Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Seberapa Pengaruh Giveaway, Worth atau Tidak?

by Lakuuu Team 4 October 2021

pengaruh-giveaway
Sobat Lakuuu pastinya pernah mengharapkan hadiah dari produk tertentu melalui iklan di media sosial? Tentu saja pernah, apalagi di situasi dan kondisi seperti saat ini. Yang mana aktivitas di luar rumah terbatas akibat dampak covid-19. Ya, pada dasarnya giveaway sendiri merupakan strategi pemasaran yang modern dan sangat ampuh. Jika Sobat Lakuuu belum tahu giveaway artinya apa, silahkan Sobat Lakuuu simak baik-baik penjelasan mimin kali ini.

Sebagian besar orang tahu, bahwasanya giveaway sendiri merupakan pembagian hadiah. Yang mana disertai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Padahal dalam sistem usaha atau bisnis sendiri, giveaway merupakan metode pemasaran. Giveaway untuk saat ini memang sangat populer. Karena yang jelas metode pemasaran yang satu ini bisa digunakan sebagai senjata yang paling ampuh dalam memasarkan suatu produk.

Berdasarkan perkembangannya sendiri, giveaway seringkali digunakan untuk mempromosikan dan memasarkan suatu produk. Lalu seberapa besar pengaruh giveaway pada pelaku usaha atau bisnis? Menghasilkan apa tidak sama sekali, atau justru malah rugi. Pastinya jika belum mengenal sistem giveaway ini, banyak yang berfikir pasti rugi jika menerapkanya.

Tujuan Penggunaan Strategi Pemasaran Giveaway

Perlu Sobat Lakuuu ketahui, dalam dunia bisnis atau usaha penggunaan strategi pemasaran sangatlah penting. Untuk saat ini, metode pemasaran yang sangat bernilai adalah giveaway. Bagi yang belum mengenal metode pemasaran ini, giveaway artinya memberi dengan tujuan timbal balik. 

Yang pasti pelaku bisnis atau usaha berani memberi hadiah dengan syarat yang berlaku kepada calon konsumennya. Tujuan dari penerapan giveaway sendiri bisa Sobat Lakuuu simak di ulasan kali ini.

  • Dapat meningkatkan leads

Perlu Sobat Lakuuu ketahui, Leads sendiri bisa diartikan sebagai calon konsumen yang memiliki potensial. Yang mana bisa menarik minat para calon konsumen untuk ikut serta dengan pelaku bisnis atau usaha dengan pemberian hadiah. 

Metode pemasaran jenis giveaway ini banyak yang menerapkannya. Bahkan sekarang bisa Sobat Lakuuu lihat di media sosial seperti facebook, youtube dan lain sebagainya. Tentu saja metode pemasaran seperti ini sangatlah mudah dilakukan.

  • Naikkan engagement

Selain bisa meningkatkan leads, ternyata giveaway juga bisa meningkatkan engagement. Pastinya Sobat Lakuuu bertanya-tanya, apa maksud dari engagement tersebut. Harus Sobat Lakuuu pahami jika Sobat Lakuuu merupakan pelaku bisnis atau usaha yang hendaknya menerapkan metode pemasaran giveaway ini. 

Maksud dari engagement sendiri yaitu menjalin hubungan komunikasi. Ya, komunikasi antara Sobat Lakuuu dengan konsumen Sobat Lakuuu, sehingga terciptalah sejumlah konsumen yang loyal terhadap produk Sobat Lakuuu. Dengan terjalinnya engagement yang sangat baik maka bisnis atau usaha Sobat Lakuuu bisa mudah berkembang.

  • Tumbuhkan Brand Awareness

Untuk poin yang ketiga ini, lebih tepatnya bisa meningkatkan pola brand awareness. Semakin banyak orang tahu mengenai giveaway yang Sobat Lakuuu lakukan, maka semakin banyak pula konsumen loyal Sobat Lakuuu. Memang tujuan dari giveaway sendiri mengenalkan produk ke konsumen supaya tertarik memakainya. 

Sedangkan untuk brand awareness sendiri bisa diartikan sebagai kesadaran dari konsumen terhadap produk maupun layanan Sobat Lakuuu. Yang pasti mengenai nama, kemudian logo, warna, dan jenis lainnya yang terkait tentang produk Sobat Lakuuu.

  • Jadi pembicaraan menarik

Sebagai promosi produk maupun layanan Sobat Lakuuu dari mulut ke mulut. Secara tidak langsung memang giveaway sangat cocok untuk diperbincangkan oleh khalayak umum. Dan sampai sekarang pun kebiasaan tersebut masih tetap eksis di kalangan masyarakat apalagi mengenai ibu-ibu. Untuk itu sangat bernilai dan efektif sekali jika giveaway Sobat Lakuuu lakukan. Yang terpenting jangan sampai Sobat Lakuuu kecewakan konsumen Sobat Lakuuu terkait giveaway ini.

Dari ulasan mimin di atas, tentu saja giveaway masih berpengaruh dalam dunia bisnis atau usaha. Sebagai salah satu strategi pemasaran, pada dasarnya giveaway artinya memberi hadiah. Yang mana tujuan utamanya adalah menarik minat konsumen untuk memakai produk atau layanan milik usaha Sobat Lakuuu.