Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Jenis-jenis Pasar yang Wajib Diketahui Sebelum Memulai Bisnis

by Lakuuu 19 November 2021

pasar-dalam-bisnis
Jenis pasar dalam bisnis memang memegang peran penting dalam keberhasilan usaha yang tengah Sobat Lakuuu rintis. Sebab, setiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda. Bahkan, ruang lingkupnya juga berbeda.

Fungsi pasar ini sangat penting dalam menggerakkan perekonomian karena di dalamnya terjadi kegiatan transaksi. Namun yang harus Sobat Lakuuu pahami adalah pasar tidak selalu berkaitan dengan tempat tertentu.

Tapi, lebih kepada kegiatan jual beli atau transaksi di dalamnya. Setiap jenis pasar dalam bisnis menjual barang atau jasa yang spesifik. Oleh sebab itu, saat Sobat Lakuuu hendak memulai bisnis, tentukan barang atau jasa apa yang ingin dijual.

Setelah itu, pilih jenis pasar yang sesuai untuk menjual barang dan jasa tersebut. Jika salah memasarkan, maka bisnis tidak akan berjalan karena tidak ada konsumen pada lingkup pasar tersebut yang tertarik.

Agar lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini mengenai beragam jenis pasar yang ada dalam dunia bisnis. Pastikan Sobat Lakuuu memahaminya agar tidak salah memilih.

Jenis-jenis Pasar Dalam Bisnis yang Harus Dipahami

Dalam dunia bisnis, pasar dibedakan menjadi beberapa jenis. Tujuan pembagian pasar ini adalah agar target bisnis lebih jelas dan juga memudahkan konsumen saat hendak membeli kebutuhannya.

Dengan demikian, pelaku bisnis juga lebih mudah mencari pelanggan saat menjual produknya. Berikut ini adalah pasar yang harus diketahui oleh Sobat Lakuuu saat hendak memulai bisnis:

1.  Jenis Pasar Berdasarkan Waktu

Yang pertama adalah berdasarkan waktu. Pasar jenis ini hanya melakukan kegiatan transaksi pada waktu-waktu khusus. Di luar waktu tersebut, tidak ada kegiatan transaksi di dalam pasar. Di Indonesia sendiri jenis pasar ini sudah tidak asing lagi. Berikut ini adalah contoh dari pasar berdasarkan waktu:

  • Pasar harian, pasar jenis ini buka setiap hari. Biasanya pasar yang menjual kebutuhan pokok harian masyarakat. Jenis ini juga yang paling umum dan banyak ditemukan di Indonesia.

  • Pasar mingguan, pasar ini hanya buka satu kali dalam seminggu. Biasanya menjual barang-barang tertentu atau di event mingguan tertentu. Misalnya pasar Sunday Morning di UGM, Pasar Senin, Pasar Rebo, dan lainnya.

  • Pasar tahunan, jenis pasar dalam bisnis ini hanya diselenggarakan satu tahun sekali pada event besar. Biasanya pasar jenis ini hanya ada di kota tertentu saja.

  • Pasar temporer, biasanya hanya ada sewaktu-waktu saja jika ada event tertentu tapi tidak rutin. Misalnya adalah bazar murah.

2.  Jenis Pasar Berdasarkan Wujudnya

Berikutnya adalah pasar yang berdasarkan wujudnya. Maksud dari penggolongan ini adalah ada atau tidaknya wujud pasar sebagai tempat transaksi. Selain itu, barang yang dijualnya nampak atau tidak. Berikut ini adalah pasar yang termasuk ke dalam jenis ini:

  • Pasar nyata, merupakan jenis pasar yang ada wujudnya atau tempatnya jelas, serta barang yang dijual ada dan jelas. penjual dan pembeli pada pasar ini bertem secara langsung. Contohnya adalah pasar tradisional.

  • Pasar abstrak, penjual dan pembeli bisa bertemu secara langsung atau tidak. Barang yang dijualnya juga hanya contoh atau tidak nampak. Contoh dari pasar ini adalah pasar modal, pasar uang, dan beragam jenis lainnya.

3.  Jenis Pasar Berdasarkan Transaksinya

Jenis pasar dalam bisnis selanjutnya adalah berdasarkan jenis transaksi atau kegiatan jual beli di dalamnya. Semakin berkembangnya zaman, tentu metode transaksi juga semakin canggih dan melibatkan teknologi. Berikut ini adalah pasar berdasarkan jenis transaksinya:

  • Pasar tradisional, menggunakan transaksi secara langsung atau tatap muka. Jadi, penjual akan melayani pembeli dan dapat berlangsung proses tawar menawar.

  • Pasar modern, pada pasar ini tidak ada kegiatan tawar menawar karena harga harang sudah dipatok. Sobat Lakuuu juga bisa melayani diri sendiri saat berbelanja, misalnya di mall atau swalayan.

4.  Jenis Pasar Berdasarkan Barang

Pasar jenis ini dibedakan dari jenis barang yang dijual. Sebab, ada pasar yang menjual barang atau jasa spesifik. Misalnya adalah pasar buah, pasar baju, pasar ikan, dan lain sebagainya.

Pasar ini akan memudahkan konsumen yang hendak berbelanja barang tertentu. Sehingga, mereka memiliki banyak pilihan atas barang yang serupa. Bagi penjual juga tentu menguntungkan.

5.  Jenis Pasar Berdasarkan Strukturnya

Jenis pasar dalam bisnis berikutnya adalah dibedakan berdasarkan strukturnya. Hal ini sangat berkaitan dengan persaingan yang terjadi di dalam pasar tersebut. Berikut ini adalah contohnya:

  • Persaingan sempurna, di pasar ini jumlah penjual dan pembeli jumlahnya ideal. Biasanya barang yang dijual juga serupa atau spesifik.

  • Persaingan tidak sempurna, di pasar ini jumlah penjual lebih sedikit dibandingkan pembeli. Barang yang dijualnya heterogen.

  • Persaingan monopolistis, pasar dengan penjual yang menjual beragam produk barang dan jasa.

  • Persaingan oligopoli, dalam suatu pasar terdapat beberapa penjual barang tertentu.

6.  Jenis Pasar Berdasarkan Ruang Lingkup

Jenis terakhir adalah berdasarkan ruang lingkupnya. Maksudnya adalah jangkauan pasar tersebut pada suatu tempat. Contoh dari pasar jenis ini adalah:

  • Pasar lokal yang memiliki ruang lingkup sempit.
  • Pasar daerah yang lebih luas dari ruang lingkup pasar lokal.
  • Pasar nasional dengan ruang lingkup satu negara.
  • Pasar internasional dengan ruang lingkup berbagai negara.

Bagi Sobat Lakuuu yang tengah merintis bisnis atau hendak merintis bisnis, jangan sampai salah memilih pasar. Pilih jenis pasar dalam bisnis yang sesuai dengan target dan barang Sobat Lakuuu.