Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Pemilik Toko Online Wajib Memanfaatkan 5 Fitur Instagram Bisnis Ini!

by Lakuuu Team 12 August 2021

memanfaatkan-5-fitur-instagram-bisnis
Fitur Instagram bisnis tentunya dapat membantu untuk mengembangkan bisnis. Fitur tersebut yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan promosi. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan tidak berbayar atau gratis.

Media sosial seperti Instagram kini menjadi sarana untuk meraih keuntungan. Apabila dahulu Instagram hanya digunakan untuk ekspresikan diri. Kini penggunaannya untuk dapat membantu bisnis Sobat Lakuuu.

Banyak fitur Instagram yang digunakan untuk meningkatkan penjualan. Adanya persaingan antar kompetitor yang semakin luas. Terkadang, kompetitor dapat meraih pelanggan Sobat Lakuuu.

Inilah Beberapa Fitur Instagram Bisnis Untuk Digunakan

Untuk dapat memperluas jangkauan pelanggan Sobat Lakuuu. Sebaiknya juga perlu menggunakan fitur Instagram. Untuk itu ketahui beberapa fitur Instagram yang dapat digunakan pemilik bisnis berikut ini. 

Instagram Story

Instagram Story atau Instastory merupakan fitur yang banyak digunakan tentunya oleh pengguna Instagram. Baik itu para pengguna biasa atau juga pebisnis. Cara menggunakannya cukup mudah. Hanya dengan mengunggah foto atau video singkat. Lalu, juga dapat menambahkan kata atau stiker yang tersedia. Hal itu agar menjadikan tampilannya yang lebih menarik.

Adanya penelitian yang dilakukan oleh Instagram. Setiap harinya ada 400 juta Instagram Story yang dibuat di seluruh dunia. Indonesia termasuk negara yang paling sering untuk membuat konten. Terutama dengan menggunakan fitur Instagram Story untuk bisnis. Fitur Instagram ini memang banyak digunakan oleh pengguna yang lebih menyukai konten dari Instagram Story.

Bahkan secara global ada 52 persen yang memilih untuk melihat konten dari Instagram Story. Hal itu karena pada fitur ini terdapat fitur lainnya lagi. Seperti halnya Instagram Quiz, Polling, atau Ask Me Question. Fitur tersebut tentunya akan membantu Sobat Lakuuu mempromosikan produknya. 

Instagram Live

Fitur Instagram lainnya banyak digunakan pengguna Instagram kategori milenial. Hal ini karena sebagai ajang untuk dapat mengekspresikan diri. Bahkan, sering kali dengan cara tersebut banyak pengguna yang ikut menontonnya. 

Melihat kesempatan tersebut, memang sebaiknya Sobat Lakuuu juga ikut menggunakan fitur Instagram Live untuk bisnis. Sobat Lakuuu dapat memperkenalkan produk terbaru dan program khusus live. Selain itu juga memberitahukan diskon terbatas bagi yang menontonnya.

Apabila Sobat Lakuuu sudah memaksimalkan penggunaannya dengan baik. Nantinya akan dapat membantu meningkatkan penjualan produk. Cara ini tentunya tidak memerlukan biaya besar. Sobat Lakuuu hanya membutuhkan kuota internet yang stabil. 

Highlight

Instagram Story hanya dapat digunakan mengunggah foto atau video selama 24 jam. Apabila Sobat Lakuuu merasa Instastory tersebut penting untuk para follower atau pelanggan. Maka Sobat Lakuuu dapat menyimpannya di fitur Highlight.

Caranya dengan memilih story yang ingin disimpan, kemudian perlu menekan Highlight.  Highlight  tersebut yang terdapat pada bagian bawahnya. Namun, apabila story yang ingin disimpan ternyata sudah lama. Sobat Lakuuu dapat mencarinya di folder Archive yang letaknya pada bagian kanan profil Instagram.

Fitur Instagram bisnis ini termasuk cara paling mudah untuk menempatkan katalog produk. Sobat Lakuuu dapat menyusun berbagai macam produknya. Tidak hanya itu, Sobat Lakuuu juga dapat menempatkan tata cara pemesanan dan testimoni dari pelanggan. Bahkan juga mengenai promo khusus terhadap produk-produk tertentu. 

Setiap toko online di Instagram pastinya akan menonjolkan keunikannya masing-masing. Sebaiknya mencari insight yang berbeda, sehingga bisnis Sobat Lakuuu lebih dilirik daripada kompetitor. Apabila menyusunnya lebih rapi dan baik. Maka potensi untuk meningkatkan penjualan produk lebih mudah. 

Hashtag Instagram

Hashtag atau tagar merupakan fitur gratis yang dapat Sobat Lakuuu manfaatkan. Tentunya untuk dapat memudahkan pembeli saat mencari produk yang diperlukan. Sebaiknya Sobat Lakuuu dapat membuat tagar yang unik dan khusus. Tagar tersebut yang ada kaitannya dengan bisnis yang dijalankan.

Sobat Lakuuu perlu menghindari penggunaan tagar yang berlebihan. Hal itu karena tagar yang berlebihan akan menjadi tidak efisien. Sehingga akan mengganggu pengguna Instagram. Saat Sobat Lakuuu melihat penggunaan fitur Instagram bisnis banyak hashtag pada unggahan kompetitor.

Hal itu menandakan bahwa kompetitor saat ini sedang meningkatkan penjualan. Pastikan untuk menggunakan hashtag Instagram yang unik dan original.  Hashtag Instagram fungsinya untuk menampilkan seberapa sering konsumen mencari produknya.

Instagram TV

Fitur Instagram lainnya yang termasuk baru adalah Instagram TV. Keuntungan menggunakan fitur ini memiliki durasinya tidak terbatas. Apabila dibandingkan dengan memasukkan video di unggahan atau Instagram Post.

Durasinya hanya sekitar satu menit atau di Instagram Story yang durasinya hanya 15 detik. Maka Sobat Lakuuu dapat memanfaatkan fitur Instagram TV. Sobat Lakuuu dapat menggunakan fitur tersebut untuk keperluan promosi produk.

Mengemas kontennya dengan baik melalui Instagram TV. Hal itu merupakan kunci untuk memperoleh pelanggan baru. Sehingga Sobat Lakuuu dapat menggunakan Instagram TV semaksimal mungkin. Nantinya akan berdampak positif pada perkembangan bisnis yang dijalankan. 

Fitur Instagram bisnis tentunya akan sangat membantu keperluan promosi. Sehingga dapat meningkatkan penjualan produk.