Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Pekerja VS Pebisnis: Apa Keuntungan dan Kelemahannya?

by Lakuuu Team 20 August 2021

pekerja-vs-pebisnis
Pengertian pebisnis secara umum merupakan sebuah profesi atau pekerjaan seseorang dalam menjemput rezeki. Sama halnya dengan berbagai profesi lainnya seperti salah satunya adalah pekerja. Kedua profesi inilah yang paling banyak mendominasi khususnya di masyarakat Indonesia.

Kedua hal ini memiliki banyak sekali perbedaan yang mencolok, baik itu secara konsep teknis hasil dan resiko yang ditanggungnya. Sehingga baik itu pelaku usaha maupun pekerja harus dapat memahami pengertian, kekurangan dan kelebihan masing-masing pilihan. Ketika hal ini sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah

Perlu Sobat Lakuuu ketahui, setiap orang berhak untuk menentukan jalan hidupnya. Salah satunya adalah dengan memilih jalan untuk mencari nafkah dan mencari rezeki yang diberikan oleh Tuhan. Oleh Karena itu, pilihlah pekerjaan sesuai dengan keahlian Sobat Lakuuu dan pastikan mampu untuk menjalaninya

Pengertian Pebisnis dan Pekerja, Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum Sobat Lakuuu terjun ke dalam dunia kerja, alangkah baiknya bila Anda memahami apa itu pebisnis serta kelebihan dan kekurangannya. Hal ini agar Sobat Lakuuu dapat mempertimbangkan beberapa resiko dan kemungkinan yang akan terjadi bila memilihnya. Sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam memilih pekerjaan yang bisa berdampak pada karir Sobat Lakuuu nantinya.

Pengertian Pebisnis

Pebisnis merupakan pelaku dari orang yang menjalankan bisnis atau usaha untuk mendapatkan keuntungan. Dalam prosesnya pebisnis merupakan pimpinan dari usaha yang dijalani baik itu yang memiliki kelas besar maupun dari yang terkecil.

Tugasnya tidak hanya seputar produksi dan menjualnya saja, akan tetapi menganalisa berbagai kemungkinan baik dan buruk. Seperti halnya cara agar berkembang, menghadapi kompetitor, inovasi dan manajemen keuangan serta karyawan. Adapun yang sesuai dengan ini adalah pebisnis, entrepreneur, pedagang dan lain sebagainya.

Pengertian Pekerja

Kemudian Pekerja adalah orang yang bekerja pada sebuah perusahaan yang menggunakan tenaga, baik itu fisik maupun pikiran. Atau dalam kata lain secara umum pekerja adalah orang yang bekerja untuk orang lain dengan tujuan untuk mendapatkan upah.

Secara tingkatan, pekerja berada pada tingkatan dibawah pebisnis. Namun tidak semua pekerja sama, karena ada tingkatan dan kelas tersendiri sesuai dengan tanggung jawab yang diemban. Serupa dengan pekerja adalah mereka yang menyandang pekerjaan buruh, pegawai karyawan dan lain sebagainya.

Perbedaan dan Persamaan

Meskipun Diantara dua profesi ini, lebih banyak perbedaan namun ada persamaan yang perlu untuk Sobat Lakuuu ketahui. Berikut adalah beberapa perbedaan antara pebisnis dengan  pekerja.

Pola Pikir

Pola pikir seorang pebisnis tentu berbeda dengan pekerja dalam hal pekerjaan dan mendapatkan uang. Karena pebisnis akan selalu berpikir lebih maju dan berani mengambil resiko. Kemudian apabila harus menghadapi kegagalan, seorang pebisnis lebih yakin kalau itu awal dari kesuksesan usahanya

Lingkup Pengetahuan

Faktor pembeda dari pengertian pebisnis dan pekerja yang lainnya adalah pengetahuan seorang pebisnis tentunya lebih banyak meskipun tidak mendalami secara spesifik. Berbeda dengan karyawan yang memahami satu tugas namun dengan pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam. Oleh karena itulah lingkup seorang pebisnis tentunya lebih luas dari pekerja meskipun tidak terlalu spesifik.

Tindakan

Kemudian tindakan Orang yang berpengetahuan luas tentu akan berbeda dengan orang yang memiliki suatu keahlian khusus. Oleh karena itulah, biasanya seorang pebisnis lebih menguasai banyak bidang.

Dari ketiga perbedaan itu ada satu persamaan antara pekerja dengan pebisnis yaitu mereka sama-sama berikhtiar dan berusaha untuk menjemput rezeki agar bisa menghidupi keluarga.

Kelebihan dan Kelemahan Seorang Pebisnis

Menjadi pebisnis tidak selalu penuh dengan kelebihan. Akan tetapi mereka bisa menjadikan kekurangan sebagai kelebihan. Hal ini sesuai dengan pengertian pebisnis. Berikut adalah beberapa kelebihan menjadi seorang pebisnis:

  • Tidak diatur oleh waktu. Akan tetapi seorang pebisnis biasanya lebih banyak menggunakan waktu, meskipun tidak terikat. Sehingga bisa lebih nyaman dan maksimal ketika menggunakan waktu.
  • Bisa memberikan dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Salah satu kelebihan pebisnis yang penting adalah membuka peluang pekerjaan untuk orang lain. Semakin banyak pebisnis, maka akan semakin banyak tercipta bahan pekerjaan sehingga ekonomi bisa menjadi lebih rata.
  • Memaksimalkan potensi. Seorang pebisnis bisa memaksimalkan potensinya dengan melakukan berbagai usaha dan inovasi terhadap usaha yang dijalaninya.

Kemudian kekurangan dari pebisnis adalah pendapatan yang tidak tentu., berbeda dengan karyawan.

  • Pendapatan seorang pebisnis tergantung Omset dan profit dari sebuah usaha itu. Sehingga resiko untuk tidak mendapatkan pendapatan dan cenderung rugi itu akan selalu ada.
  • Tanggung jawab. Seorang pebisnis tentu harus memiliki tanggung jawab yang besar terhadap usaha maupun karyawannya. Hal ini demi berjalannya proses bisnis Sobat Lakuuu.

Kelebihan dan Kelemahan seorang Pekerja

Menjadi karyawan atau pekerja tidak selamanya dibawah pebisnis, karena seorang pekerja yang bekerja untuk orang lain bisa jadi memiliki cita cita yang tinggi. Berikut adalah keuntungan menjadi seorang pekerja

  • Jam kerja yang pasti. Sesuai dengan keputusan atasan, selain itu Anda bisa bahasa beraktivitas dan liburan.
  • Tanggung jawab yang terbatas. Saat menjadi pekerja Sobat Lakuu hanya akan bekerja di bidang keahlian Sobat saja.
  • Penghasilan atau pemasukan tetap. Pekerja cenderung akan memiliki penghasilan yang tetap dengan resiko yang rendah. Hal inilah yang menjadikan lebih banyak untuk memilih menjadi pekerja.

Kemudian seorang pekerja atau karyawan memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah harus patuh dan bertanggung jawab pada pimpinan. Sobat Lakuuu perlu untuk bekerja dengan maksimal sehingga atasan akan merasa puas terhadap pekerjaan Sobat Lakuuu.

Memahami seputar pengertian pebisnis, dan beberapa perbedaanya dengan pekerja bisa membantu Sobat lakuuu sekalian yang akan memasuki dunia pekerjaan. Dengan begitu, akan lebih nyaman saat menjalankan peran baik sebagai pebisnis maupun pekerja.