Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Metode Financial Forecasting Untuk Memprediksi Keuangan Bisnismu

by Lakuuu Team - 16 August 2021

metode-financial-forecasting
Metode Financial Forecasting akan membantu untuk memprediksi bagaimana kedepannya bisnis. Rancangan seperti ini memang sengaja dibuat perusahaan untuk menganalisis kedepannya.

Nah, untuk itu bagi Sobat Lakuuu yang sedang merintis usaha akan terbantu dengan metode ini. Perkiraan yang berisi data dan bertujuan untuk menjadikan strategi rancangan.

Hal ini akan berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah usaha kedepannya. Maka dengan informasi terkini terkait dengan finansial beberapa waktu lalu, sekarang dan akan mendatang.

Semua akan berhubungan dan bisa dibahas untuk menjadi strategi. Maka untuk memahaminya mari kita bahas dibawah ini.

Metode Financial Forecasting untuk Prediksi Keuangan Bisnis

Beberapa metode berikut ini yang paling sering digunakan. Untuk menjadi prediksi yang cukup tepat dan tidak meleset.

1. Extrapolation

Pertama dan paling banyak digunakan adalah extrapolation. Dengan mengumpulkan data yang sudah beberapa saat lalu lau menggunakannya untuk analisis kedepannya.

Banyak yang lebih memilih metode yang satu ini. Karena lebih sering mendapatkan analisis yang tepat.

2. Econometrics

Nah yang kedua yang sama-sama sering digunakan adalah econometrics. Menggunakan data dua variabel penting kala menganalisisnya.

Data dari pendapatan dan pengeluaran ini akan menjadi prediksi. Maka akan menjadi financial forecasting.

3. Hybrid Forecasting

Untuk metode terakhir ini akan lebih rumit kala menggunakannya. Namun beberapa lebih menyukai karena lebih terkesan akurat.

Dengan menggunakan penggabungan dua metode diatas. Yaitu data dari pendapatan lama, lalu data pendapatan terbaru dan pengeluaran.

Setelah itu barulah mulai menganalisis dari keseluruhan tersebut. Kita bisa mendapatkan prediksi untuk strategi kedepannya.

Tentu hal ini akan memudahkan dalam menjalankan bisnis. Selain itu kita akan bisa lebih siap menghadapi apa yang akan terjadi kedepannya.

Keuntungan Menggunakan Metode Financial Forecasting

Beberapa keuntungan yang akan kita bahas ini akan didapatkan oleh Sobat Lakuuu yang berhasil menganalisis dengan efektif. Maka coba simak jika masih ragu menggunakannya.

Pembanding dan Menghitung

Ketika kita memiliki data yang berasal dari sebuah analisis yang tepat dari usaha. Maka tidak perlu khawatir lagi, setidaknya ada sebuah backup data yang akan membantu untuk menjadi pembanding dan menghitung.

Dengan pengaturan ini akan menyesuaikan sebuah strategi rencana kedepannya. Maka bisnis yang sedang Sobat Lakuuu jalankan akan memiliki pegangan khusus.

Mengurangi Potensi Resiko

Metode Financial Forecasting akan membantu untuk memperkirakan adanya resiko yang berbeda-beda. Hal ini akan membantu untuk mengatasi berbagai kendala mulai dari dana, produksi dan pemasaran.

Semua Berkaitan Dengan Dana

Setelah sedikit memiliki gambaran keuntungan dari menggunakan metode ini. Kita tentu akan banyak terbantu mengenai semua masalah dana.

Mulai dari dana untuk memulai pinjaman, investasi bahkan investor untuk pendanaan. Maka semua yang berkaitan dengan finansial akan terbantu dan tidak perlu khawatir lagi.

Banyak juga yang mengatakan bahwa bisnis akan tersedia benchmark. Hal ini akan bermanfaat untuk kedepannya.

Selain itu perusahaan akan terbantu untuk demonstrasi kemampuan usaha. Hal ini akan bertahap secara finansialnya.

Cara Menggunakan Metode Financial Forecasting

Banyak yang masih takut untuk menggunakan metode ini. Padahal sebenarnya cukup mudah dan aman bahkan untuk membangunan usaha startup atau rintisan.

Data Pengeluaran

Saran untuk usaha rintisan sebaiknya menggunakan data-data pengeluaran terlebih dahulu. Prediksi untuk mencari keuntungan ini akan lebih mudah karena masih awal daripada untuk mengumpulkan data pendapatannya.

Asumsi Skenario

Nah, cara selanjutnya gunakan dengan dua asumsi skenario prediksi keuntungan. Cara pertama adalah konservatif yang memiliki kesan realistis ketika melakukan analisis.

Ketika melakukan analisis kita mengedepankan fakta yang sebenarnya. Ketika berhasil memenuhi target dari pendapatan tersebut baru gunakan skenario kedua, agresif.

Untuk membangun kemajuan usaha berkelanjutan gunakan motivasi yang akan membuat kita semakin ingin mendapatkan banyak pendapatan kedepannya.

Cara seperti ini akan membangun semangat dan membuat lebih berambisi. Namun jangan lupa untuk tetap berada di batas dan mengontrol ambisi agar tidak menjadi boomerang.

Pengecekan Rasio-Rasio

Cara menggunakan Metode Financial Forecasting selanjutnya adalah melakukan pengecekan rasio-rasio penting. Nah, beberapa rasio penting seperti Gross Margin, Operating Profit Margin, Total Headcount Per Client.

Jenis Metode Financial Forecasting

Untuk jenisnya metode ini terbagi menjadi dua Historical Financial Forecast dan Research Based Financial Forecasting. Nah dua ini akan jadi opsi untuk Sobat Lakuuu.

Historical akan berasal dari data analisis mulai dari perusahaan neraca dan laporan sebelumnya. Ini akan menjad analisis kondisi keuangan perusahaan tahun selanjutnya.

Research akan berasal dari penelitian performa seluruh departemen perusahaan. Segala hal yang menyangkut dana akan tertulis dalam financial projection.

Gambaran ini akan mengenai arus manajemen keuangan. Cukup berbeda dari kedua jenis ini namun kita bisa memilih salah satunya sesuaikan dengan situasi dan kondisi perusahaan.

Metode Financial Forecasting sangat membantu berbagai bisnis. Jadi untuk Sobat Lakuuu bisa mencoba melakukan analisis seperti ini untuk kedepannya.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

alasan-kompetitor-tawarkan-harga-murah
Insight
Perang Harga, Ini Alasan Kompetitor Tawarkan Harga Murah
Menjalankan suatu bisnis pasti tidak terhindar dari yang namanya perang harga, yaitu kondisi dimana antar pebisnis saling bersaing dengan menurunkan harga demi ...
membangun-brand-identity-dengan-canva
Insight
5 Cara Mudah Membangun Brand Identity Hanya Dengan Bermodalkan Canva
Sobat Lakuuu pastinya sudah tidak asing lagi dengan Canva ya kan? Platform desain gratis yang dirancang khusus untuk ...
efek-pay-later
Insight
Menjadi Alat Utama Pembayaran, Ini 5 Efek PayLater yang Tidak Kamu Sadari
Sobat Lakuuu pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem pembayaran PayLater yang marak digunakan ini kan? Sistem pembayaran ...
pentingnya-review-dan-testimoni-untuk-bisnis
Insight
Pentingnya Review dan Testimoni Untuk Bisnis Agar Semakin Sukses
Pentingnya review dan testimoni untuk bisnis dimasa sekarang dan masa depan tentulah sangat berpengaruh. Mungkin belum begitu banyak yang menyadari manfaat dari ...