Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Sales Analytics: Peran dan Fungsinya di Website Jualan

by Lakuuu Team 8 September 2021

sales-analytics
Dalam dunia bisnis, data menjadi acuan terpenting sebelum mengambil langkah selanjutnya. Salah satu jenis data penting bagi seorang pebisnis adalah Sales Analytics atau data analisis penjualan.

Data analisis penjualan ini berisikan beragam informasi yang sangat bermanfaat untuk melakukan beberapa penyesuaian dan perubahan, mengetahui omset penjualan, hingga membuat konten yang menarik.

Selain fungsi di atas, ada beberapa peran penting yang dimainkan Sales Analytics untuk melejitkan omset penjualan. Apa saja?

5 Fungsi Sales Analytics

Secara sederhana, Sales Analytics merupakan sebuah proses yang digunakan untuk mengidentifikasi, memodelkan, memahami serta memprediksi tren dan penjualan.

Data yang umumnya disuguhkan dalam bentuk diagram atau grafik ini didapat dari berbagai sumber, seperti transaksi web, survei yang diadakan, dan data lainnya.

Data-data yang relevan akan diambil dan dijadikan patokan untuk membuat campaign, produk ataupun konten yang serupa.

Selain bisa meramalkan penjualan di masa depan, berikut 5 fungsi lain dari Sales Analytics yang bisa Sobat Lakuuu manfaatkan.

1. Back-up Data untuk Ditunjukkan Kepada Finance Team

https://unsplash.com/@dawson2406
Marketing dan Finance merupakan dua departemen yang mungkin akan mengalami banyak perselisihan. Dan fakta di lapangan, mengatakan hal yang demikian.

Di satu sisi, tim marketing ingin menaikkan penjualan dengan mengadakan campaign dan iklan di media sosial, yang tentu saja memerlukan dana cukup besar.

Namun, di sisi lain, pihak finance bersikukuh untuk tidak mencairkan dana dengan alasan kemahalan atau kurangnya data yang diberikan oleh pihak marketing.

Di sinilah peran data Sales Analytics sangat dibutuhkan, sebagai back-up data marketer untuk memberikan saran mengenai teknik sales hingga menjelaskan evaluasi penjualan.

Informasikan langkah sales dan campaign apa yang akan diadakan berdasarkan data yang sudah ditarik dari Sales Analytics.

Dengan begitu, informasi tersampaikan dengan jelas, dan Sobat Lakuuu juga sudah turut mendukung departemen finance untuk menjalankan tugasnya.

2. Memberikan Prediksi Anggaran yang Diperlukan

https://unsplash.com/@photoripey
Sebelum melangkah menuju pintu departemen finance, periksa kembali berapa anggaran atau dana yang dibutuhkan untuk membuat suatu campaign.

Manfaatkan Sales Analytics untuk menganalisis prediksi anggaran yang dibutuhkan dalam kegiatan penjualan.

Sales Analytics diperlukan untuk melakukan evaluasi atau pemeriksaan terhadap campaign yang sudah atau tengah berlangsung, dan riwayat produk yang terjual.

3. Mendapatkan Gambaran Tren Penjualan

https://unsplash.com/@elevatebeer
Dalam dunia bisnis, Sobat Lakuuu harus mampu melihat peluang yang ada, dan mengambil momen tersebut untuk meningkatkan penjualan.

Agar upaya kegiatan penjualan dapat dilakukan secara maksimal, memantau tren yang berkembang di masyarakat harus dilakukan.

Data analisis penjualan menyediakan gambaran besar tentang arah perkembangan pasar, tren yang sedang panas atau berpotensi berkembang, serta indikasi pendukung di luar produk yang Sobat Lakuuu jual.

Sebagai contoh, Sobat Lakuuu bisa menganalisis lebih dalam mengenai produk yang paling banyak dibeli, atau campaign yang lebih banyak mendatangkan pembeli. 

4. Mengetahui Target Penjualan Masa Depan

https://unsplash.com/@campaign_creators

Sales Analytics mampu memberikan prediksi omset penjualan di masa yang akan datang.

Dengan adanya informasi tersebut, Sobat Lakuuu dapat menentukan target penjualan untuk bulan atau kuartal berikutnya.

Tidak hanya mampu memprediksi omset penjualan di masa depan, data analisis penjualan ini juga berfungsi mempermudah marketer atau seorang sales analyst untuk mengetahui jumlah pembelian sebelumnya.

5. Mengadakan Evaluasi Penjualan

https://unsplash.com/@myleon
Biasanya, akan ada rapat setiap bulan atau pertengahan tahun yang membahas mengenai tingkat penjualan dan kendala apa yang sedang dihadapi.

Sobat Lakuuu tidak perlu lagi membuat data secara manual yang bikin sakit kepala, sebab Sobat Lakuuu telah memiliki data penjualan yang di dapat dari Sales Analytics.

Informasikan campaign apa saja yang telah berhasil menarik banyak pembeli, anggaran yang telah dihabiskan, pendapatan kuartal kemarin dan kerugian, serta informasi penjualan lainnya.

Itulah sebabnya, mengapa Sales Analytics sangat dibutuhkan di berbagai macam perusahaan, khususnya perusahaan yang memiliki website komersial.