Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Begini Menerapkan Analisis SWOT untuk Diri Sendiri

by Lakuuu - 26 December 2021

menerapkan-analisis-swot
Menerapkan analisis SWOT ternyata tidak hanya untuk kepentingan usaha saja, tetapi juga bisa digunakan dalam mengenali diri sendiri lho! Sobat Lakuuu yang masih belum tahu atau belum merasa mengenal dengan dirinya sendiri bisa menggunakan cara ini.

Tentu ada beberapa langkah yang harus diterapkan agar bisa mengenal diri sendiri. Mengenal diri sendiri adalah hal yang penting sebelum mengenal orang lain. Dengan mengenal diri sendiri maka Sobat Lakuuu tahu harus bersikap bagaimana.

Mengenal Pengertian dari Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan sebuah teknik di mana fungsinya untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan pada diri sendiri. Sebenarnya teknik yang satu ini juga bisa digunakan untuk kepentingan bisnis juga.

Akan tetapi jika Sobat Lakuuu ingin mengenal diri sendiri menjadi lebih jelas maka cobalah menggunakan teknik yang satu ini. Sudah banyak badan profesional yang menerapkan analisis SWOT agar bisa membuat sebuah perencanaan.

Terdiri dari 4 huruf dan masing-masing memiliki artinya tersendiri. Mulai dari strenght artinya kekuatan, weakness artinya kelemahan, opportunity kesempatan dan terakhir adalah threats atau ancaman.

Setelah selesai melakukan analisis diri maka Sobat Lakuuu akan lebih mengenal dirinya sendiri. Teknik ini juga akan memudahkan proses mengeksplorasi semua hal yang ada pada diri sendiri. Berguna juga untuk digunakan sebelum melamar sebuah pekerjaan.

Penjelasan Mengenai SWOT Mengenal Diri

Sebelum menerapkan SWOT untuk mengenal diri sendiri, hal penting yang harus Sobat Lakuuu ketahui adalah mengenai penjelasan analisisnya. Jika sudah berhasil mengenal diri sendiri, maka Sobat Lakuuu juga bisa mudah dalam mengenal orang lain. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Strength (Kekuatan)

S yang berarti strength atau kekuatan maksudnya adalah apa kekuatan dari dirimu sendiri. Bagaimana kondisi Sobat Lakuuu saat ini merupakan sebuah kekuatan dengan melihat kelebihan diri sendiri agar tidak membandingkan diri dengan orang lain.

Semua manusia diberikan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka Sobat Lakuuu harus mengetahui apa kelebihannya. Jangan hanya berfokus pada kekurangan saja sehingga mengabaikan kelebihan maka akan muncul perasaan minder.

Hal ini dilakukan agar Sobat Lakuuu tidak lagi-lagi merasa minder ketika melihat orang lain yang dirasa lebih, padahal orang lain juga memiliki kekurangan. Contohnya adalah ketika Sobat Lakuuu memiliki kelebihan di bidang tulis menulis.

Cobalah untuk mengasah bakat tersebut, Sobat Lakuuu bisa memulai dengan menulis blog, membuat konten, membuat cerita dan sebagainya.

2. Weakness

Menerapkan analisis SWOT yang kedua juga harus mengetahui kekurangannya juga, agar Sobat Lakuuu bisa mengendalikan diri sendiri. Misalnya kekurangannya adalah pelupa, Sobat Lakuuu bisa mencari cara untuk mengingat sesuatu, misalnya dengan cara mencatat informasi.

3. Opportunity

Kesempatan adalah bagian dari analisis SWOT yang sangat penting. Dalam hal ini Sobat Lakuuu bisa mulai mencari kesempatan untuk mengembangkan bakat terpendam yang dimiliki, misalnya menulis. Sobat Lakuuu bisa meningkatkan kemampuan dengan kesempatan yang ada.

4. Threats

Terakhir adalah ancaman, untuk bagian yang satu ini Sobat Lakuuu bisa mengetahui ancaman di sekitar diri. Sehingga Sobat Lakuuu akan lebih mudah untuk mencari cara atau beradaptasi dengan ancaman tersebut.

Cara Menerapkan Analisis SWOT untuk Diri

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan analisis SWOT dan penjelasan setiap singkatannya, sekarang adalah mengenai bagaimana cara menerapkannya. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan analisis SWOT yaitu sebagai berikut:

1. Mulai Menilai Ancaman dari Diri Sendiri

Cara menerapkan yang pertama adalah dengan mengenali ancaman dari diri sendiri. Dengan mencatat apa saja ancaman pada diri Sobat Lakuuu maka akan tahu bagaimana cara mengatasinya. Ancaman adalah hal yang akan menghambat perkembangan diri Sobat Lakuuu.

Beberapa contoh ancaman yang akan menghambat pekerjaan adalah latar belakang pendidikan tidak sesuai dengan persyaratan melamar pekerjaan. Selain itu jika rumah Sobat Lakuuu jauh dari tempat bekerja maka kemungkinan besar akan datang terlambat.

Dengan mengetahui apa saja kendala dalam diri Sobat Lakuuu bisa langsung mencari tahu bagaimana cara mengatasinya. Misalnya agar tidak datang terlambat bisa dengan berangkat lebih awal.

2. Mencari Kesempatan atau Peluang

Menerapkan analisis SWOT yang berikutnya adalah dengan mencari di mana kesempatan dan peluang datang kepada diri Sobat Lakuuu. Peluang yang ada di depan mata adalah kesempatan emas jadi harus digunakan dengan baik.

Contoh kesempatan atau peluang adalah Sobat Lakuuu memiliki beberapa sertifikat juara untuk bisa melamar kuliah di perguruan tinggi. Keuntungan bisa berasal dari fasilitas-fasilitas yang ada pada diri Sobat Lakuuu.

3. Mencari Kelebihan dan Kekurangan Sobat Lakuuu

Cara ketiga adalah dengan mencari tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Sobat Lakuuu untuk kemudian dicatat. Sobat Lakuuu bisa berfokus pada kelebihan yang dimiliki serta menerima kekurangan pada diri.

Kelebihan bisa berarti skill, latar belakang pendidikan, pengetahuan, kontak dengan orang sekitar dan sebagainya.

Beberapa cara di atas bisa Sobat Lakuuu terapkan jika ingin mengenal diri lebih jauh, jangan lupa untuk menerapkan satu persatu dari setiap poin.

Setelah menerapkan analisis SWOT untuk mengetahui tentang diri sendiri, berikutnya adalah bagaimana cara menggunakan kelebihan dan peluang tersebut.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

alasan-kompetitor-tawarkan-harga-murah
Insight
Perang Harga, Ini Alasan Kompetitor Tawarkan Harga Murah
Menjalankan suatu bisnis pasti tidak terhindar dari yang namanya perang harga, yaitu kondisi dimana antar pebisnis saling bersaing dengan menurunkan harga demi ...
membangun-brand-identity-dengan-canva
Insight
5 Cara Mudah Membangun Brand Identity Hanya Dengan Bermodalkan Canva
Sobat Lakuuu pastinya sudah tidak asing lagi dengan Canva ya kan? Platform desain gratis yang dirancang khusus untuk ...
efek-pay-later
Insight
Menjadi Alat Utama Pembayaran, Ini 5 Efek PayLater yang Tidak Kamu Sadari
Sobat Lakuuu pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem pembayaran PayLater yang marak digunakan ini kan? Sistem pembayaran ...
pentingnya-review-dan-testimoni-untuk-bisnis
Insight
Pentingnya Review dan Testimoni Untuk Bisnis Agar Semakin Sukses
Pentingnya review dan testimoni untuk bisnis dimasa sekarang dan masa depan tentulah sangat berpengaruh. Mungkin belum begitu banyak yang menyadari manfaat dari ...