Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa itu Meta Deskripsi untuk SEO?

by Lakuuu Team 29 September 2021

meta-deskripsi-untuk-seo
SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu teknik digital untuk membuatnya optimal bisa muncul di halaman pertama pencarian secara gratis. SEO sendiri memiliki banyak sekali aturannya. Mulai dari jumlah penulisan, penempatan kata kunci, hingga penggunaan meta deskripsi.

Mengenal Meta Deskripsi untuk SEO

Beberapa orang tak menyadari betapa pentingnya meta deskripsi itu sendiri. Bahkan ada yang masih belum tahu apa itu meta deskripsi. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara tuntas.

  • Pengertian
Kita mulai dari pengertiannya. Meta deskripsi merupakan suatu cuplikan atau ringkasan suatu konten yang Sobat Lakuuu buat di laman website. Meta deskripsi merupakan kalimat yang singkat akan tetapi sudah mencakup keseluruhan isi konten.

Jika orang membacanya, maka ia sudah tahu bagaimana garis besar dari konten yang Sobat Lakuuu buat tersebut. Jadi, walaupun terlihat sedikit, meta deskripsi itu isinya sangat padat dan kompak. Namun, meta deskripsi bukan berarti tempat berhentinya pembaca melainkan bisa jadi pemancing agar orang membuka situs tersebut.

  • Aturannya
Setelah membahas sial pengertian, selanjutnya kita membahas soal aturannya. Ya, Sobat Lakuuu tak bisa membuat meta deskripsi secara sembarangan melainkan harus dengan kaidah yang benar. Dan, beginilah aturannya:

  1. Meta deskripsi harus mencakup seluruh isi konten namun dibuat cukup singkat.
  2. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua pembaca,
  3. Meta deskripsi seharusnya tidak boleh lebih dari 155 karakter. Untuk memastikannya, Sobat Lakuuu bisa menghitung manual atau bisa juga menggunakan fitur di Ms. Word di Review > Word Count.
  4. Sebaiknya Sobat Lakuuu masukkan kata kunci konten Sobat Lakuuu ke dalam meta deskripsi. Namun, jangan menggunakannya terlalu banyak. Cukup satu kali saja.
  5. Pastikan Sobat Lakuuu melengkapinya dengan tag atau kata-kata yang sering dicari pembaca.

  • Fungsinya
Lalu, bagaimana fungsi dari Meta deskripsi ini sendiri? Jika dikaitkan dengan SEO sudah pasti akan mengoptimalkan konten agar bisa naik ke peringkat pertama bukan? Ya, meta deskripsi akan membuat Google suka dengan konten Sobat Lakuuu sehingga mengajaknya ke atas dan muncul di pencarian orang-orang.

Tak hanya berfungsi untuk mengoptimalkan website saja. Meta deskripsi ini memiliki fungsi untuk mempermudah setiap orang mengetahui isi konten dengan cepat. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa meta deskripsi itu berisi soal garis besar konten.

Dengan ini maka trafik website Sobat Lakuuu makin naik. Sobat Lakuuu bisa memasang slot untuk iklan sehingga bisa mendapatkan uang atau penghasilan dari menulis di situs sendiri.

Tips Membuat Meta Deskripsi yang Baik

Walaupun meta deskripsi itu memiliki fungsi untuk mengoptimalkan website, namun Sobat Lakuuu harus ingat bahwa banyak juga penulis yang menggunakan meta deskripsi itu sendiri. Nah, jangan sampai Sobat Lakuuu kalah dengan mereka. Gunakan tips berikut ini agar maksimal:

  1. Pastikan karakter Sobat Lakuuu tak lebih dari 155 karena nanti hanya akan dipotong oleh Google
  2. Gunakan kata kunci utama, bukan kata kunci turunan
  3. Gunakan kalimat aktif
  4. Untuk konten spesifikasi, tampilkan fitur menarik
  5. Gunakan kata-kata yang menggunakan prinsip call to action agar makin menarik.

Nah, kini Sobat Lakuuu sudah mengenal tentang meta deskripsi kan? Dengan mengetahui informasi ini maka Sobat Lakuuu harus memulai untuk menggunakan meta deskripsi untuk setiap konten ya. Jumlahnya sedikit tetapi berarti banyak untuk website Sobat Lakuuu, jadi jangan lewatkan kesempatan emas ini!