Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

10 Cara Meningkatkan Bisnis Melalui Instagram Stories

by Lakuuu 27 October 2021

meningkatkan-bisnis-melalui-instagram-stories
Meningkatkan bisnis melalui Instagram merupakan salah satu strategi paling tepat di era teknologi seperti saat ini. Hal tersebut dikarenakan peran media sosial sangat kuat, penggunanya juga semakin meningkat.

Oleh karena itu, dunia bisnis kini mulai beralih ke digital, memanfaatkan perkembangan media sosial untuk melakukan promosi, analisis pasar, serta berbagai tujuan lain. Banyak pihak yang diuntungkan dengan perkembangan teknologi.

Akan tetapi, tidak semua pihak memahami bagaimana cara paling tepat. Meskipun ada jutaan orang pengguna social media, dibutuhkan berbagai teknik tertentu agar tujuan bisa tercapai secara efektif.

Jika dilakukan hanya dengan mengunduh materi promosi tanpa dibalut dengan sesuatu sesuai selera pasar, maka usaha atau strategi tersebut sia-sia saja dilakukan. Pemilik akun harus memahami media sosial yang digunakan.

10 Tips Meningkatkan Bisnis Melalui Instagram Stories

Instagram adalah media sosial paling banyak digunakan. Ada banyak fitur yang disediakan, diantaranya feeds, story, dan reels. Namun, meningkatkan bisnis melalui Instagram stories membutuhkan berbagai tips.

Berikut 10 tips unggulan yang bisa diterapkan :

1.      Membuat Kolom Umpan Balik

Umpan balik adalah salah satu strategi penting dalam pengembangan usaha Sobat Lakuuu. Dengan adanya strategi tersebut, pelaku usaha dapat mengetahui komentar konsumen mengenai pelayanan yang diberikan.

Hasilnya bisa jadi berupa apresiasi atau masukan sebagai evaluasi agar dapat diperbaiki untuk masa yang akan datang. Selain itu, Sobat Lakuuu juga bisa mengetahui selera dan kebutuhan pasar.

Caranya pilih fitur stories, pilihlah gambar terbaik yang relate dengan pertanyaan umpan balik agar followers tertarik mengisinya. Klik opsi question box dan tuliskan pertanyaan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

2.      Bikin Daftar Email

Meningkatkan bisnis melalui Instagram dengan membuat daftar email bisa mudah dilakukan. Kembangkan email bisnis untuk mendapatkan lebih banyak email pelanggan. Pastikan Sobat Lakuuu telah memiliki 10K followers sebelum menerapkannya.

Sederhananya, tips ini sering digunakan para influencer ketika merekomendasikan produk dari toko online tertentu. Mereka biasa mengucapkan “swipe up” atau tertulis “see more” di opsi cerita.

3.      Mudahkan Penemuan Pelanggan Terhadap Toko Sobat Lakuuu

Tips ketiga ini memudahkan Sobat Lakuuu untuk mendapatkan eksposur lebih banyak terkait dengan brand yang sedang dipasarkan. Caranya, tambahkan stiker lokasi agar followers dapat mengetahui keberadaan toko.

Calon konsumen dapat mengetuk secara langsung stiker lokasi di cerita pemilik akun, maka akan langsung muncul peta. Di peta tersebut ditunjukkan lokasi spesifik dimana tempat toko Sobat Lakuuu berada.

4.  Kuatkan Hubungan dengan Followers

Membangun bisnis bukan hanya tentang menjual produk ataupun jasa. Dibutuhkan berbagai strategi, salah satunya adalah dengan menciptakan hubungan. Hubungan kuat antara pelaku usaha dan konsumen merupakan kunci penting.

Misalnya, membagikan informasi mengenai tutorial agar followers mendapatkan wawasan luas sesuai bidang usaha Sobat Lakuuu. Selanjutnya, ajukan beberapa pertanyaan untuk menarik interaksi atau menunjukkan ungkapan terima kasih.

5.      Alihkan ke Blog

Konten dalam hal meningkatkan bisnis melalui Instagram ibararkan raja. Maka, disarankan untuk selalu membuat konten menarik agar dapat meningkatkan angka penjualan. Namun, menjalankan upaya tersebut dibutuhkan strategi.

Fitur story saja tidak cukup ketika melakukan strategi promosi. Buatlah sebuah blog berisi konten-konten menarik seputar kehidupan di sekitar konsumen. Konten blog tersebut bagikan di platform lain, seperti Instagram.

Dengan begitu, blog Sobat Lakuuu akan mendapatkan lebih banyak pengunjung. Ibaratkan suatu tempat yang disiram bensin, api akan menyebar sangat cepat. Artinya, informasi di blog lebih cepat sampai kepada followers.

6.      Meningkatkan Penjualan

Terlalu banyak iklan bisa membuat followers justru berhenti mengikuti akun brand. Maka, dibutuhkan penanganan paling tepat agar dapat mempertahankan minat audience. Solusinya adalah dengan menggunakan fitur story.

Hal tersebut dikarenakan jutaan orang yang menonton konten story tidak akan terlalu perhatian dengan berapa banyak pesannya. Konten tersebut akan hilang 24 jam setelah diunggah oleh pemilik akun.

7.      Membangun Audience

Followers bisa juga disebut audience. Semakin banyak audience, maka bisnis juga berkembang lebih besar. Lantas, bagaimana cara supaya dapat membangun audience? Tambahkan tagar paling tepat ketika membuat konten story.

8.  Memperkuat Kesadaran Brand

Pengenalan brand adalah sesuatu yang wajib dipikirkan oleh pemilik. Dengan mengenali brand, konsumen akan lebih percaya untuk membelinya. Fokuskan promosi brand dengan membuat konten relevan di Instagram stories.

9.      Meningkatkan Loyalitas

Berbisnis bukan perkara mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya, melainkan memperoleh pelanggan setia. Mereka yang setia akan terus berdatangan ke toko untuk meningkatkan angka penjualan. Tingkatkan loyalitas agar mereka menyukai produk Sobat Lakuuu.

10.  Manusiakan Konten yang Menyangkut Brand

Fitur story juga bisa mengungkapkan kepribadian dan gaya pemilik akunnya dalam mengemas konten. Baik berupa audio, audio visual, maupun hanya tulisan. Bagaimana sebuah produk bisa dikenalkan identitasnya dihadapan followers.

Upaya membangun bisnis adalah perkara yang sulit. Ada banyak hal penting untuk diperhatikan, khususnya ketika meningkatkan bisnis melalui Instagram, sebuah platform media sosial dengan beragam fiturnya.