Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Internet Marketing: 7 Manfaat untuk Mengembangkan Bisnis

by Lakuuu Team 8 October 2021

manfaat-internet-marketing
Indonesia masuk ke dalam industri 4.0, di mana hal ini mengisyaratkan hampir sebagian besar sektor perekonomian Indonesia menggunakan basis internet sebagai motor penggerak operasional.

Di samping itu, rendahnya biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemasaran di dunia digital, menjadi alasan yang kuat banyak pebisnis yang memanfaatkan strategi internet marketing. 

Lalu, apa manfaat lain dari internet marketing untuk kepentingan bisnis online Sobat Lakuuu? Berikut informasi lengkapnya! 

1. Lengkapnya Fitur yang Tersedia
Gambar: https://unsplash.com/@mjessier

Dalam melakukan pemasaran secara online, Sobat Lakuuu membutuhkan beberapa peralatan atau tools agar bisa mengetahui situasi dan kondisi pasar. 

Tools ini yang nantinya akan mempermudah Sobat Lakuuu untuk membuat konten, menyiapkan campaign, dan merencanakan strategi pemasaran yang sesuai dengan market flow. 

Alat riset pasar, grafik pembelian, tren pasar, hingga alat pelacakan bersifat otomatis dan memiliki beragam opsi yang tersedia untuk melakukan pengiklanan.

2. Mampu Menjangkau Pasar yang Lebih Luas
Gambar: https://unsplash.com/@storyfuel
Berbeda dengan tekhnik pemasaran konvensional yang hanya bisa dilakukan di sekitar tempat bisnis tersebut berada, internet marketing mampu menjangkau target pasar yang lebih luas. 

Berkat kehadiran fitur-fitur dan tools internet marketing, target market semakin mudah dijangkau dengan jumlah maksimum orang yang terlibat di situs web Sobat Lakuuu. 

Tidak hanya target di dalam negeri saja, internet marketing dapat membuat bisnis Sobat Lakuuu dikenal di berbagai negara dengan penerapan strategi yang tepat. 

3. Membangun Relasi dengan Market
Gambar: https://unsplash.com/@merakist
Internet marketing tidak hanya berfokus pada penjualan, tetapi juga menitikberatkan kepada hubungan jangka panjang terhadap market atau pelanggannya. 

Bagaimana suatu bisnis bisa menjalin hubungan yang baik dan dalam waktu yang cukup lama adalah goals dari internet marketing. 

Menggunakan media sosial sebagai ajang interaksi, serta konten menarik yang memberikan informasi adalah dua contoh upaya membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dengan memanfaatkan internet marketing. 

4. Memudahkan Komunikasi
Gambar: https://unsplash.com/@solenfeyissa
Salah satu penerapan dari internet marketing adalah adanya kemudahan komunikasi dua pihak, yaitu antara pembeli dan penjual.

Banyaknya fitur-fitur yang bisa diandalkan, seperti fitur chat yang terdapat di dalam website yang memungkinkan calon pembeli “berkomunikasi” langsung dengan tim customer service, atau pemanfaatan WhatsApp dan email untuk pengaduan. 

Kolom komentar dan inbox sosial media juga merupakan salah satu sarana komunikasi yang mempermudah kelangsungan bisnis Sobat Lakuuu. 

5. Mampu Menekan Biaya Pemasaran
Gambar: https://unsplash.com/@sharonmccutcheon
Sobat Lakuuu, terdapat selisih biaya pemasaran yang cukup besar antara pemasaran offline dengan pemasaran online. 

Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang memilih memasarkan produk atau bisnis mereka secara online.

Karena sifatnya yang mendunia, iklan tersebut bisa Sobat Lakuuu sesuaikan dengan target yang diinginkan, di negara mana akan tayang, preferensi, jenis kelamin, umur dan bahkan kesukaan audiens. 

6. Mampu Melacak Kesuksesan Kampanye
Gambar: https://unsplash.com/@hostreviews
Melanjutkan poin nomor lima, poin ini yang menjadi kelebihan lain yang dimiliki internet marketing daripada penggunaan strategi marketing yang lain.

Dengan internet marketing, Sobat Lakuuu dapat dengan mudah melacak tingkat kesuksesan suatu kampanye atau iklan. Kampanye atau iklan mana saja yang menarik dan mendatangkan pembeli, dan mana saja yang kurang peminatnya. 

Sobat Lakuuu dapat dengan mudah mengadakan evaluasi dan menganalisis kinerja suatu materi konten yang efektif dan mana yang tidak. Headline, jenis teks, dan tema konten mana yang tinggi ratio nya dan mana yang sebaliknya. 

Tentu saja, dengan adanya sistem pelacakan ini akan mempermudah Sobat Lakuuu untuk menyiapkan dan membuat konten, serta melakukan pemasaran yang baru. 0

7. Semakin Untung dengan Sistem Pelayanan 24 Jam
Gambar: https://unsplash.com/@theblowup
Sobat Lakuuu pasti akan kesal apabila sedang membutuhkan produk tertentu, tapi toko yang menjual barang itu malah tutup, iya kan?

Berbeda dengan toko offline, toko online akan siap melayani Sobat Lakuuu selama 24 jam non-stop. 

Sobat Lakuuu bisa membeli berbagai macam produk di mana saja dan kapan saja, tanpa rasa khawatir karena toko tutup, atau membayar lebih pekerja yang bertugas malam.

Di sinilah bagaimana Sobat Lakuuu mampu menghasilkan cuan yang lebih tinggi melalui pemanfaatan internet marketing. 

Dengan menerapkan pemasaran internet, akan membuat bisnis Sobat Lakuuu semakin berkembang dan mencapai puncak dengan cepat.