Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

8 Langkah Membuat Aplikasi Android Terbaik dan Termudah

by Lakuuu - 30 December 2021

membuat-aplikasi-android
Menciptakan aplikasi android terbaik memang menjadi keinginan bagi banyak orang sekarang. Terlebih lagi sistem operasi inipun paling banyak digunakan di dunia dibandingkan dengan iOS. Jadi jika Sobat Lakuuu sampai mampu menciptakan apk-nya sendiri, maka peluang buat memperoleh keuntungan ternyata cukup besar.

Seperti sudah diketahui, android merupakan salah satu sistem operasi berbasis mobile dimana diciptakan pertama kali oleh Andy Rubin 2003 silam. Hingga saat ini, keberadaannya ternyata semakin merajai pasar dunia lho. Bahkan kemungkinan besar, Sobat Lakuuu juga termasuk salah satu pemiliknya.

Berdasarkan data yang dibuat secara internasional menyatakan bahwa hampir 72 persen user dari perangkat mobile sudah menggunakan android sebagai sistem informasi didalamnya. Jangan heran jika semakin banyak perusahaan maupun perorangan tertarik buat menciptakan aplikasi android terbaik.

Sebagai contohnya, di Playstore, sobat Lakuuu bahkan bisa menemukan ratusan bahkan ribuan lebih keberadaan APK yang bisa diunduh secara gratis maupun berbayar. Tertarik buat mencobanya? Maka Sobat Lakuuu wajib buat menyimak ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Aplikasi Android Terbaik

Saat ini, menciptakan apk untuk sistem operasi ini ternyata sedang dilakukan oleh suatu perusahaan ataupun perorangan dimana ingin melebarkan bisnis ke dalam dunia teknologi informatika. Sejak adanya Android maka pengembangan berbagai macam jenis apk mobile semakin bermunculan.

Inilah yang membuat sejumlah orang akhirnya tertarik buat menciptakan apk mereka sendiri baik untuk keperluan pribadi ataupun dijual ke sejumlah klien agar memperoleh keuntungan jauh lebih besar. Jika sobat Lakuuu merupakan salah satu dari sekian banyak orang dimana tertarik membuat aplikasi android terbaik, maka sebaiknya simak ulasannya berikut:

1. Tentukan Tujuan Dari Pembuatan

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah tujuan dari pembuatan apk tersebut. Sebagai contohnya, apabila buat perusahaan, situs jual beli online ataupun tujuan lainnya. Keberadaan tujuan inipun ternyata sangat penting karena bisa mendekatkan calon konsumen dengan apk tersebut.

2. Pilih Penggunaan Aplikasi

Jika sudah menentukan tujuan apakah dalam pembuatan apk-nya, maka agar bisa menciptakan aplikasi android terbaik akan sangat tergantung dengan penggunaan softwarenya.

Terlebih lagi, dalam proses pembuatan apk android, maka membutuhkan namanya coding cukup rumit.

Namun jangan khawatir karena ternyata sudah banyak aplikasi atau software yang tidak membutuhkan coding ataupun proses coding sangat mudah..

3. Cobalah Mulai Merancangnya

Masih ada langkah lainnya yang harus dicoba yakni mulailah buat merancangnya. Cobalah gunakan aplikasi pembuatan software terbaik dimana sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan merancang. Biasanya buat masuk ke dalamnya diharuskan melakukan log in terlebih dahulu.

4. Tambahkan Fungsi ataupun Aktivitas

Berikutnya, sobat Lakuuu juga bisa menambahkan fungsi ataupun aktivitas didalam apk android tersebut. Fungsi inipun akan muncul sebagai layar baru didalamnya. jangan lupa menyesuaikan tampilannya dengan teks ataupun isi konten di dalamnya. Jangan lupa agar selalu memperhatikan tata letaknya dengan baik sehingga akan terlihat bagus.

Cara Membuat APK Android Lainnya

Agar mampu menciptakan aplikasi android terbaik, maka masih ada sejumlah cara lainnya yang harus diperhatikan dengan baik. Termasuk beberapa cara berikut sehingga dapat berpengaruh terhadap layak atau tidak aplikasinya tersebut.

1. Membuat Story Board Aplikasi

Didalam proses inilah, sobat Lakuuu akan menuangkan semua konsep-konsep yang ada di pikiran ke dalam bentuk desain. Tentunya tujuannya adalah agar memperoleh seperti apakah gambaran yang lebih jelas ataupun berguna. Berhati-hatilah ketika melewati tahapan ini karena jika kualitasnya buruk maka akan mengecewakan.

2. Membuat Back End

Back end disini merupakan panggung dari bagian belakang tempat sobat Lakuuu akan menyimpan data nantinya. Intinya dalam melakukannya, maka sobat Lakuuu akan membutuhkan namanya aplikasi tambahan. terdapat beberapa software dimana berikan kemudahan dalam membuatnya.

3. Segera Lakukan Uji Coba

Ingin mengetahui bagaimanakah kualitas dari apk-nya maka jangan lupa melakukan uji coba sekarang juga. Walaupun aplikasinya sudah berhasil dibuat, tetapi belum tentu dapat diakses dengan lancar. Cobalah minta review dari orang lain ketika sedang menggunakan apk tersebut.

4. Merilis APK

Jika pengujian sudah dilakukan maka langkah berikutnya adalah dengan merilis aplikasinya. Cobalah bagikan terlebih dahulu kepada orang-orang terdekat. Perlu diingat bahwa sobat Lakuuu harus melakukan update aplikasi secara rutin.

Keuntungan Punya Aplikasi Sendiri

Dengan menciptakan aplikasi sendiri ternyata dapat memberikan banyak keuntungan menarik untuk Sobat Lakuuu lho. Pertama yakni adanya kesempatan buat menjualnya kepada klien sehingga akan memperoleh komisi. Jangan salah! Apabila apk-nya berkualitas maka komisinya cukup besar.

Selain menjualnya kepada klien, sobat Lakuuu juga dapat menjualnya ke user di toko aplikasi secara gratis. Pemilik dapat menentukan berapa harga dari apk tersebut sendiri yakni mulai dari 10.000.  Bahkan kesempatan untuk memperoleh sponsor dari perusahaan untuk kampanye produk semakin tinggi.

Membuat aplikasi sendiri memang sedang diminati oleh sejumlah orang karena banyaknya keuntungan yang akan diperoleh. Terlebih lagi jika sobat Lakuuu mampu menciptakan aplikasi android terbaik, maka pundi-pundi uang dijamin akan masuk ke dalam kantong.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

alasan-kompetitor-tawarkan-harga-murah
Insight
Perang Harga, Ini Alasan Kompetitor Tawarkan Harga Murah
Menjalankan suatu bisnis pasti tidak terhindar dari yang namanya perang harga, yaitu kondisi dimana antar pebisnis saling bersaing dengan menurunkan harga demi ...
membangun-brand-identity-dengan-canva
Insight
5 Cara Mudah Membangun Brand Identity Hanya Dengan Bermodalkan Canva
Sobat Lakuuu pastinya sudah tidak asing lagi dengan Canva ya kan? Platform desain gratis yang dirancang khusus untuk ...
efek-pay-later
Insight
Menjadi Alat Utama Pembayaran, Ini 5 Efek PayLater yang Tidak Kamu Sadari
Sobat Lakuuu pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem pembayaran PayLater yang marak digunakan ini kan? Sistem pembayaran ...
pentingnya-review-dan-testimoni-untuk-bisnis
Insight
Pentingnya Review dan Testimoni Untuk Bisnis Agar Semakin Sukses
Pentingnya review dan testimoni untuk bisnis dimasa sekarang dan masa depan tentulah sangat berpengaruh. Mungkin belum begitu banyak yang menyadari manfaat dari ...