Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Mengenal Analisis Kompetitor, 4 Alasan Pebisnis Menerapkannya

by Lakuuu - 11 April 2022

mengenal-analisis-kompetitor-4-alasan-pebisnis-menerapkannya

Mengenal analisis kompetitor adalah elemen yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan bisnis. Perlu diketahui bahwa selain Sobat Lakuuu masih ada pebisnis lain yang juga sedang berusaha untuk tetap eksis. Pebisnis berupaya agar keberadaannya juga dilirik oleh konsumen.

Sebagai pebisnis, penting bagi Sobat Lakuuu mencari cara untuk memperkuat posisi di tengah persaingan pasar tersebut. Analisis kompetitor menawarkan jalan keluar bagi pebisnis untuk melihat kinerja para pesaing. Hasilnya dapat digunakan sebagai bahan perumusan strategi untuk mengembangkan bisnis supaya menjadi lebih baik.

Mengenal Analisis Kompetitor dari Pengertiannya


Analisis kompetitor adalah proses untuk mengumpulkan informasi dan mengkaji kinerja dari kompetitor bisnis. Analisis kompetitor dapat membantu Sobat Lakuuu untuk membuat perbandingan dan memperoleh determinan dari masing-masing bisnis.

Semua informasi yang sudah dikumpulkan dapat membantu Sobat Lakuuu dalam merumuskan strategi pengembangan bisnis. Selain itu, dapat juga berguna untuk mengantisipasi datangnya ancaman yang dapat terjadi di masa depan.

Mengenal analisis kompetitor merupakan metode yang mengandalkan informasi nyata. Bukan sekadar analisis yang memanfaatkan intuisi atau tebak-tebakan. Semakin lengkap informasi yang diperoleh, makin leluasa Sobat Lakuuu dalam membuat strategi bisnis.

Kenapa Analisis Kompetitor Penting untuk Pebisnis?


Jika Sobat Lakuuu masih ragu tentang pentingnya analisis kompetitor, di bawah ini akan dijelaskan manfaatnya. Beberapa di antaranya dapat menjadi jawaban atas masalah bisnis yang mungkin sedang dihadapi.

Dengan melakukan analisis kompetitor, Sobat Lakuuu dapat menggunakan sudut pandang konsumen atau pelanggan dalam menilai kinerja bisnis. Dalam hal ini, bisnis yang dituju adalah milik kompetitor.

Bagian yang dirasa kurang pada kompetitor dapat digunakan sebagai alat pembanding untuk bisnis Sobat Lakuuu. Dengan begitu, Sobat Lakuuu dapat menggunakannya sebagai peluang menyusun langkah antisipasi dan solusi terhadap pemenuhan kebutuhan konsumen.

Selain itu, apa saja alasan yang menjadikan pentingnya menerapkan dan mengenal analisis kompetitor penting untuk bisnis Sobat Lakuuu? Berikut penjelasannya.

1. Untuk mengidentifikasi kelebihan bisnis

Analisis kompetitor penting untuk dilakukan karena darinya Sobat Lakuuu bisa mengidentifikasi kekuatan dari produk atau layanan yang disajikan kepada konsumen. Informasi tersebut dapat diketahui dengan melemparkan beberapa pertanyaan berkaitan dengan nilai positif, utilitas produk, dan pengalaman konsumen.

Informasi tersebut kemudian digunakan sebagai pembanding terhadap produk dan layanan yang dimiliki oleh kompetitor. Faktor-faktor yang mempengaruhi perbandingan tersebut kemudian dapat dipakai Sobat Lakuuu sebagai bahan penyusunan strategi bisnis yang mampu meningkatkan potensi pendapatan. Dapat juga digunakan sebagai dasar perbaikan dan kelayakan produk agar lebih bisa memenuhi harapan konsumen.

2. Untuk mengetahui kekurangan produk

Selain untuk mengidentifikasi kelebihan, mengenal analisis kompetitor juga bermanfaat untuk mengetahui kekurangan produk serta layanan yang dipasarkan kepada konsumen. Terkait kekurangan, jelas hal ini tidak bisa ditampik keberadaannya. Setiap produk keluaran perusahaan tentu membutuhkan pengembangan agar mampu memberikan pelayanan yang lebih baik.

Dengan mengetahui kelemahan produk, Sobat Lakuuu bisa mendapatkan informasi tentang bagian-bagian yang diungguli oleh kompetitor. Pada bagian itulah yang kemudian menjadi target pengembangan dan perbaikan. Sebab, jika tidak segera diperbaiki, maka konsekuensinya adalah turunnya minat atau bahkan, kepercayaan konsumen.

Keinginan untuk berkembang dan berevolusi menjadi lebih baik turut membantu Sobat Lakuuu ketika menghadapi calon investor. Para investor tentu lebih bersemangat ketika menyaksikan perusahaan yang memiliki jiwa belajar dan keinginan untuk terus memajukan bisnis.

3. Untuk mengetahui peta persaingan bisnis

Perlu Sobat Lakuuu ketahui bahwa keberadaan kompetitor mustahil untuk ditampik. Kompetitor pasti hadir di tengah bisnis yang sedang berjalan. Apalagi, di sektor bisnis yang sedang menjadi “lahan basah” atau subur memasok pendapatan.

Kehadiran kompetitor seharusnya perlu disikapi sebagai dorongan untuk terus memperbaiki diri. Untuk itu, Sobat Lakuuu perlu mengetahui posisi bisnis dalam peta persaingan. Analisis kompetitor menyajikan gambaran tentang kompetitor langsung, kompetitor masa depan, dan kompetitor baru yang kapan saja dapat mempengaruhi operasional bisnis.

Dengan mengenal peta persaingan, Sobat Lakuuu bisa mempelajari strategi perusahaan dalam memasarkan produk dan layanannya. Termasuk, alasan yang paling mempengaruhi konsumen dalam menentukan produk.

4. Untuk mengevaluasi produk

Alasan lain mengapa analisis kompetitor sangat penting adalah untuk melakukan evaluasi terhadap produk. Langkahnya dapat dimulai dengan mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan produk kompetitor serta keluhan yang berasal dari konsumen mereka. Tujuannya untuk mengantisipasi hadirnya ancaman dan tantangan yang dapat mempersulit ekspansi bisnis.

Setelah menganalisa kompetitor langsung dan tidak langsung, Sobat Lakuuu dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka. Dengan cara tersebut, Sobat Lakuuu dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk meningkatkan manfaat produk dan meningkatkan daya tarik konsumen potensial.

Semua pebisnis, termasuk Sobat Lakuuu, tentu menginginkan bisnis yang mampu bertahan lama. Analisis kompetitor adalah sebuah metode yang dapat membantu Sobat Lakuuu untuk mencapai hal tersebut. Selain berfungsi untuk memantau kinerja bisnis, mengenal analisis kompetitor dapat membantu Sobat Lakuuu untuk beradaptasi dengan tuntutan konsumen yang dinamis.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

keuntungan-memiliki-website
Insight
Alasan dan Keuntungan Memiliki Website untuk Bisnis Anda
Bagi pemain baru dalam dunia bisnis, dapat memiliki website merupakan salah satu bentuk kesiapan dalam berkompetisi dengan kompetitor lainnya di dunia online. Konsumen pun dapat melihatnya sebagai bentuk kemapanan bisnis kamu
tren-bisnis-online-2021
Insight
Tren Bisnis Online di Tahun 2021
Dalam dunia bisnis, terdapat tren yang tak dapat dipungkiri membawa...
model-bisnis-online-terbaik
Insight
Menentukan Model Bisnis Online Terbaik di antara Social Commerce, Marketplace, dan Website Commerce
Berkembangnya kecanggihan teknologi di era yang semakin maju, aktivitas jual-beli di pasar tradisional sedikit ditinggalkan...
persiapan-memulai-usaha
Insight
Persiapan Memulai Usaha Apapun dengan Meminimalisir Risiko
Persiapan memulai usaha sangat penting untuk dilakukan, lho. Baik itu usaha kuliner, wisata, jasa, atau jual beli barang apapun. Peluang dalam sebuah usaha sangat luas...