Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Sebagai Perusahaan, Seberapa Pengaruh Memberikan Sponsor?

by Lakuuu Team 7 October 2021

pengaruh-sponsor
Sponsor sepertinya menjadi satu hal yang sangat penting untuk berjalannya suatu acara. Tanpa sponsor, biasanya akan sering terjadi masalah pendanaan, izin, dan lain yang sejenisnya. Sebegitu besar pengaruh sponsor bagi yang mendapatkannya. 

Bagi pihak yang mendapatkan sponsor, tentu keuntungannya tak hanya itu. Acara, program, maupun kegiatan yang dilakukan biasanya dianggap sebagai pagelaran yang besar karena adanya banyak sponsor. 

Selain itu, penerima sponsor juga tidak perlu susah dalam mengatur anggaran karena seringkali pihak pemberi sponsor memberikan nominal yang tidak sedikit. Acara tersebut juga akan direspon baik oleh banyak kalangan karena mendapatkan sponsor dari banyak perusahaan dan juga organisasi. 

Akan tetapi, di sisi lain, sebenarnya apa pengaruhnya terhadap pihak pemberi sponsor? Ada manfaatnya atau tidak? Pertanyaan ini mungkin diajukan oleh pemberi sponsor yang telah menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk suatu program maupun acara. 

Pertanyaan ini juga bisa muncul karena adanya keraguan saat memberikan sponsor dan pesimis karena tidak akan mendapatkan hasil apa-apa dari aktivitas tersebut. Padahal, sebenarnya ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan ketika mensponsori suatu acara, kegiatan, program dan lain yang sejenisnya. 

Apa saja pengaruh sponsor bagi perusahaan? Berikut ini penjelasannya. 

Pengaruh Sponsor bagi Perusahaan

Ada beberapa pengaruh yang harus Sobat Lakuuu ketahui jika memberikan sponsor terhadap suatu acara maupun program, begini ulasannya. 

  • Citra Perusahaan

Salah satu yang akan menjadi manfaat dari kegiatan sponsorship yang dilakukan oleh perusahaan adalah akan memberikan citra baik bagi perusahaan. Misalnya saja, suatu perusahaan atau organisasi memberikan sponsor pada acara malam tapak bakat seni dari suatu sekolah. 

Citra perusahaan bisa terangkat dari acara tersebut karena masyarakat akan menganggap perusahaan sangat concern dan peduli terhadap bakat dari siswa-siswi suatu sekolah. 

Jika citra perusahaan baik, dampaknya tentu pada nilai perusahaan yang akan semakin tinggi. Saat nilai perusahaan tinggi, maka produk, layanan, dan yang sejenisnya juga ikut terangkat dan mendapatkan persepsi baik dari masyarakat. 

  • Target pasar yang lebih luas

Keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh perusahaan ketika melakukan sponsorship adalah mendapatkan target pasar yang bisa lebih luas lagi. Dengan memberikan sponsor, biasanya logo perusahaan akan diletakkan di bagian persembahan terimakasih. 

Dengan adanya persembahan terimakasih yang diberikan, perusahaan tentu akan mendapatkan audiens secara ‘cuma-cuma’ dari sana. Masyarakat akan melihat siapa saja yang telah membantu terselenggaranya acara. Secara otomatis, masyarakat yang melihatnya akan mengetahui—minimal—nama perusahaan dan produknya. 

Jika masyarakat sudah melihat, maka jangan heran jika akan semakin banyak orang yang menggunakan jasa, produk, ataupun layanan dari perusahaan yang memberikan sponsor. 

  • Pengenalan produk secara detail

Dibandingkan dengan menggunakan tenaga perseorangan, tentu metode sponsorship sangat efektif digunakan untuk memperkenalkan produk secara detail. Asalkan sebelum memberikan sponsor, perusahaan memberikan syarat kepada pihak penyelenggara acara untuk menjelaskan produknya. 

Selain itu, minta penyelenggara acara untuk menjelaskan produk apa yang harus dikonsumsi atau layanan apa saja yang perlu dicoba dari produsen atau perusahaan yang memproduksinya. Dengan itu, perusahaan tak perlu repot membayar tenaga perseorangan untuk menjelaskan produk dengan pasar yang amat luas. 

  • Membuat masyarakat akrab terhadap nama perusahaan

Salah satu teori yang menjelaskan ini adalah teori pemasaran. Di sana menjelaskan bahwa ada teori top mind atau yang menjadi referensi utama masyarakat dalam mendefinisikan suatu produk. Sebagai contoh saja, Aqua. Ia merupakan brand untuk air dalam kemasan. 

Saat ini, masyarakat sudah banyak yang menyebutkan Aqua padahal mereka ingin membeli produk dengan brand atau merk yang berbeda. Dengan sponsor, perusahaan maupun merk dari produknya akan menjadi top mind dari masyarakat. Tentunya, akan berpengaruh terhadap penjualan dan pendapatan perusahaan. 

Itulah beberapa pengaruh sponsor jika ditilik dari sisi perusahaan. Ada banyak manfaatnya, jadi jangan ragu untuk memberikan sponsor kepada suatu program maupun acara.