Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Kenali Pengertian dan Pentingnya Omni Channel pada Bisnis Sobat Lakuuu

by Lakuuu Team 5 September 2021

pentingnya-omni-channel
Saat Sobat Lakuuu melakoni sebuah bisnis, Sobat Lakuuu harus paham mendalam mengenai Omni Channel. Hal ini sangat penting bagi bisnis Sobat Lakuuu, sebab ini adalah sebuah strategi Marketing dalam meningkatkan bisnis milik Sobat Lakuuu.

Berkembangnya zaman membuat teknologi juga semakin berkembang. Bahkan hal tersebut membuat pengalaman belanja juga berubah. Hal ini dibuktikan dengan Sobat Lakuuu yang tak perlu lagi datang ke toko atau pasar dalam mendapatkan sebuah barang. Sebab, kini Sobat Lakuuu sudah dipermudah dengan adanya penjualan bersistem online. 

Bahkan banyak strategi yang dikembangkan dalam menarik para pembeli dalam menentukan pilihannya. Kemudian terdapat sebuah strategi yang belakangan ini tengah ramai menjadi perbincangan para pelaku bisnis, yakni strategi omnichannel. Ini merupakan sebuah strategi dalam meningkatkan pemasaran dan penjualan dalam sebuah brand.

Kemudian penerapan strategi tersebut memang memiliki peran yang besar, salah satunya mengembangkan bisnis. Hal ini dikarenakan strategi tersebut mampu menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Nah, di bawah ini akan diulas mengenai manfaat omnichannel dalam sebuah bisnis. Simak selengkapnya 

Manfaat Strategi Marketing Omni Channel Pada Bisnis 

Semakin banyak platform online yang bermunculan, membuat bisnis online menjadi berkembang. Kemudian dalam melakukan adaptasi, bertahan, dan berkembang maka diperlukan sebuah strategi. Sehingga, bisnis Sobat Lakuuu bisa terlepas dari persaingan yang ketat.

Sebagai pebisnis, maka Sobat Lakuuu harus memberikan pengalaman belanja yang nyaman kepada konsumen. Salah satunya adalah dengan strategi Omni Channel. Sehingga bisnis Sobat Lakuuu akan terintegrasi dan Sobat Lakuuu bisa mengelola toko online serta offline secara bersamaan. Hal ini membuat jangkauan bisnis milikmu menjadi luas, alhasil pendapatan juga bertambah.

Di bawah ini adalah manfaat pada bisnis Sobat Lakuuu ketika menggunakan strategi omnichannel :

  • Mengintegrasikan Berbagai Channel

Melalui strategi tersebut, maka Sobat Lakuuu bisa mengintegrasikan berbagai platform penjualan. Sehingga, Sobat Lakuuu bisa mengelola dan memantau di berbagai platform melalui satu saluran. Sudah jelas, strategi ini memudahkanmu dalam memeriksa total penjualan, melakukan analisis, dan mengecek inventory.

  • Data yang Lebih Komprehensif

Banyaknya platform yang Sobat Lakuuu gunakan, bisa disimpulkan bahwa banyak data yang harus Sobat Lakuuu kumpulkan dan dianalisis. Sehingga, Sobat Lakuuu bisa lebih paham dengan target Marketing, seperti perilaku, kebiasaan, demografi, hingga preferensi calon konsumen.

  • Membuat Strategi untuk Audiens yang Spesifik

Sobat Lakuuu harus melakukan analisis data konsumen dan transaksi. Sehingga, hal ini memudahkanmu dalam menyusun strategi pada setiap kelompok audiens. Hal ini membuat campaign yang Sobat Lakuuu lakukan menjadi lebih tepat dan memberikan performa yang bagus.

  • Meningkatkan Produktivitas

Dengan menggunakan strategi Omnichannel, membuat Sobat Lakuuu menjadi lebih produktif dalam menjalankan bisnis. Jika sebelumnya Sobat Lakuuu hanya bisa memantau dan melayani transaksi dari satu platform ke platform lainnya, kini menjadi lebih mudah. Sebab, Sobat Lakuuu bisa mengelola toko di semua platform hanya dengan satu saluran saja. Sangat efisien sekali bukan ?

  • Mendorong Traffic dan Penjualan

Sedangkan dalam sisi konsumen, kemunculan strategi tersebut memudahkan target Marketing agar bisa membeli barang dengan nyaman, dimanapun mereka berada. Calon konsumen disediakan banyak pilihan dan cara dalam mengakses dan membeli barang.

Kemudian dari sisi bisnis, strategi ini memudahkan Sobat Lakuuu dalam mengakses informasi mengenai platform belanja, melihat ketersediaan stok barang, hingga barang yang disukai konsumen. Dengan memiliki data seperti itu dan ditambah dengan kenyamanan kepada konsumen, kemungkinan besar tingkat penjualan akan semakin meningkat.