Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Sedikit Lebih Beda, yang Bisa Ubah Pola Pikir Sobat Lakuuu!

by Lakuuu 29 December 2021

pola-pikir
‘Sedikit lebih beda, lebih baik, dari pada sedikit lebih baik’, kalimat yang diutarakan oleh Pandji Pragiwaksono pada materi standp up comedynya di tahun 2016 ini memang sangat menarik perhatian publik.

Tidak sedikit orang yang dibuat ‘melotot’ dengan makna di baliknya. Menyadarkan Sobat Lakuuu bahwa masing-masing orang memiliki kemampuan dan bakat berbeda-beda.

Terlebih, dalam setahun berapa banyak orang yang memiliki umur sama sehingga ketika lepas ke dunia kerja akan saling bersaing antara satu sama lain. Personal branding terbilang penting untuk dimiliki.

Dan jika menawarkan sesatu yang umum sudah tidak begitu menarik lagi dimata sekitar. Karena itu langkah terbesarnya adalah dapat memberikan hal unik, atau inovatif baru agar orang lain mau melirik. Menjadi biasa itu mudah, tetapi untuk bisa tampil ‘luar biasa’ merupakan tantangan tersendiri.

Apa Maksud, ‘Sedikit Lebih Beda’ ?

Pandji Pragiwaksono menjabarkan beberapa hal mengenai kesuksesan seseorang untuk bisa menonjol ketika berkarya. Ide dasar boleh sama, namun untuk memilih poin dari yang bisa dijadikan pusat menariknya harus berbeda.

Dirinya juga menceritakan suatu inovasi sederhana yang dapat melambungkan nama satu produk gadget menjadi lebih terkenal lagi. Hanya dengan mengganti warna permukaannya menjadi putih di saat produk lain berwarna hitam.

Sukses menjadikannya sedikit beda dari sekitar, walaupun memiliki fungsi yang sama. Hal spesial ini adalah hasil dari meriset dan mampu menemukan celah perbedaan yang belum disentuh orang lain.

Mengembangkan melalui beberapa percobaan, meminta pendapat orang sekitar, bahkan mungkin melakukan kampanye awal untuk suatu produk. Melihat kemungkinan feedbacknya.

Karena jika hanya terus mengikuti hal umum, maka tidak akan menarik lagi di mata sekitar. Tepatnya, menggiring opini orang lain jika Sobat Lakuuu tidak inovatif.

Berbeda halnya ketika Sobat Lakuuu ingin menjual personal branding. Maka keterampilan tambahan (Soft skill), atau mungkin ciri khasnya harus lebih diasah lagi.

Inilah salah satu inti dari ‘sedikit lebih beda, lebih baik, dari pada sedikit lebih baik’, yang coba disampaikan Pandji Pragiwaksono pada Sobat Lakuuu sekalian. Sebuah motivasi ringan namun cukup menampar.

Kuncinya terbilang susah-susah gampang. Jika ingin sukses dengan cara menarik, maka jangan takut untuk terlihat unik.

Tips Sukses dengan Menjadi ‘Sedikit Lebih Beda’

Proses meniti kesuksesan tanpa meniru memang cukup sulit dilakukan, karena orang terbiasa menjadikan hal sudah ada sebagai target pencapaiannya. Namun bukan berarti tidak ada solusi. Jika Sobat Lakuuu ingin menjadi ‘Si pencipta’ dalam trend atau hal baru lainnya, simak tips berikut :

1.  Mencari Kesempatan dalam Kesempitan

Sering dengar mencari kesempatan dalam kesempitan? Ya, kalimat yang kerap digunakan oleh para pencari celah sukses sedikit lebih beda dari lainnya menjadikan ini sebuah patokan baru.

Untuk memilih personal branding yang belum, bahkan tidak pernah dimiliki orang lain akan menjadi misi cukup panjang. Namun setelah mendapatkannya dan diasah secara benar, itu akan menjadi kekuatan tersendiri.

Jelasnya, Sobat Lakuuu perlu melihat peluang dari sesuatu yang sudah ada atau tidak ada sama sekali. Misalnya, contoh para youtuber masa kini. Setiap dari youtuber memiliki target viewers masing-masing. Kemudian, berlomba untuk bisa menjadi channel pertama meluncurkan konten baru, segar dan viral hingga menaikkan namanya.

2.  Berani Mencoba Hal Baru

Menjadi sedikit lebih beda juga tidak terlepes dari berani mencoba hal baru. Takut gagal adalah sebuah perasaan wajar yang setiap orang rasakan. Namun, bangkit dan tetap melangkah merupakan pencapaian tersendiri.

Untuk bisa menentukan keunikan maka harus merasakan error and trial. Perlu diingatkan, tidak masalah jika Sobat Lakuuu melakukan kesalahan. Itu hanyalah proses mencari seribu cara lainnya.

3.  Tanamkan Jiwa Bebas Penuh Petualangan

Jiwa petualang adalah orang yang gencar mencari berbagai cara, peluang, bahkan hal unik baru. Mengulas apa saja dan melihat semua menjadi kesempatan. Membayangkan skenario masa depan lebih jauh dari lainnya.

Sekiranya apa yang dibutuhkan masyarakat beberapa tahun kemudian? Atau produk untuk dapat membantunya? Bebas menentukkan apa saja sebelum orang lain mengklaim ide tersebut. Karena itu, untuk menjadi sedikit lebih beda, explored semakin jauh Sobat Lakuuu, masih banyak bahan mentah yang siap dijadikan inti kesuksesan.

4.  Sukses Itu Sebuah Hasil yang Diusahakan

Gagal sekali, dua kali, tiga kali, bisa menurunkan rasa percaya diri Sobat Lakuuu yang tadinya sangat yakin dengan pilihannya. Namun, harus ditanamkan permanen bahwa seperti itulah prosesnya.

Sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada tangga bahkan lubang kegagalan yang perlu dilewati. Sedikit demi sedikit, secara konsisten bangkit dan belajar dari kesalahannya. Demi mendapatkan hasil yang diinginkan.

Tahu tidak, Sobat Lakuuu? Pada dasarnya setiap orang sudah memiliki keunikannya masing-masing. Tugas individunya adalah mengasah perbedaan itu menjadi sebuah amunisi kuat agar menarik untuk diperlihatkan.

Seperti personal branding, yaitu menempa ‘keunikan’ diri dengan menjadikan kemampuan 1 : 10 diantara orang lain. ‘Sedikit lebih beda, lebih baik, dari pada sedikit lebih baik’ bisa menjadi dasar patokannya.