Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Pentingnya Melakukan Riset Pasar Dalam Berbisnis

by Lakuuu Team 4 August 2021

riset-pasar-dalam-berbisnis
Ketika akan memulai sebuah bisnis, setiap Sobat Lakuuu memiliki rancangan tentang siapa target konsumen  yang akan dibidik. Namun, sering kali ditemukan pebisnis melakukannya dengan tergesa-gesa, yang terpenting usaha bisa berjalan dahulu.

Sebenarnya pemahaman seperti di atas tidaklah benar, dan justru bisa menjadi boomerang. Oleh sebab itu, untuk memulai sebuah bisnis terlebih dahulu diperlukan riset pasar untuk menentukan arah serta tujuan yang akan dicapai.

Manfaat melakukan riset pasar

Riset pasar merupakan sebuah proses observasi dan evaluasi tentang bagaimana tingkat kelayakan suatu produk bisnis. cara ini memungkinkan Sobat Lakuuu sebagai pelaku bisnis menemukan, mengumpulkan serta mendokumentasikan opini yang akan ditarik menjadis ebuah keputusan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan riset pasar sebelum menjalankan bisnis:

  • Memahami kebutuhan pasar

Fungsi pertama dari riset pasar adalah untuk mengetahui apakah produk bisnis yang akan Sobat Lakuuu Dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan pasar atau tidak. Jika ternyata hasil riset yang dilakukan memberikan hasil kurang maksimal, maka ada baiknya jika ide produk tersebut dipikirkan ulang.

Dengan melakukan riset pasar, Sobat Laku juga akan lebih mudah dalam menentukan apa sebenarnya kebutuhan. Baik itu berupa produk ataupun jasa yang memang benar-benar sedang dibutuhkan masyarakat.

  • Menentukan target pasar

Selanjutnya, manfaat yang bisa diperoleh dari adanya riset tersebut yakni menentukan target pasar. Selain itu, Sobat Lakuuu juga perlu mengetahui tentang bagaimana perilaku para konsumen ketika mengkonsumsi produk atau ketika menggunakan sebuah layanan. 

Dengan begitu, selain memperoleh data target pasar yang paling relevan, Sobat Lakuuu juga dapat memikirkan strategi pemasaran yang paling efektif.

  • Mendapatkan informasi yang akurat

Riset pasar dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan, sehingga hasil informasi yang diperoleh sangat nyata dan akurat. Melalui informasi ini, Sobat Lakuuu bisa mempersiapkan segala hal yang akan diperlukan bisnis kedepannya, termasuk hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa saja terjadi.

Semakin tepat cara mempelajari pasar, maka Sobat Lakuuu juga semakin mudah pula dalam menentukan langkah maju yang harus segera dilakukan.

  • Fokus pada pasar

Setiap hasil riset yang dilakukan dalam suatu pasar akan membantu Sobat Lakuuu dalam menentukan apa yang sebenarnya sedang diperlukan oleh konsumen. Pemasaran bisnis yang difokuskan dengan memahami kebutuhan mereka. Maka hal tersebut akan sangat membantu Sobat Lakuuu dalam membuat produk serta layanan yang paling sesuai dengan keadaan mereka.

  • Mengetahui strategi competitor

Hal yang bisa diketahui selanjutnya dari riset pasar adalah mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh competitor. Dari situlah Sobat Lakuuu belajar menganalisis tentang bagaimana pihak kompetitor dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, cara berkomunikasi dengan pelanggan serta bagaimana sistem kerja yang dilakukan.

Kemudian juga akan  diketahui berapa jumlah competitor yang memiliki produk bisnis serupa dengan Sobat Lakuuu. Strategi bisnis juga lebih mudah disusun dengan mengenali competitor  terlebih dahulu.

  • Mampu mengatasi berbagai tantangan

Saat proses riset selesai, dan Sobat  Lakuuu sudah siap untuk menjalankan bisnis. Hal yang harus selalu diingat adalah tantangan, mulai dari proses pengiriman, pelayanan yang tersendat dan masih banyak lagi. Oleh karena itu Sobat Lakuuu perlu memetakannya secara maksimal agar selalu siap dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut.

Untuk melakukan riset pasar sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya melalui survey atau observasi langsung, penyebaran angket, wawancara atau berinteraksi langsung dengan konsumen.