Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Payment Gateway Pengertian dan Keuntungan

by Lakuuu Team 1 September 2021

payment-gateway
Untuk para pelaku usaha, pastinya sudah tidak asing lagi dengan label payment gateway. Adanya metode tersebut di Indonesia khususnya dalam dunia bisnis mampu menawarkan beberapa kemudahan dalam hal penjualan, pembelian, atau pembayaran khususnya dalam dunia bisnis ataupun toko online. Terlebih lagi, semenjak merebaknya Covid-19, pelaku usaha toko online langsung mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Payment gateway merupakan suatu media transaksi yang ditawarkan layanan aplikasi e-commerce.  Sistem ini mampu memberikan otorisasi pembayaran langsung untuk pelanggan dalam kegiatan bisnis online atau kartu kredit. Indonesia payment gateway dapat mempermudah Sobat Lakuuu sebagai pelaku bisnis dan juga pelanggan saat bertransaksi.

Keunggulan yang Bisa Diperoleh dari Payment gateway

Ada cukup banyak keunggulan yang didapatkan dengan ketersediaannya metode pembayaran online ialah pelaku bisnis tak perlu menyediakan seluruh rekening dari semua bank yang ada di Indonesia. Payment gateway akan membuat Sobat Lakuuu terjaring dengan bank di Indonesia secara otomatis hanya dalam satu kali integrasi.

  • Jangkauan Lebih Luas

Mengandalkan pembelian manual atau metode pembayaran, jangkauan bisnis yang Sobat Lakuuu jalankan akan terbatas. Beda dengan payment gateway, akan memperluas jaringan bisnis Sobat Lakuuu bahkan ke luar negeri.

Pelanggan nantinya dapat membeli barang meskipun letaknya tidak berada di Indonesia. Tentu saja hal ini akan membuat bisnis menjadi lebih berkembang. Lalu, nilai produk juga akan meningkat karena sanggup menembus pasar luar negeri.

  • Memudahkan Rekap Pembelian dan Pembayaran

Salah satu aktivitas yang cukup memusingkan untuk pebisnis ialah merekap penjualan dan pembayaran. Jika Sobat Lakuuu salah melakukan perhitungan, maka hasil rekapan Sobat Lakuuu menjadi berantakan. 

Bahkan, tidak jarang Sobat Lakuuu akan mengulang rekapan tersebut dari awal. Nah, dengan payment gateway ini, Sobat Lakuuu tak perlu merekap lantaran akan muncul laporan keuangan harian dan dikirim secara otomatis yang bisa diakses dengan real-time.

  • Transaksi Unlimited

Layanan payment gateway ini bisa Sobat Lakuuu Digunakan untuk bertransaksi dengan jumlah yang cukup besar. Dalam waktu yang bersamaan, Sobat Lakuuu dapat melakukan puluhan hingga ribuan transaksi secara online yang diminta para calon pembeli. Sobat Lakuuu juga tidak perlu khawatir dengan munculnya gangguan sistem

  • Keamanan Transaksi Terjamin

Kadang hingga sekarang, banyak juga orang yang belum ingin belanja secara online karena dinilai kurang aman. Hal ini tidak lepas dari munculnya tindak penipuan pada transaksi online yang menyebabkan konsumen menjadi rugi.

Munculnya payment gateway ini bisa membangun ‘trust’ ataupun reputasi online Sobat Lakuuu di hadapan calon pembeli. Keamanan dari payment gateway ini sangat terjamin sebab diawasi serta mendapatkan lisensi lewat lembaga keuangan Indonesia, ditambah sertifikasi keamanan yang berstandar Internasional.

Cara Kerja

Meski payment gateway mempunyai peranan yang cukup penting saat menghubungkan penjual dengan pembeli atas transaksi online, namun cara kerja payment gateway sebetulnya lumayan sederhana.

  1. Konsumen akan melakukan proses transaksi di toko online atau situs Sobat Lakuuu. Mereka akan memilih produk serta memilih cara pembayaran apa yang sanggup memudahkan kedua belah pihak sampai melakukan checkout.
  2. Toko online mengirimkan data pembelian dari pelanggan kepada payment gateway. Kemudian selepas konsumen menyelesaikan proses pembayaran, maka penjualannya bakal dilanjutkan menuju bank atau institusi keuangan terkait.
  3. Bank akan memproses transaksi tersebut. Tapi, mereka juga mempunyai hak menolak kalau terdapat kesalahan pembayaran ataupun kekeliruan data.
  4. Penyedia jasa payment gateway lalu mengirimkan pesan ke toko online terkait sukses atau gagalnya transaksi.
  5. Bank dapat menerima pembayaran hasil proses jual beli kemudian melanjutkannya kepada pihak toko online. Menariknya lagi, kelima proses ini yang tergolong rumit ini hanya terjadi beberapa detik saja.

Berdasarkan pembahasan tadi, bisa disimpulkan jika payment gateway menjadi sebuah gerbang ataupun media pembayaran yang muncul dari suatu jasa marketplace yang bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit atau pembayaran secara langsung ke pelanggan dalam aktivitas bisnis online.

Payment gateway ini terbukti sanggup memudahkan para pelaku usaha dan konsumen saat melakukan transaksi. Bagi Sobat Lakuuu pelaku usaha, payment gateway bisa memberi rincian transaksi yang tepat dan akurat sehingga akan membantu membuat laporan keuangan dalam dunia perbisnisan. Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan dan terima kasih.