Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Bisnis Proposal

by Lakuuu Team 28 July 2021

membuat-bisnis-proposal
Hal yang perlu diperhatikan saat membuat bisnis proposal akan kita bahas di bawah ini. Sangat berfungsi untuk menjadikan presentasi berjalan dengan aman dan nyaman pada rekan kerja.

Ide yang kita miliki dalam mewujudkan suatu bisnis atau usaha ini akan tertuang dalam tulisan. Selain itu harus mudah kita pahami dan bersifat informatif.

Menjamin bahwa memiliki plan untuk mewujudkannya pada masa mendatang. Nah sebelum menyusunnya alangkah lebih baik jika kita memperhatikan beberapa hal yang akan kita bahas ini.

Suatu bisnis akan lebih meyakinkan jika memiliki relasi dalam jangka panjang. Dengan menyertakan anggaran dana, waktu, SDM, dan fokus market.

Langkah Penting Membuat Bisnis Proposal

Sebelum memulai menulis dengan langkah yang benar, Sobat Lakuuu sebaiknya mengetahui apa yang klien butuhkan. Pelajari lawan bicara akan baik dalam menyusun strategi.

Analisis Klien

Pertama dan paling utama adalah menganalisa bagaimana klien yang kita hadapi. Mereka cenderung menginginkan apa dari perusahaan yang akan mereka berikan investasi.

Maka kita akan memfokuskan pada permasalahan kebijakan dan manajemen. Lakukan riset yang berasal dari pihak yang pernah atau sedang bekerja sama sebelumnya.

Kita secara otomatis juga sedang mengembangkan relasi bukan? Maka dari itu kita akan bisa memberikan bisnis proposal yang tepat dan berkualitas.

Metode yang Tepat

Langkah selanjutnya analisis mengenai bisnis yang Sobat Lakuuu tawarkan. Mulai dari analisis keuangan, potensi dari sebuah usaha tersebut.

Tunjukkan apa yang bisa membuat bisnis tersebut tidak mungkin tertolak dari hasil riset. Jangan lupakan contoh yang berpotensi akan membuat pertanyaan menggiring.

Sebelum mereka tanyakan akan lebih baik kita siap dengan jawaban. Atau juga menjelaskan dengan lugas dan tepat, tidak bertele-tele.

Semua harus memiliki solusi yang logis. Alasan apapun pasti memiliki solusi yang bisa kita berikan dengan referensi yang valid.

Evaluasi

Bisnis proposal yang baik akan memberikan evaluasi secara logis. Maka kita akan mendapatkan berbagai evaluasi yang tepat sasaran untuk presentasi.

Dari sebuah keuntungan akan ada evaluasi terkait dengan sebuah bisnis tersebut. Oleh karena itu akan lebih baik jika kita tetap mempertimbangkan jangka panjang juga.

Rencana kedepan dan memberikan ide atau bagaimana nantinya. Tidak hanya berhenti dengan satu misi yang sudah tercapai, namun terus berinovasi.

Susunan Bisnis Proposal

Pahami susunan dengan baik, mulai dari latar belakang mengenai bisnis tersebut. Kedua berisikan tujuan dari sebuah proposal secara tepat.

Setelah itu berisi metode yang kita gunakan seperti yang kita bahas sebelumnya. Waktu atau jangkauan untuk mengembalikan modal usaha dan mendapatkan keuntungan secara bersih.

Maka setelahnya berisikan analisis keuangan. Sobat Lakuuu sebaiknya memberikan rincian analisa mulai dari biaya produksi dan lainnya secara detail.

Keunggulan dari bisnis juga menjadi bahasan yang penting. Para klien akan berfokus pada, kenapa harus memilih bisnis kita.

Keuntungan

Proposal yang baik akan menjabarkan dengan tepat semua kelebihan dari sebuah bisnis. Jika daripada usaha lainnya.

Maka akan lebih baik jika kita tetap menunjukan kualitas dan bagaimana keuntungan dari bekerja sama. Seperti sedang membentuk branding kepada pihak luar demi sebuah pengakuan.

Usahakan tetap menggunakan bahasa yang realistis. Dengan ini kita akan meyakinkan tidak hanya sekedar rencana atau bualan belaka.

Memberikan sumber yang terjamin dari segi kredibilitas terpercaya. Maka kita akan membuat secara profesional dengan menyertakan visualisasi dengan tabel, grafik juga illustration.

Bisnis proposal akan membantu kita memberikan branding yang sesuai dengan yang tersusun. Maka Sobat Lakuuu sebaiknya tetap memperhatikan penyusunan dengan tepat.