Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa Itu QA Dalam Perusahaan Teknologi? Kenali Selengkapnya

by Lakuuu 28 December 2021

quality-assurance
Lebih mengenal QA dalam perusahaan teknologi akan membuat Sobat Lakuuu lebih paham mengenai perusahaan. Untuk QA atau biasa juga disebut dengan Quality Assurance pada sebuah perusahaan dengan tanggung jawab dibebankan.

Untuk Quality Assurance sendiri, memegang tanggung jawab untuk memberikan jaminan terhadap kualitas produk. Ketika berada pada perusahaan teknologi, kualitas dari produk telah dicek oleh bagian QA ini.

Pada setiap perusahaan, tentunya memiliki standar keandalan masing – masing. Selain itu, mereka juga menetapkan fungsi, kinerja serta standar kualitas lainnya terhadap setiap produk dihasilkan saat produksi oleh bisnis.

Pada perusahaan teknologi khususnya untuk QA dalam perusahaan teknologi, sendiri memiliki peran sangat penting. Dikarenakan dalam produk mereka menghasilkan barang – barang digital, maka membutuhkan standar kualitas.

Penentuan kualitas yang dapat dilakukan secara tepat, akan memberikan hasil terbaik. Bukan hanya itu saja, Sobat Lakuuu juga akan mendapatkan berbagai hal dibutuhkan ketika telah melakukan penetapan produk dan layanan.

Untuk bagian QA sendiri, memastikan juga bertanggung jawab untuk produk akan dilepaskan oleh usaha pada pemasar. Produk dilepas ke pasar tersebut tentunya telah memenuhi standar kualitas setiap komponen.

Pengecekan dari standar kualitas tersebut dilakukan pada bagian setiap komponen untuk barang elektronik. Maka dari itu, untuk perusahaan teknologi yang kebanyakan melakukan produksi barang elektronik membutuhkan Quality Assurance.

Dengan adanya pengecekan tersebut, maka dapat menghindari risiko akan kegagalan produk ketika di pasar. Konsumen juga lebih bisa mempercayai produk diperdagangkan saat telah dilakukan pengecekan melalui bagian QA.

QA Dalam Perusahaan Teknologi Sangat Penting

Perusahaan teknologi di masa sekarang telah banyak mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Setiap perubahan ini, menimbulkan sebuah hal positif di mana kualitas produk dihasilkan juga semakin baik.

Melihat kualitas yang baik tersebut, juga harus dilakukan pengecekan kembali oleh bagian pengecekan. Monitoring secara aktif terus dilakukan oleh bagian QA perusahaan untuk mendapatkan jaminan terbaik bagi pelanggan.

Serangkaian uji coba biasanya dilakukan pada produk dalam mengetes kualitasnya secara maksimal. Setiap komponen yang nantinya akan digunakan, dites terlebih dahulu sebelum nantinya disetorkan ke pasaran umum.

Dengan adanya QA dalam perusahaan teknologi juga memiliki manfaat penting untuk menjaga kualitas produksi. Ketika produk terus mendapatkan uji coba standar kualitas, maka ini akan meminimalisir terjadinya kecacatan.

Benda – benda berhubungan dengan teknologi dibutuhkan oleh konsumen dapat memberikan kepuasan. Dikarenakan selalu memenuhi uji standar yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan melalui bagian Quality Assurance.

Upaya pemberian jaminan terbaik kepada konsumen, juga membuat pembeli lebih mempercayai suatu merek. Ketika mereka terus bisa mendapatkan barang dengan standar terbaik, maka bukan tidak mungkin jika RO terus dilakukan.

RO atau Repeat Order ini, menjadi sebuah hubungan timbal balik menguntungkan bagi bisnis. Saat ada banyak pelanggan yang telah memberikan kepercayaan terhadap produk dan terus melakukan pembelian ulang.

Maka ini, akan menimbulkan hubungan loyalitas serta kepercayaan dari konsumen terhadap perusahaan. Dari bisnis juga tidak perlu lagi merasa khawatir ketika melakukan pemasaran karena telah memiliki banyak pelanggan tetap.

Keberadaan Staf QA Penting untuk Pengendalian Usaha

Tidak perlu diragukan lagi QA dalam perusahaan teknologi memiliki peran penting untuk melakukan pengendalian terhadap bisnis. Seperti telah dibahas sebelumnya, jika pelanggan akan lebih mempercayai produk.

Bukan hanya dikarenakan kualitasnya terjamin saja. Ketika pelanggan bisa mendapatkan barang – barang terbaik, maka mereka juga akan merasa senang dan terus menggunakan jenis yang sama berulang kali.

Pada sebuah bisnis, biasanya juga banyak menaruh kepercayaan terhadap bagian pengecekan kualitas ini. Sebagian sistem pengendalian telah dipegang oleh QA dengan mereka dapat membuat pelanggan kembali membeli produk ditawarkan.

Selain penting, untuk posisi ini juga cukup diminati oleh banyak orang. Selain profesi ini cukup menarik, gaji yang diberikan juga relative besar apalagi pada perusahaan mengusung produksi berupa teknologi.

Biasanya pada posisi entry akan diberikan level gaji kisaran 3 hingga 4 juta rupiah setiap bulannya. Sedangkan untuk level menengah bisa mendapatkan gaji 10 hingga 15 juta rupiah setiap bulannya.

Peran dan Tanggung Jawab Quality Assurance

Agar lebih paham kembali, maka Sobat Lakuuu yang ingin mendapatkan posisi QA dalam perusahaan teknologi juga perlu memahami berikut ini. Peran dan tanggung jawab mereka dalam melakukan pengujian produk.

Melakukan pemantauan, analisis serta penelitian, juga perkembangan dari keseluruhan produksi dari barang merupakan tanggung jawabnya. Selain itu, monitoring selama proses pembuatan barang, juga dilakukan secara ketat.

Setelahnya Quality Assurance juga melakukan verifikasi akan kualitas barang. Petugas akan melakukan pengecekan ulang sesuai dengan standar telah ditetapkan oleh perusahaan tempat produksi dari barang.

Memastikan juga jika barang diproduksi ini, telah memenuhi kualitas standar ditetapkan. Dengan begitu akan mudah untuk melakukan pengelolaan ulang terhadap barang dengan kualitas rendah yang ada setelah pengecekan.

Dalam proses inspeksi juga dilakukan dokumentasi sehingga produk bisnis akan terjamin. Analisis maupun catatan biasanya dibuat oleh QA dalam perusahaan teknologi untuk dijadikan sebagai referensi di masa mendatang.