Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Ini Loh Pengertian Point of Sales (POS) dan Manfaatnya untuk Bisnis Kamu!

by Lakuuu 27 November 2021

point-of-sales-pos
Mendengar istilah point of sales mungkin Sobat Lakuuu akan terbayang bahwa pengertian point of sales adalah sebuah sistem yang bisa merekam data dan membuatnya tertata rapi. Hal tersebut memang benar tapi fungsi point of sales tidak sebatas itu saja.

Tidak dipungkiri bahwa inti dari sebuah usaha atau bisnis adalah untuk menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu dibutuhkan sistem yang efektif dan efisien untuk menunjang kelangsungan bisnis seperti teknologi point of sales.

Ada berbagai kegunaan yang bisa Sobat Lakuuu dapatkan dengan menggunakannya. Bahkan system ini bisa berdampak luar biasa pada penjualan dan berpengaruh pada sebuah bisnis.

Pengertian Point of Sales yang Perlu Diketahui

Dapat dikatakan bahwa point of sales suatu tempat untuk pembayaran para pelanggan saat membeli sebuah produk. POS biasanya berbentuk smartphone, tablet, mesin, atau sejenis perangkat lunak untuk transaksi.

Umumnya disebut sebagai mesin kasir di Indonesia. POS awalnya hanya berfungsi untuk memudahkan para pelaku usaha dalam bertransaksi. POS digunakan untuk menyimpan uang, menghitung cepat, dan juga mencetak kwitansi pembayaran.

Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak juga fitur POS. pos mulai berkembang menjadi tempat menghitung untung rugi, penyimpanan data customer, dan rekap penjualan.

Di era teknologi seperti sekarang ini, POS telah terintegrasi dengan koneksi internet. Hanya dengan bermodalkan tablet atau gadget, Sobat Lakuuu sudah bisa memiliki sistem POS untuk kepentingan bisnis.

Manfaat Point of Sales Dalam Bisnis

Berbagai jenis usaha dapat menggunakan POS dengan banyak manfaat yang diberikannya. Berikut adalah beberapa fungsi serta manfaat POS yang perlu Sobat Lakuuu ketahui.

1. Merekam data transaksi secara lengkap lalu diproses menjadi bentuk laporan yang dapat dianalisis.

2. Jika mengintegrasikan POS dengan inventory atau sistem stok barang, kekurangan bahan baku dapat diantisipasi.

3. Memberi laporan penjualan online pada pemilik usaha.

4. Pelaku usaha secara cepat membuat perubahan data.

5. Struk pembelian pelanggan dapat dicetak secara otomatis dan tidak perlu menggunakan kwitansi manual.

6. Kasir bisa langsung mengetahui jumlah kembalian tanpa harus repot menghitungnya. Transaksi bisa berlangsung cepat dan mengurangi antrean.

7. Menggunakan banyak metode pembayaran seperti non tunai, tunai, kartu kredit, dan lainnya.

Keunggulan Bisnis Menggunakan Sistem POS

Apakah semua jenis bisnis harus menggunakan system POS. Tentu tidak, semua tergantung pada si pemilik usaha itu sendiri dan pemahaman mereka akan pengertian point of sales.

Akan tetapi, dengan menggunakan POS tentunya sistem operasional akan lebih efektif jika dibandingkan dengan sistem tradisional. Apalagi jika bisnis yang dimiliki cukup besar dan semakin kompleks, tentu tidak mungkin untuk sepenuhnya mempertahankan sistem tradisional.

Dapat dibayangkan tanpa memahami pengertian point of sales maka semua pencatatan masih secara manual dan memakan waktu lama. POS lebih fleksibel dan muda digunakan. Fleksibilitas POS berupa tersedianya pilihan mode pembayaran.

Pelanggan akan merasa lebih nyaman dalam bertransaksi. Selain itu, POS juga mudah digunakan. Misalnya, sebuah restoran yang menggunakan POS dalam hal pembayaran. Biasanya para pelanggan membayar lewat tablet, ini termasuk dalam POS.

Pelanggan tidak perlu memanggil pramusaji setiap saat mereka ingin memesan melainkan hanya melalui fitur yang sudah tersedia di tablet. Pelanggan tidak perlu berteriak memesan dan tinggal menunggu menu diantarkan saja.

Apalagi jika tampilan POS menarik akan semakin membuat pelanggan nyaman dan senang. Dengan memahami pengertian point of sales dapat membantu perkembangan bisnis.

Mengenal Fitur yang Ada di Cloud POS

Fitur cloud POS adalah sebuah penghubung POS dengan internet. Dengan cloud, data dari hard disk internal pada komputer dapat di back up sehingga tetap aman. Dengan adanya fitur ini, POS dapat diakses dimana saja dan kapan saja dengan aman.

Berdasarkan data pada 2018 dari Hospitality Technology’s, sistem POS dengan basis cloud digunakan oleh sekitar 61% merchant. POS dengan basis cloud umumnya menggunakan aplikasi. Pengguna dapat mengakses POS dengan memasukkan username dan password.

Untuk konektivitas, sekarang ini banyak penyedia pos yang menggunakan sistem wireless alias nirkabel. Misalnya POS dapat terhubung ke printer bluetooth dan secara otomatis mencetak struk pembayaran.

Ada banyak juga perangkat yang kompatibel dengan POS saat ini seperti tablet berbasis iOS atau Android. Ada juga yang menggunakan terminal yaitu salah satu perangkat khusus POS.

Untuk pembayaran POS cloud biasanya per tahun namun ada beberapa yang bisa digunakan secara gratis. Sobat Lakuuu tidak perlu khawatir dengan data yang disimpan karena sistem cloud ini akan secara berkala melakukan back up.

Setelah mengenal POS dan Sobat Lakuuu mungkin mulai berpikir untuk menggunakannya dalam bisnis, akan lebih baik untuk terlebih dahulu memastikan kebutuhan Sobat Lakuuu. Hal ini bertujuan untuk menghindari pemborosan biaya.

Perhatikan juga penggunaan POS yang sesuai dengan jenis bisnis Sobat Lakuuu agar lebih efisien. Dengan memahami pengertian point of sales dan berbagai keunggulannya, berbisnis jadi lebih mudah dan praktis.