B Testing, berguna untuk mencari tahu kampanye seperti apa yang diminati, atau lebih menarik untuk ditawarkan kepada pelanggan. Ketiga, Sobat Lakuuu dapat langsung menghubungkannya dengan Facebook Ad.

Tidak harus membuka halaman webnya, pengguna tetap bisa mengatur segala iklan pada Facebook sesuai dengan keinginan melalui Mailchimp. Praktis dan sangat fleksibel akan waktu.

Plain Text, adalah fitur tambahan sejak dulu yang Mailchimp coba untuk tidak ditinggalkan. Terakhir, Mailchimp memiliki RSS, berfungsi mengirimkan konten baru pada pelanggan.

5.  Jangan Lupa Cek Perkembangan Campaign Mailchimp

Setelah membuat website marketing khusus bisnis usaha kekinian, Sobat Lakuuu pastinya juga ingin mengetahui segala perkembangannya. Untuk melihatnya, bisa mengklik Reports pada Dashboard.

Ragu ketika mencoba banyak cara untuk sistem marketing hanya akan membuat Sobat Lakuuu tertinggal. Berani berpikir kreatif dan inovatif merupakan sebuah tantangan tersendiri.

Namun, harus diingat, bila fleksibilitas dan jalan pikir sederhana juga mampu menuntun pebisnis muda menuju kesuksesan. Terlebih, sebuah bisnis usaha kekinian yang memilih Mailchimp sebagai sistem marketing onlinenya.