Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Perbedaan SEO, SMM & SEM yang Mana Lebih Penting untuk Bisnismu?

by Lakuuu Team 17 August 2021

perbedaan-seo-smm-sem
Perbedaan SEO, SMM dan SEM bisa terlihat dari pengertian serta manfaatnya dalam bidang digital. Terlebih bagi seseorang yang telah terjun dan mulai mendalami bidang content writer. Untuk mengetahui seperti apa yang membedakan ketiganya, memang menjadi suatu hal yang sangat penting.

Istilah-istilah dalam penggunaannya memang tidak pernah digunakan secara bersamaan atau bergantian. Misalnya saja ketika seseorang menggunakan istilah SEO, maka tidak akan serta-merta menggunakan istilah SEM lagi. Begitu juga sebaliknya, ketika menggunakan istilah SEM atau SMM, maka tidak akan menyebutkan istilah lainnya.

Perbedaan SEO, SMM dan SEM Beserta Manfaatnya dalam Sebuah Bisnis Digital

Di era digital seperti saat ini, pekerjaan menjadi content writer sangat mudah ditemui. Meski sekilas terlihat mudah, nyatanya pekerjaan ini memerlukan beberapa metode agar hasil karya mampu menduduki peringkat atas. Tugas content writer sendiri tidak hanya sekedar menyusun beberapa kata agar menjadi sebuah kalimat dan paragraf saja.

Agar mampu dijangkau oleh para pembaca, maka dalam menyusun kalimat memerlukan strategi khusus. Untuk itu dalam pekerjaan ini terdapat beberapa istilah yang penting dan saling berpengaruh terhadap hasil akhirnya. Seperti SEO, SEM serta SMM, yang mana mungkin belum begitu awam bagi sebagian orang.

Berbicara mengenai ketiga istilah penting tersebut, kira-kira apa saja perbedaan SEO, SEM dan SEM yang sebenarnya?

Pengertian SEO

Istilah SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik pengelolaan website agar bisa bekerja dengan optimal hingga memperoleh peringkat teratas dalam pencarian. Dengan bisa mencapai peringkat paling atas, otomatis jumlah kunjungan dalam website tersebut semakin meningkat yang akhirnya bisa memberikan keuntungan. 

Dalam mengelola website, penggunaan istilah SEO tak hanya berfungsi untuk meningkatkan trafik kunjungan semata, tapi juga untuk menjangkau audien.

Perbedaan SEO, SEM dan SMM juga terlihat dari manfaat yang didapat. Penggunaan istilah SEO ini juga mendatangkan beberapa manfaat seperti kemudahan dalam memperoleh data konsumen secara gratis. 

Data tersebut akan sangat berguna bagi Sobat Lakuuu ketika ingin menghubungi mereka. Tak hanya itu saja, dengan mendapat data konsumen, akan semakin mudah untuk menawarkan suatu produk atau promosi.

Pengertian SEM

Istilah SEM (Search Engine Marketing) adalah sebuah bentuk pemasaran digital dengan cara mengiklankan website. Biasanya cara beriklan ini ditujukan ke perusahaan mesin pencarian seperti Google Ads, Yahoo! dan Bing. Metode iklan tersebut juga berbeda-beda, namun kebanyakan yang digunakan adalah PPC (Pay Per Click).

Dengan metode iklan seperti ini, pemilik website akan mendapat tagihan iklan ketika ada pengguna yang mengakses website itu melalui iklan. Sebagai contoh, ketika memasukkan kata kunci rental motor, otomatis website halaman atas adalah website milik penyedia jasa layanan rental motor. Bisa muncul pada halaman teratas lantaran pihak rental memasang iklan melalui Google Ads.

Pengertian SMM

Istilah SMM (Social Media Marketing) adalah salah satu metode yang memanfaatkan iklan digital pada media sosial untuk memaksimalkan kunjungan website. Seperti kita tahu saat ini sosial media merupakan salah satu bagian yang penting dalam kehidupan banyak orang. Karena itulah para kreator memanfaatkan tren ini untuk mempromosikan kontennya.

Sebagai contoh, website berita tribunnews, kompas, detik.com dan lainnya memiliki sosial media untuk mempromosikan kontennya. Hal ini lantaran kebanyakan orang lebih memilih membaca melalui sosial media. Sehingga perusahaan media berita memanfaatkan hal tersebut dengan membagikan tautan link ke dalam sosial media yang bisa kapan saja dikunjungi.

Selain hal di atas, Sobat Lakuuu juga bisa melihat perbedaan SEO, SEM dan SMM melalui beberapa karakteristiknya.

Jangka Waktu

Untuk memaksimalkan website, SEO terbilang membutuhkan waktu yang lama. Namun akan lebih bisa bertahan lama lantaran metode yang digunakan tanpa beriklan melainkan dengan strategi untuk menunjang keberlanjutan website. Sementara pada SEM, metode yang digunakan mampu memaksimalkan website dalam kurun waktu relatif singkat.

Sayangnya hal ini hanya akan bekerja pada periode terbatas saja, tergantung dengan banyaknya iklan yang dibayar. Berbeda dari SEO dan SEM, metode SMM memerlukan waktu lebih lama dalam meningkatkan pengikut di sosial media. 

Akan tetapi dengan menggunakan beberapa metode tertentu juga mampu menaikkan pengikut secara instan. Misalnya dengan menggunakan strategi endorse selebgram atau sejenisnya.

Pencapaian Target

Ketika Sobat Lakuuu menerapkan metode SEO, maka harus dengan diimbangi mengunggah konten sebanyak mungkin. Kemudian menganalisa serta memaksimalkannya, nah dengan bantuan iklan maka target untuk menaikkan trafik pada website akan lebih cepat lagi. Berbeda dengan metode SEM yang dalam strateginya menggunakan pihak ketiga sehingga hasilnya akan lebih instan dari SEO.

Sementara penerapan SMM sendiri bisa dibilang lebih baik dari SEO namun lebih lambat dari SEM. Hal ini dipengaruhi dengan perkembangan sosial media yang begitu pesat sehingga untuk menjangkau audien juga semakin cepat. 

Nah, setelah mengetahui perbedaan SEO, SEM dan SMM maka Sobat Lakuuu bisa menentukan manakah yang sekiranya lebih penting untuk bisnis.