Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Cara Memilih Nama Brand yang Tepat Untuk Bisnismu

by Lakuuu Team 27 August 2021

memilih-nama-brand
Dalam membuat sebuah brand pasti tidaklah mudah. Salah satunya adalah cara memilih nama brand yang akan berpengaruh pada sebuah usaha. Nyatanya memilih nama brand harus mempertimbangkan banyak aspek.

Nama brand merupakan suatu hal yang paling penting dalam sebuah bisnis. Pasalnya akan menggambarkan dan mewakili identitas bisnis tersebut. Pemberian nama juga tidak boleh asal-asalan.

Biasanya nama memiliki filosofi dan makna tersendiri. Hal ini akan berpengaruh pada pamor bisnis di kalangan masyarakat luas. Dengan nama yang menarik pastinya semua orang akan lebih mudah mengenalnya.

Cara Memilih Nama Brand yang Terbaik

Kedepannya nama brand akan terus membekas bagi siapapun. Pasalnya orang akan mengingat sebuah brand dari namanya. Sehingga harus dengan prosedur yang sesuai.

Berikut adalah tips bagi Sobat Lakuuu yang akan memilih nama dari sebuah brand.

Brainstorming

Jika memiliki rekan bisnis akan lebih baik jika melakukan brainstorming terlebih dahulu untuk menentukan nama brand. Hal ini bertujuan agar bisa menambah ide baru yang kreatif. Setelah itu perlu adanya penjabaran terkait bisnis yang sedang berjalan.

Nanti nama brand akan menyesuaikan dari kategori bisnis tersebut. Kemudian bisa menuliskan kata kunci untuk membuat nama. Kata kunci tersebut berasal dari jenis bisnis, target pasar, produk, dan lain sebagainya.

Brand yang Belum Terpakai

Seseorang akan mengenal nama brand terlebih dahulu sebelum mereka mengetahui nama pemiliknya. Agar nama brand tidak sama dengan yang lainnya maka perlu pencarian melalui Google. Tujuannya agar tidak ada kesamaan nama dan menjadi nama brand yang unik.

Selain melakukan pengecekan melalui Google, cara memilih nama brand yang baik dan benar bisa melakukan pengecekan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Hasilnya pasti lebih akurat dan terpercaya. Sehingga brand yang akan dibuat tidak ada unsur plagiat.

Nama yang Unik

Membuat nama brand yang unik memang tidak mudah. Tetapi menggunakan nama unik akan membuat orang-orang mudah mengingatnya. Jika Sobat Lakuuu lihat banyak nama brand lokal yang sudah terkenal hingga kancah internasional.

Tentu salah satu pengaruh dari nama yang unik membuat orang-orang semakin suka menggunakan produk dari brand tersebut. Sehingga bisnis akan semakin lancar dan menunjukkan eksistensinya ke berbagai wilayah.

Mudah Diucapkan

Cara memilih nama brand selanjutnya dengan menentukan kata yang mudah diucapkan. Dalam hal ini bisa menggunakan nama gabungan, nama belakang dari pemilik, dan lain sebagainya. Sehingga seseorang akan mudah mengingat dan mengucapkannya.

Bermakna Positif

Sebuah bisnis yang besar kebanyakan memiliki visi dan misi jelas. Termasuk mereka menyisipkan pemaknaan nama dari sebuah bisnis. Hal ini sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis tersebut.

Nama harus mengandung makna positif karena termasuk harapan dan cita-cita dari bisnis tersebut. Karena makna yang positif pastinya produk, layanan, dan jasa akan terus mengalir ke berbagai wilayah hingga terkenal. Dengan begitu keuntungan dari bisnis juga semakin bertambah.

Lakukan Riset Terhadap Kompetitor

Cara memilih nama brand memerlukan rangkaian proses yang panjang. Dalam hal ini termasuk riset kompetitor. Tujuan dari riset tersebut adalah mencari produk yang serupa dengan milik Sobat Lakuuu.

Kemudian ambil semua hal positif yang bisa dilakukan. Tentukan sasaran atau target pasar sebelum membuat nama brand. Sehingga nama tersebut akan sesuai dengan mereka yang akan mengonsumsi.

Nama Brand Bisa Menjadi Cerminan Produk

Ada satu hal yang harus ada dalam sebuah nama yaitu cerminan produk. Pada dasarnya nama akan menjadi dasar seseorang membeli sebuah produk. Tak heran jika nama memiliki pengaruh yang besar untuk kelangsungan sebuah bisnis.

Jika produk yang tersedia untuk wanita maka cantumkan nama sesuai dengan kepribadian seorang wanita. Sama halnya dengan produk makanan, usahakan masih berbau makanan dan dapur. Begitu seterusnya untuk bisa mendapatkan nama yang mencerminkan dari produk.

Desain Logo yang Memiliki Karakter

Cara memilih nama brand yang baik juga harus berimbang dengan desain logo berkarakter. Hal ini harus dengan desain yang menarik. Sobat Lakuuu harus bisa menentukan pemilihan warna logo yang sesuai. Sehingga akan menarik perhatian para calon konsumen.

Usahakan untuk memberi kombinasi warna yang tidak terlalu ramai agar semua orang mudah melihatnya. Warna yang netral juga membuat orang-orang mudah untuk mengingat brand tersebut. Namun, warna dalam sebuah brand harus jelas dan matang tampak tajam dari berbagai sisi.

Logo juga harus memiliki makna penting terhadap bisnis yang sedang berjalan. Mengingat bahwa logo adalah gambaran dari visi dan misi dari bisnis tersebut. Tidak lupa buatlah logo dengan bentuk yang simpel tetapi unik. Hal ini akan memberikan perpaduan yang sangat ciamik.

Nah, itulah cara memilih nama brand yang baik dan benar. Pastikan bahwa Sobat Lakuuu selalu melakukan setiap prosesnya dengan maksimal. Sehingga nama brand akan tercipta sesuai dengan kebutuhan.