Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Pengertian Sistem COD

by Lakuuu Team 5 August 2021

pengertian-sistem-cod
Sistem COD adalah singkatan dari Cash on Delivery. COD merupakan salah satu jenis transaksi di mana penerima paket akan membayar barang pada saat barang dikirimkan ke rumah. Sistem ini adalah sebuah sistem yang memudahkan karena pembayaran dapat dilakukan dengan uang cash. 

Bagaimana cara melakukan COD?

Transaksi COD atau cash on delivery adalah sistem transaksi di mana pemesanan produk dilakukan secara online. Konsumen menghubungi penjual untuk memesan produk. Jika terjadi deal antara konsumen dan penjual, penjual akan mendatangi konsumen untuk mengirimkan barang. Nah, setelah penjual mengirimkan barang dan barang diterima oleh konsumen pembeli nantinya akan membayar produk yang dipesan. 

Dahulu sistem COD hanya dilakukan secara langsung. Akan tetapi saat ini, sistem penjualan ini bisa digunakan dengan menggunakan pihak ketiga seperti e-commerce. Saat ini banyak e-commerce yang menyediakan sistem pembelian COD sehingga lebih memudahkan. 

Dalam sistem COD yang ditawarkan oleh e-commerce, e-commerce akan menjembatani pembelian produk dengan sistem ini. Dengan adanya peran e-commerce, penjual tidak perlu mendatangi pembeli melainkan mengirimkan produk dengan bantuan pihak ketiga sehingga semua tugasnya menjadi lebih mudah. 

Keuntungan sistem transaksi COD 

Pada dasarnya adanya sistem transaksi COD dapat memberikan banyak keuntungan. Keuntungan melakukan transaksi dengan sistem COD ini antara lain adalah :

  • Transaksi menjadi lebih aman

Keuntungan utama mengapa sistem transaksi COD lebih menguntungkan adalah karena transaksi menjadi lebih aman. Dari awal, sistem transaksi COD memang ditujukan untuk membuat transaksi online menjadi lebih mudah dan lebih aman. Sistem COD membuat sistem transaksi online menjadi lebih menguntungkan karena penjual tidak perlu khawatir produk tidak dikirimkan setelah dibayar. 

  • Bisa dilakukan pengecekan produk secara langsung

Selanjutnya, jika Sobat Lakuuu akan memesan produk dengan transaksi COD, Sobat Lakuuu bisa bertemu dengan seller secara langsung sehingga bisa memeriksa produk yang akan dibeli. Inilah yang membuat sistem COD menjadi lebih aman dan lebih memudahkan. 

Bagi konsumen yang tidak memiliki dana di rekening, konsumen juga bisa membeli produk dengan menggunakan uang cash. Inilah yang membuat sistem transaksi ini menjadi lebih menguntungkan bagi konsumen. 

  • Membuat penjual lebih terpercaya

Hal lain yang menguntungkan dari transaksi COD adalah membuat penjual lebih terkesan terpercaya. Jika seorang penjual tidak menggunakan e-commerce untuk melakukan transaksi, pasti sulit bagi konsumen untuk langsung percaya pada penjual. Nah, dengan adanya sistem transaksi COD ini, konsumen menjadi lebih yakin untuk melakukan transaksi. Ini adalah salah satu keuntungan menggunakan sistem transaksi COD bagi penjual. 

Kekurangan dari sistem transaksi COD 

Sayangnya meski memiliki banyak kelebihan, sistem transaksi cash on delivery juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan pertama adalah mengenai proses seleksi konsumen. Bagi konsumen, sistem transaksi COD memang sangat menguntungkan. Akan tetapi bagi penjual, sistem ini mungkin agak berisiko. Mengapa? Pasalnya sistem transaksi ini memungkinkan konsumen fiksi sehingga akan menyusahkan pihak penjual. 

Selain itu, ketika sistem transaksi ini diberlakukan tetapi barang tidak bisa sampai ke konsumen, maka produk akan dikembalikan. Untuk melakukan pengembalian ini, dana yang dibutuhkan akan lebih mahal. Inilah yang membuat sistem COD lebih banyak dikaji ulang penggunaannya. 

Meski begitu, karena sistem ini memudahkan konsumen dan banyak disukai oleh konsumen, hingga saat ini sistem COD masih banyak dipergunakan. Selain itu, jika penjual memiliki sistem cash on delivery artinya penjual bisa memberikan jaminan keamanan yang artinya ia bisa dipercaya.