Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Mengapa Tagline yang Menarik Dibutuhkan untuk Kelangsungan Bisnis?

by Lakuuu - 10 April 2022

mengapa-tagline-yang-menarik-dibutuhkan-untuk-kelangsungan-bisnis

Setiap bisnis wajib memiliki tagline yang menarik. Tagline atau sering juga disebut slogan adalah rangkaian kata yang mengandung pesan dan makna dari sebuah brand. Tagline menarik sangatlah penting guna meninggalkan kesan yang mendalam kepada konsumen.

Di beberapa media iklan, sering ditemukan tagline milik berbagai perusahaan. Misalnya, milik raksasa pakaian olahraga asal Amerika Serikat, Nike yang berbunyi “Just Do It”. Tagline tersebut memiliki tujuan untuk mendorong masyarakat berolahraga tanpa memandang latar belakang gender, ras, maupun level kebugaran fisik.

Tagline bisnis biasanya ditulis secara sederhana dan hanya terdiri dari beberapa kata saja. Semakin pendek, justru semakin bagus karena memudahkan siapapun untuk mengingatnya. Meski demikian, kemunculan tagline tersebut tidak terjadi dalam semalam. Tagline yang bagus biasanya lahir dari berbagai cerita perjalanan bisnis dan hubungan dengan konsumen.

Mengapa Tagline Penting dalam Bisnis?


Sejumlah alasan bermunculan kaitannya dengan keberadaan tagline yang menarik pada sebuah bisnis. Beberapa mengatakan bahwa slogan berperan sebagai medium untuk memperkenalkan program pengembangan dari kegiatan usaha. Ada pula yang menganggap bahwa slogan bisnis dibuat agar keunggulan sebuah produk lebih mudah tertanam di pikiran masyarakat.

Selain yang telah disebutkan di atas, ada beberapa alasan tentang pentingnya keberadaan tagline bisnis. Berikut penjelasannya.

1. Tagline adalah identitas perusahaan
Setiap orang punya keunikan masing-masing. Keunikan tersebut memberikan identitas yang secara khusus hanya melekat pada pemiliknya saja, tidak pada orang lain. Identitas itulah yang juga menjadi tanda pengenal seseorang.

Hal yang sama juga berlaku untuk kegiatan bisnis. Meskipun beroperasi di sektor produk yang sama, tentu saja masing-masing perusahaan punya sisi uniknya sendiri. Supaya konsumen dapat mengetahui perbedaan tersebut secara kontras, dibutuhkan semacam identitas yang unik dan menarik, identitas itu dapat disampaikan melalui tagline bisnis.

Tagline harus berfokus pada tujuan jangka panjang, dan jika tidak dilakukan dengan hati-hati, pada akhirnya dapat berdampak fatal pada produk. Selain itu, perumusan tagline juga harus melihat aspek-aspek umum dan menghindari kesan yang berlebihan. Tujuannya supaya tagline tetap fungsional dan tertanam kuat dalam ingat masyarakat.

2. Tagline yang menarik adalah cerminan keunggulan perusahaan
Dunia bisnis dan wirausaha menunjukkan tren kompetisi yang semakin ketat. Sobat Lakuuu harus terus memutar otak agar bisnis tetap berada di depan dan unggul dari para pesaing. Dengan begitu, konsumen tidak ragu memilih produk Sabut Lakuuu sebagai rujukan utama untuk memenuhi kebutuhan.

Untuk mengkomunikasinya kepada konsumen, Sobat Lakuuu tidak harus bercerita panjang lebar sampai berjam-jam lamanya. Cukup dengan satu kalimat singkat, padat, dan mengena, Sobat Lakuuu sudah bisa menyampaikan seluruh keunggulan dan komitmen perusahaan terhadap masalah yang dihadapi konsumen.

Cara Membuat Tagline yang Menarik


Setelah mengetahui pentingnya tagline dalam bisnis, mungkin Sobat Lakuuu penasaran bagaimana cara membuatnya? Meski terlihat mudah karena yang tertulis hanya kalimat sederhana, Sobat Lakuuu harus mengerti bahwa penulisan tagline idealnya harus memenuhi sejumlah kriteria agar mudah diterima oleh masyarakat. Lalu, apa saja kriterianya?

1.Mudah diingat
Tagline yang berkualitas mampu meninggalkan cerita, kesan, dan pengalaman kuat bagi siapapun, termasuk konsumen. Ketika membaca tagline dibaca, seseorang langsung bisa mengingatnya tanpa perlu mengulang pembacaan.

Tagline yang menarik juga harus mengandung pesan produk yang mudah diucapkan dan disampaikan. Sebab, semakin mudah, biasanya orang-orang tidak akan ragu untuk menceritakan pengalaman yang dengan orang lainnya.

2. Singkat, Jelas, dan Padar
Tagline yang bagus tidak membutuhkan banyak kata. Itulah mengapa bisnis yang bagus biasanya memiliki tagline yang juga bagus. Pemilik bisnis tidak perlu berpidato di hadapan konsumen untuk menjelaskan nilai keunggulan produk. Cukup serahkan tugas itu kepada tagline. Biarlah ia yang berbicara banyak kepada konsumen.

3. Percaya diri
Maksud dari tagline yang memiliki kepercayaan diri adalah tidak ragu menyampaikan keunggulan bisnis. Hal ini sangat membantu konsumen dalam mempertimbangkan pilihan dan rujukan sebuah produk.

Namun demikian, Sobat Lakuuu harus berusaha tetap jujur. Jangan sampai tagline seolah memaksa yang nantinya dapat menghasilkan konsekuensi terhadap hilangnya rasa percaya konsumen.

4. Berkepribadian Kuat
Tagline berkepribadian adalah yang mengandung sisi spesial dan keunikan dari bisnis Sobat Lakuuu dengan pesaing. Pendek kata, tagline harus asli dan belum pernah diketahui oleh publik.

5. Menarik
Tagline harus mampu menciptakan daya tarik dan menarik perhatian konsumen. Hal tersebut merupakan kekuatan untuk menggiring konsumen untuk mempelajari bisnis yang sedang dijalankan oleh Sobat Lakuuu.


6.Bermakna
Makna tagline adalah nilai-nilai yang pada jati diri sebuah bisnis. Jika Sobat Lakuuu punya cerita menarik tentang bisnis yang sedang dijalankan, itu bisa menjadi sumber inspirasi dalam perumusan tagline. Hal itulah yang dapat menciptakan ikatan antara bisnis Sobat Lakuuu dengan keberadaan konsumen.

Jika tagline yang menarik sudah disepakati, tugas selanjutnya bagi Sobat Lakuuu adalah mempertahankan kualitas yang dijanjikan, apakah Sobat Lakuuu sudah siap untuk berbisnis?
Bagikan artikel

Artikel Terkait

keuntungan-memiliki-website
Insight
Alasan dan Keuntungan Memiliki Website untuk Bisnis Anda
Bagi pemain baru dalam dunia bisnis, dapat memiliki website merupakan salah satu bentuk kesiapan dalam berkompetisi dengan kompetitor lainnya di dunia online. Konsumen pun dapat melihatnya sebagai bentuk kemapanan bisnis kamu
tren-bisnis-online-2021
Insight
Tren Bisnis Online di Tahun 2021
Dalam dunia bisnis, terdapat tren yang tak dapat dipungkiri membawa...
model-bisnis-online-terbaik
Insight
Menentukan Model Bisnis Online Terbaik di antara Social Commerce, Marketplace, dan Website Commerce
Berkembangnya kecanggihan teknologi di era yang semakin maju, aktivitas jual-beli di pasar tradisional sedikit ditinggalkan...
persiapan-memulai-usaha
Insight
Persiapan Memulai Usaha Apapun dengan Meminimalisir Risiko
Persiapan memulai usaha sangat penting untuk dilakukan, lho. Baik itu usaha kuliner, wisata, jasa, atau jual beli barang apapun. Peluang dalam sebuah usaha sangat luas...